Tips Mengatasi Smartphone Baterai Non-removable yang Tidak Bisa Dicas

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 3 Sep 2018 | 11:15

baterai tidak bisa dicas
Image via kinghtmlcode

Smartphone saat ini memang menjadi perangkat yang tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan manusia. Beberapa pengguna smartphone bahkan rela menggunakan powerbank atau menggunakan smartphone meski dalam keadaan sedang dicas. Namun, bagaimana bila tiba-tiba smartphone tidak bisa dicas?

Tentu hal ini akan sangat merepotkan. Apalagi, setelah dicek sana sini ternyata baterai smartphone yang error. Untuk kamu pengguna smartphone dengan baterai removable, kamu cukup mengganti baru baterai tersebut. Namun, untuk smartphone dengan baterai non removable, tentu akan kebingungan untuk mengganti baterai.

Sebenarnya, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi baterai yang tidak bisa dicas sebelum membawa smartphone baterai non – removable kamu ke tempat service. Berikut tips yang bisa kamu coba.

1. Restart Smartphone

baterai tidak bisa dicas

Langkah pertama untuk mengatasi baterai non removable yang sulit dicas ialah restart smartphone. Kamu bisa merestart smartphone sehingga sejumlah sistem yang error akan kembali normal.

2. Cek Kabel USB dan Adapter

baterai tidak bisa dicas

Ada banyak hal yang menyebabkan baterai smartphone non removable tidak bisa dicas. Salah satunya kabel USB yang bermasalah. Untuk mengujinya kamu bisa mencoba mengganti kabel USB. Jika kabel bawaan smartphone kamu rusak, sebaiknya kamu membeli kabel USB baru yang sesuai dengan spesifikasi smartphone.

Ingat selalu beli kabel USB yang asli agar tidak mudah rusak. Sama seperti kabel USB, kamu bisa mencoba menggunakan adapter lain untuk mengeceknya. Bila memang adapter yang bermasalah, sebaiknya kamu menggantinya dengan adapter yang asli juga.

3. Cek Port USB

baterai tidak bisa dicas

Bila kamu tidak bisa mengisi baterai smartphone menggunakan USB komputer kamu, mungkin saja port USB di smartphone kamu yang rusak. Untuk mengeceknya kamu bisa menggunakan smartphone lain dan mengecasnya menggunakan adapter bawaan smartphone kamu. Bila ponsel yang lain berhasil dicas berarti kerusakan memang ada di port USB smartphone kamu.

Bila langkah-langkah diatas sudah kamu coba, maka kamu bisa memperbaiki kerusakan dengan mudah. Jika memang harus ganti baterai, pastikan ganti dengan baterai yang original, yah!

 

Artikel Lainnya

Komentar