Diperbaharui pada Rabu, 4 November 2020 | 14:32

Bedanya Sunroof dan Moonroof pada Mobil dan Cara Merawatnya

perbedaan sunroof dan moonroofFoto: Medium

Sunroof adalah fitur wajib untuk mobil-mobil mewah, dan umumnya yang berasal dari pabrikan mobil Eropa. Kehadiran sunroof ini memang menjadi salah satu daya tarik, sebagai simbol kemewah dari sebuah mobil.

Ada dua jenis aksesoris mobil yang letaknya di langit-langit mobil yaitu sunroof, moonroof, dan istilah lain yang disebut panoramic. Keduanya merupakan aksesori tambahan pada mobil, namun ada juga pabrikan yang meluncurkan mobil lengkap dengan sunroof atau moonroof.

Perbedaan Sunroof dan Moonroof

Sunroof adalah aksesoris mobil yang terletak di langit-langit. Aksesoris mobil ini berupa bagian atas mobil yang bisa terbuka dan menutup sesuai dengan keinginan pengemudinya. Atap ini akan terlipat pada bagian belakang mobil ketika dibuka.

Cara kerja pada sunroof ini sama persis dengan moonroof, dan unsur yang paling membedakan antara keduanya terletak pada fungsi dan desain. Sunroof adalah bagian atap yang bisa dibuka, dan tertutup secara penuh, sementara moonroof memiliki bagian kaca transparan. Jadi ketika tertutup, tetap bisa melihat keluar.

Kemudian ada istilah panoramic. Jenis sebenarnya masih termasuk sunroof dan moonroof, hanya saja panoramic mempunyai ukuran yang lebih besar, dan juga bisa dibuka-tutup. Selain itu, ada juga Panoramic yang berupa kaca mati yang tidak bisa bergerak.

Untuk panoramic, ada yang dilengkapi dengan kerai seperti pada sunroof dan moonroof, dan ada juga yang berupa glass stop. Pada umumnya, sunroof, moonroof, dan panaromic yang ada di Indonesia masih berupa produk impor.

Ukuran dan Harga Sunroof

Sunroof dan moonroof mempunyai 3 ukuran yaitu L, XL, dan Panoramic. Ukuran L adalah ukuran sedang atau medium, yang biasa digunakan pada mobil sedan atau mobil-mobil kecil. Sedangkan XL, biasa digunakan pada kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV), dan Sport Utility Vehicle (SUV). Sedangkan, panaromic ada yang bisa digunakan pada mobil MPV, SUV, dan sedan.

Harga sunroof sangat beragam tergantung pada tipe, dan belum ditambah biaya pemasangannya. Biasanya ada di kisaran mulai dari Rp 4 jutaan, hingga Rp 20 jutaan, tergantung pada jenis mobilnya. Biaya pemasangannya sekitar Rp 5 jutaan.

Cara Merawat Sunroof dan Moonroof

Mobil yang dilengkapi dengan sunroof dan moonroof harus rajin dirawat agar tidak mudah rusak. Apalagi dengan harga produk dan pemasangan yang tidak murah, kalau sampai rusak, pastinya membutuhkan biaya yang sangat besar untuk memperbaikinya.

Berikut ini cara mudah untuk merawat sunroof dan moonroof:

  • Gunakan secara berkala agar dinamonya tidak macet.
  • Selalu cek rel atau jalur geraknya, dan pastikan tidak terlalu rapat.
  • Semprotkan minyak singer secara berkala.
  • Bila menemukan adanya karat, rajin-rajin dibersihkan dengan pembersih anti karat.

Nah, itu dia perbedaan antara sunroof dan moonroof, serta cara untuk merawatnya. Semoga artikel ini bisa membantu, ya. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.