Diperbaharui pada Kamis, 30 Juni 2016 | 14:51

Daftar Harga dan Cara Memilih Handphone Sejutaan Sesuai Keinginan

Beberapa tahun lalu, tidak ada yang bisa diharapkan dari handphone murah. Umumnya, produsen handphone global dan lokal hanya menyematkan spesifikasi ala kadarnya pada handphone satu jutaan yang dirilis ke pasaran.

Berbeda dengan sekarang, berbagai merek berlomba memberikan kualitas terbaik pada produk handphone murahnya. Tentu saja hal ini berkat serbuan merek handphone asal Tiongkok yang mencuri hati masyarakat Indonesia melalui produk berkualitas yang dijual dengan harga terjangkau.

Kamu sedang mencari handphone satu jutaan dengan kualitas terbaik untuk dipakai untuk sehari-hari? Well, Pricebook kali ini akan memberikan rekomendasi mengenai handphone satu jutaan, informasi mengenai perkembangan handphone murah tahun ini, serta update harga terbaru dari berbagai handphone.

Peningkatan Spesifikasi Handphone Sejutaan

Beberapa tahun lalu, handphone dengan harga satu jutaan hanya dihuni oleh merek-merek lokal. Kamu masih ingat dengan IMO Discovery S88 dan Mito seri A322 yang menawarkan handphone satu jutaan, yang di dalamnya dilengkapi prosesor Dual core dan layar berkualitas?

Sekarang, tidak hanya merek lokal di atas yang berani bersaing di pasar handphone murah. Saat ini, ada banyak merek handphone asal Tiongkok yang berani menawarkan handphone satu jutaan dengan spesifikasi jauh lebih tinggi, misalnya Lenovo dan Xiaomi.

Menjamurnya handphone-handphone murah berasal dari produsen Tiongkok di Indonesia yang ditunjukkan dari angka penjualan saat flash sale memicu merek global untuk ikut memproduksi handphone murah yang berisikan spesifikasi dan fitur bersaing. Saat ini, kamu tidak hanya bisa meminang handphone satu jutaan merek lokal dan Tiongkok, melainkan handphone dari merek-merek global seperti Samsung, Asus, Acer dan LG.

Di rentang harga Rp 1 juta-Rp 1,999,000, kamu bisa memilih handphone terbaik sesuka hati karena koleksinya sangat banyak di pasaran. Namun, ada beberapa informasi penting yang perlu kamu perhatikan seperti:

  • Merek pembuat handphone
  • Kredibilitas merek handphone
  • Layanan purna jual
  • Spesifikasi dan harga jual
  • Garansi resmi atau tidak

Selain itu, melakukan perbandingan harga perlu kamu lakukan. Paling mudah, silahkan akses pricebook.co.id untuk membandingkan harga dari toko online maupun offline sehingga membantu kamu dalam mengambil keputusan sebelum melakukan pembelian.

Selain itu, kamu yang akan membeli handphone satu jutaan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, apakah untuk keperluan fotografi, produktivitas, sosial media, musik, gaming, menonton video atau browsing. Cara termudah, kamu bisa meminta bantuan Google dengan mengakses situs Find the Android phone for you.

Baca Juga Daftar Harga Handphone Terbaru

Sesuaikan Pemilihan Handphone Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih handphone satu jutaan yang pas, ada prioritas tertentu yang dipilih konsumen sebelum melakukan pembelian. Nah, apa saja prioritas yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli sebuah handphone?

  • Pilih handphone Berdasarkan Desain dan Dimensi

Ramainya produk handphone satu jutaan di pasaran membuat produsen berlomba-lomba untuk memprouksi produk dengan desain terbaik. Hal ini dilakukan agar handphone yang dijualnya memiliki ciri khas tersendiri, tentu saja bisa mewakili penampilan konsumen saat menggunakannya.

Dalam menentukan handphone berdasarkan desain dan dimensi, kamu bisa melihat desain keseluruhan pada handphone seperti ujung membulat atau kotak, penggunaan material pada bodi, melihat ketipisan dan mempertimbangkan bobot handphone sehingga nyaman dibawa beraktivitas.

Via Honorbuy

Salah satu yang bisa kamu lirik adalah Xiaomi Redmi 3 yang merupakan generasi terbaru dari handphone murah Xiaomi, namun memperoleh peningkatan dari berbagai sektor. Paling menarik, Redmi 3 yang dijual mulai Rp 1,449,000 ini dibalut dengan material logam, membuat penampilannya menyerupai handphone premium.

Pilihan lainnya adalah Sonim Land Rover A8 yang diperuntukkan bagi user yang menyukai kegiatan outdoor. Mengusung fitur unik, anti air, anti debu dan anti guncangan, handphone ini dibandrol dengan harga mulai Rp 1,750,000.

  • Berdasarkan Ukuran dan Jenis Layar

Selain desain, kamu pun bisa mempertimbangkan handphone yang akan dibeli berdasarkan ukuran dan tipe layar. Saat ini, ada banyak pilihan ukuran layar yang terdapat pada handphone satu jutaan, mulai dari layar 4 inch, sampai handphone dengan layar 6 inch yang disebut dengan phablet.

Kamu bisa menentukan luas layar handphone sesuai kebutuhan, misalnya untuk keperluan produktivitas yang sebaiknya memilih handphone dengan layar di bawah 5 inch sehingga nyaman dibawa bepergian, atau handphone dengan layar besar jika kamu ingin mendapatkan kepuasan visual saat menikmati konten multimedia.

Baca Juga 5 Smartphone Android RAM 2GB Terbaik dengan Harga 1 Jutaan

Disamping ukuran layar, kamu pun perlu mempertimbangkan tingkat sensitivitas handphone, jumlah resolusi dan jenis panel yang digunakan handphone, misalnya Super AMOLED yang terkenal karena kualitas kontras yang tinggi atau layar IPS yang populer karena kualitas warna natural dan mampu memberikan viewing angle yang terkesan luas.

Dari brand Samsung, kamu bisa melirik handphone seri Galaxy J2. handphone yang dijual dengan harga termurah Rp 1.669.000 ini didukung layar sentuh berukuran 4,7 inch dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel. Yang menjadi kelebihannya, layar tersebut menggunakan panel Super AMOLED sehingga bisa memproduksi kontras warna yang detail.

Pilihan kedua adalah Huawei Ascend Mate untuk kamu yang membutuhkan handphone dengan luas layar 6 inch. Memiliki panel layar berteknologi IPS+ handphone yang dijual dengan bandrol mulai Rp 1,799.500 ini memungkinkan kamu untuk menikmati konten multimedia dengan sangat leluasa.

  • Berdasarkan Konektivitas

Handphone keluaran terbaru memasuki tren konektivitas 4G LTE. Dengan adanya kemampuan tersebut, handphone bisa menjalankan internet dengan kecepatan maksimal, tentu saja didukung dengan ketangguhan operator seluler yang menyediakan jaringan.

Dengan budget Rp 1,320,000, kamu bisa memilih Xiaomi Redmi 2 Prime. Handphone ini memiliki fitur dual SIM yang bisa dijalankan pada jaringan 2G, 3G dan LTE 800 / 900 / 1800 / 2100 / 2300 / 2600. 

Selain Redmi 2 Prime, kamu pun bisa memilih iPhone 5C varian memori 16 GB. Dijual dengan harga termurah Rp 1,800,000, iPhone 5C mendukung jaringan LTE 800 / 900 / 1800 / 2100 / 2300 / 2600 melalui slot nano SIM yang tersedia.

  • Berdasarkan Prosesor dan Chipset

Beberapa tahun belakangan, pasar handphone sejutaan hanya dihuni oleh produk yang dilengkapi dengan prosesor Dual core saja. Saat ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih karena dengan budget yang sama, kamu bisa meminang handphone dengan prosesor lebih tinggi, semisal Quad Core, Hexa Core dan Octa Core.

Selain itu, pilihan chipset pun ketersediannya sangat beragam. Beberapa chipset menawarkan keunggulan tersendiri, misalnya MediaTek yang terkenal digunakan handphone-handphone murah asal Tiongkok, chipset Qualcomm Snapdragon bahkan chipset Exynos dari Samsung.

Via Gearbest

Dengan budget Rp 1,236,900, kamu bisa memilih Meizu M2. handphone satu ini di dalamnya didukung dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 dari chipset MediaTek MT6753, tentu saja cukup andal untuk menunjang berbagai aktivitas yang dijalankan sehari-hari.

Pilihan lainnya adalah Acer Liquid Jade S. Dijual dengan bandrol mulai Rp 1,899,050, handphone satu ini mengusung dukungan chipset MediaTek MT6572M dengan prosesor Octa core berkecepatan 1.5 GHz.

  • Berdasarkan Sistem Operasi

Penggunaan sistem operasi perlu menjadi pertimbangan kamu selanjutnya untuk memilih handphone pilihan. Di tahun ini, umumnya handphone keluaran terbaru sudah dijalankan pada sistem operasi paling anyar, misalnya Android Lollipop atau Android Marshmallow.

Via Flipkart

Dengan budget Rp 1,725,000, kamu bisa meminang handphone merek Lenovo seri Vibe P1m. Handphone satu ini sudah dijalankan pada sistem operasi Android 5.1 Lollipop saat peluncurannya, tidak menutup kemungkinan mendapatkan update ke OS Android Marsmallow dalam waktu dekat.

Baca Juga 4 Smartphone Terbaik Xiaomi: Spesifikasi Mendukung USB OTG

Selain OS Android, kamu pun bisa memilih handphone yang dijalankan pada sistem operasi lainnya, diantaranya adalah iPhone 5 16 GB yang dijalankan pada iOS 9.3 dengan harga termurah Rp 1,950,000, Microsoft Lumia 535 yang dijalankan pada OS Windows Mobile 8.1 dan dijual dengan bandrol Rp 1,085,000 atau BlackBerry Q10 yang dijalankan pada OS BB10 dan dijual dengan harga mulai Rp 1,300,000.

  • Berdasarkan Kamera

Saat ini, peran kamera amatlah penting. Tentu saja pertimbangan kamera sangat perlu diperhatikan, terlebih untuk dipakai oleh pengguna yang menyukai fotografi atau berfoto selfie.

Berbeda dengan tahun lalu dimana pasar handphone diramaikan oleh kamera dengan sensor 8 MP di sisi belakang dan 2 MP di sisi depan, pasar handphone saat ini menawarkan fitur kamera dengan kemampuan lebih canggih untuk menunjang kebutuhan pengguna.

Pilihan handphone kamera terbaik pertama adalah Hisense Pureshot. handphone ini menawarkan dukungan kamera belakang berukuran 13 MP, disertai fitur LED flash dan autofocus. Sementara untuk menunjang kebutuhan selfie, kamu bisa menggunakan kamera 5 MP di bagian depan.

Selain Hisense Pureshot, ASUS ZenFone 2 Laser ZE550KL sangat layak untuk dilirik. Dijual dengan bandrol mulai Rp 1,900,000, handphone satu ini dilengkapi kamera belakang 13 MP yang disertai fitur dual LED flash dan laser autofocus, serta kamera depan berkekuatan 5 MP. 

  • Berdasarkan Memori Internal (ROM)

Kapasitas penyimpanan berukuran besar saat ini sangatlah dibutuhkan oleh pengguna. Dengan adanya handphone yang dilengkapi memori internal berkapasitas besar, pengguna tersebut bisa leluasa menyimpan berbagai file dan data, serta berpengaruh pada ruang untuk instalasi aplikasi ke dalam handphone.

Xiaomi Redmi Note 2 Prime menjadi pilihan pertama yang bisa kamu lirik. Dijual dengan bandrol mulai Rp 1,849,000, handphone satu ini menyediakan ruang penyimpanan berukuran 32 GB untuk kamu gunakan menyimpan berbagai macam file.

Masih dari merek Xiaomi, handphone seri Mi3 pun bisa kamu pertimbangkan. Dengan harga jual terupdate Rp 1,479,000, kamu bisa mengandalkan internal storage berkapasitas 64 GB untuk menunjang berbagai keperluan penyimpanan.

  • Berdasarkan RAM

Sedikit informasi, RAM merupakan ruang memori yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara program aplikasi atau game yang sedang berjalan dan ruang RAM akan kembali kosong jika handphone dimatikan. Hal itulah yang menjadi perbedaan RAM dan ROM.

Tentu saja, RAM berkapasitas besar akan sangat mempengaruhi kinerja handphone, terlebih saat menjalankan multitasking, memainkan game berukuran berat dan memutar video beresolusi tinggi.

Dengan budget satu jutaan, kamu bisa memilih handphone dengan RAM berukuran besar. Pilihan pertama adalah Axioo Venge yang didalamnya sudah dilengkapi dengan RAM berukuran 3 GB. Di pasaran, Axioo Venge dijual dengan harga mulai Rp 1,589,000 saja.

Pilihan lainnya adalah Alcatel OneTouch Flash 2. Dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 1,529,000, handphone ini mengusung RAM berukuran 2 GB untuk memenuhi kebutuhan multitasking penggunannya.

  • Berdasarkan Tahun Pembuatan

Tahun pembuatan handphone adalah hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan. Tahun pembuatan handphone sendiri berpengaruh pada penggunaan spesifikasi dan fitur, dimana semakin usang fiturnya, tentu saja membuatnya ketinggalan jaman dari segi kemampuan.

Baca Juga 17 Smartphone Terlaris dari Berbagai Brand di ITC Roxy dan Blok M Square

Dengan memperhatikan tahun pembuatan handphone, hal ini pun berpengaruh pada dukungan garansi handphone. Tentu saja, produsen bisa menolak melayani klaim garansi jika handphone yang kamu beli sudah berhenti di produksi.

Via mobitrends

Di rentang harga satu jutaan, ada banyak handphone yang dikeluarkan tahun 2016 ini. Pertama adalah Infinix Hot 3 X553 yang dijual dengan harga mulai Rp 1,537,000. Selain itu, ada pula LG seri K8 K350N yang dibandrol mulai Rp 1,821,000.

 

Untuk kamu yang sudah membaca tips memilih handphone satu jutaan diatas, sekarang saatnya memilih handphone yang sesuai kebutuhan dan budget. Sebelum melakukan transaksi pembelian di toko online atau offline, lakukan perbandingan harga dulu melalui Pricebook. Selain itu, jangan lupa share artikel ini ke teman dan lainnya, ya!

Baca juga artikel
5 Smartphone RAM 2 GB, Kamera 13 MP, Harga 3 jutaan
Harga Ponsel Xiaomi dan iPhone Naik Jelang Lebaran
5 Toko Populer Jual Beli Smartphone di Mall Ambassador Jakarta Selatan
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts