Ini Tips Agar Laptop Aman dari Virus dan Malware

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 28 Agu 2018 | 11:04

Seperti yang diketahui, komputer dan laptop yang menjalankan sistem operasi Windows sangat rentan terkena virus dan malware. Apalagi bila komputer tersebut sering digunakan berinternet atau sering digunakan memindahkan data.

Tidak hanya virus sederhana, beberapa malware jahat juga bisa masuk dan merusak sistem komputer. Hal ini tentu membuat banyak pengguna komputer dan laptop merasa riskan bila data-data penting dalam perangkat rusak atau hilang. Lebih parah lagi, laptop dan komputer juga bisa rusak bila malware jahat menyerang komponen penting.

Menyadari hal tersebut, Pricebook coba sajikan beberapa tips ampuh agar laptop maupun komputer aman dari virus dan malware. Apa saja tips tersebut? berikut ulasannya.

Gunakan AntiVirus Terbaik

Salah satu tips paling awal untuk mencegah masuknya virus dan malware pada laptop maupun komputer ialah menggunakan antivirus. Aplikasi ini bahwa wajib ada dalam perangkat laptop atau komputer untuk mencegah masuknya software jahat yang akan merusak sistem komputer. Pastikan, antivirus yang digunakan dalam keadaaan up to date, agar virus dan malware jahat terbaru bisa terdeteksi dan terhapus sempurna.

Salah satu antivirus terbaik tentu Microsoft Security Essentials. Anti virus ini sudah dilengkapi fitur pencegahan dan antispyware sehingga layar]k dipilih. Atau kamu bisa menggunakan Avast Antivirus terbaru.

Update Browser

Ketika laptop atau komputer terhubung dengan koneksi internet, maka ini bisa menjadi salah satu jalan masuk virus atau malware ke dalam laptop. Apalagi, bila kamu sering membuka browser. Maka dari itu, pastikan selalu untuk segera mengupdate browser agar laptop aman dari virus dan malware. Pasalnya, setiap pengembang browser saat ini menghadirkan sistem keamanan untuk mencegah virus dan malware masuk. Tidak hanya itu, beberapa browser juga memiliki sistem peringatan jika ada situs yang tidak jelas. Pastikan kamu set otomatis update pada browser kamu.

Aktifkan Windows Firewall

Windows Firewall merupakan fitur yang dihadirkan Microsoft untuk melindungi pengguna sistem Windows dari serangan hacker hingga malware jahat. Sistem kerja fitur ini cukup mudah. Sistem akan melakukan filter terhadap jalur komunikasi antar komputer dan antar internet. Fitur ini bisa ditemukan dengan mudah pada seri Windows XP, Windows Vista, Windows 7 hingga Windows 10.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa masuk ke start dan mengetik Windows Firewall pada kotak pencarian. Nantinya akan muncul control panel dengan bagian Windows Firewall. Jika semua berjalan sempurna, bagian ini akan berwarna hijau.

Selalu Update Windows

Melakukan update Windows menjadi salah satu tips agar laptop aman dari virus dan malware. Windows yang update akan menjaga komputer atau laptop selalu aman dari serangan virus dan malware jahat. Pasalnya, Microsoft menghadirkan update dengan sistem keamanan sehingga celah-celah keamanan masuknya virus bisa tertutup dan tidak bisa ditembus.

Internet Sehat

Salah satu hal paling sering yang dilakukan oleh pengguna komputer dan laptop ialah sering membuka email dan web. Kadang-kadang kamu ingin membuka email atau situs yang aneh. Padahal ada beberapa email dan web yang berisi virus yang bisa masuk kapan saja ke komputer atau laptop dengan sekali klik saja.

Waspada Terhadap Flashdisk atau Memori Eksternal

Salah satu cara paling mudah penyebaran virus ialah melalui perangkat yang bisa berpindah-pindah seperti flashdisk ataupun harddisk eksternal. Maka dari itu, jika ingin memindahkan data, selalu scan total sebelum masuk ke perangkat penyimpanan eksternal tersebut.

Jangan Download Sembarangan

Berdasarkan penelitian komputer yang tidak pernah terhubung ke internet memiliki resiko yang rendah untuk terserang virus. Ingat, virus dan malware jahat dapat mudah masuk ke komputer atau laptop yang sering melakukan download secara sembarangan. Maka dari itu, tips agar laptop aman dari virus dan malware yang bisa dilakukan ialah tidak mendownload file dari sumber yang tidak jelas. Sebaiknya download file dari web resmi untuk menekan minimnya virus dan malware yang masuk.

Menggunakan Deep Freeze

Bila laptop atau komputer selalu terhubung dengan internet atau perangkat harddisk eksternal dan Flashdisk, sebaiknya menggunakan program Deep Freeze. Program ini akan mempermudah pengguna untuk menghapus semua kesalahan dan mengembalikan kondisi laptop atau komputer seperti semula, dengan cara satu kali restart. Sayangnya, bila program ini diaktifkan, pengguna tidak bisa menyimpan data.

Matikan Autorun

Untuk mencegah file atau program yang berisi virus tidak dapat dijalankan secara otomatis, sebaiknya, kamu menonaktifkan file autorun pada komputer. Hal ini sangat penting. Pasalnya bila fitur ini diaktifkan terus, komputer akan menjalankan file berisi virus terutama berekstensi .exe tanpa diketahui.

Itu dia beberapa tips agar laptop aman dari virus dan malware. Dengan tips ini, sistem Windows akan bertahan lama dan masa pakai komputer menjadi lebih panjang. Jika komputer sangat jarang terkena virus, maka pengguna akan merasa nyaman dalam mengerjakan tugas.

Artikel Lainnya

Komentar