Diperbaharui pada Senin, 7 Juni 2021 | 10:24

7 Aplikasi Note Terbaik untuk Hp dan Tablet

daftar aplikasi note terbaikFoto: Pixabay

Kehadiran smartphone mengubah cara hidup kita semua, termasuk ketika ingin membuat catatan. Dulu seseorang harus mencari kertas dan alat tulis bila hendak mencatat sesuatu, kini hal tersebut dapat dilakukan pada perangkat hp maupun tablet.

Selain aplikasi note bawaan dari smartphone, sekarang banyak tersedia aplikasi note pihak ketiga yang bisa dengan mudah ditemukan di Google Play Store untuk perangkat Android.

Berbagai aplikasi ini tentunya hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun pada umumnya menawarkan fitur-fitur yang tidak ada pada aplikasi note bawaan hp.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi note terbaik yang bisa Anda coba pada smartphone atau tablet.

1. Evernote

aplikasi note terbaikFoto: Google Play Store

Aplikasi note bernama Evernote ini adalah salah satu aplikasi note terpopuler dan terbaik untuk Android, karena menghadirkan interface yang bersih, multifungsi, serta fitur dan cara menggunakan yang mudah.

Evernote hadir dengan lebih banyak fungsi bila dibandingkan dengan kebanyakan aplikasi note lainnya. Aplikasi note ini juga mudah dioperasikan, dan pengguna bisa dengan mudah membagikan note atau catatan yang sudah dibuat.

Selain untuk membuat catatan berbasis teks, Evernote juga bisa menyimpan berbagai jenis catatan, termasuk menyematkan berbagai file lain ke dalam catatan tersebut, termasuk foto.

Evernote pada awalnya dibuat sebagai aplikasi bisnis untuk menunjang pekerjaan, namun dengan meningkatnya kebutuhan pengguna smartphone, aplikasi ini perlahan mulai dilengkapi fitur-fitur untuk penggunaan secara personal.

2. Diaro

aplikasi note terbaikFoto: Google Play Store

Terkadang inspirasi datang di waktu dan tempat yang tidak terduga. Aplikasi note bernama Diaro ini akan memungkinkan Anda untuk menulis sesuatu dan memindahkannya ke perangkat lain dengan mudah.

Anda bahkan bisa menulis teks yang cukup panjang, sehingga aplikasi ini direkomendasikan kepada para penulis untuk membuat catatan, pointer ketika akan melakukan presentasi, atau untuk menulis ulasan singkat.

Diaro hadir dengan interface yang mirip dengan aplikasi Microsoft Word, sehingga cukup mudah digunakan, karena kebanyakan orang sudah sangat familiar dengan tampilan tersebut.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga hadir dengan fitur search yang baik, sehingga akan memudahkan dan mempercepat pencarian kata atau kalimat yang ada di dalam teks panjang.

Bila ingin memindahkan hasil tulisan di Diaro, Anda bisa dengan mudah memindahkan catatan tersebut ke dokumen dalam format lain, karena aplikasi ini bisa digunakan di berbagai platform.

Untuk menambah keamanan, ada fitur password yang membuat akses catatan terlindungi dengan baik. Jadi tidak heran jika aplikasi ini mendapat review yang tinggi di Google Play Store.

3. Quip

aplikasi note terbaikFoto: Google Play Store

Rekomendasi aplikasi note terbaik selanjutnya adalah Quip yang menghadirkan fungsi berbagi dan kemampuan untuk mengubah format yang cukup baik.

Pengguna dapat membuat grup dan semua orang yang berada dalam satu grup tersebut, bisa saling berbagi catatan, bahkan menggabungkan catatan milik mereka menjadi sebuah dokumen.

Semua hal tersebut bisa dilakukan melalui perangkat smartphone, dan menariknya, aplikasi ini juga memiliki chat room untuk memudahkan pengguna untuk berdiskusi tentang catatan yang dibuat dan dibagikan.

Quip cukup ideal untuk kebutuhan bisnis, maupun yang berada dalam sebuah organiasi. Salah satu fitur andalannya adalah membuat notifikasi untuk mengingatkan pengguna lainnya tentang catatan yang dibagikan, atau yang sedang didiskusikan.

Aplikasi note Quip juga bisa mengimport dokumen dari Google Drive, Evernote, Dropbox dan aplikasi yang kompatibel lainnya. Setelah dokumen selesai digabungkan, Anda bisa mengganti format catatan menjadi Word atau PDF.

4. Squid

aplikasi note terbaikFoto: Google Play Store

Aplikasi Squid cocok untuk pengguna yang kreatif, karena aplikasi note ini dapat digunakan untuk membuat tulisan dalam format kaligrafi, catatan layanya dengan pensil atau pulpen, hingga doodle kalau penggunannya senang menggambar.

Karena alasan tersebut, aplikasi Squid ini biasanya banyak digunakan oleh para pekerja kreatif hingga pelajar, karena kemudahan penggunaan dan fitur yang mendukung berbagai jenis catatan kreatif.

Kalau Anda tertarik untuk menggunakannya, kami sarankan untuk menginstall Squid pada perangkat tablet, walau sebenarnya tidak masalah juga digunakan pada hp, karena layar smartphone kini kebanyakan sudah ada di kisaran 6 inci.

5. ColorNote

aplikasi note terbaikFoto: Google Play Store

Aplikasi catatan ini hadir dengan fitur yang tidak sebanyak aplikasi lainnya, namun penggunaannya sangat sederhana dan mudah sekali. Apalagi, ColorNote hadir dengan skema yang penuh warna.

Dengan mengunakan aplikasi ColorNote, Anda bisa memilih warna tertentu untuk menandai catatan penting. Fungsi yang sederhana membuat aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan pencatat yang cepat.

Selain untuk membuat catatan berbasis teks, aplikasi ColorNote juga bisa ditambahi dengan gambar dan video. Selain itu, pengguna bisa berbagi catatan karena terdapat fitur berbagi yang cukup lengkap.

6. Microsoft OneNote

aplikasi note terbaikFoto: Google Play Store

OneNote buatan Microsoft adalah aplikasi note yang paling umum, dan hampir semua pengguna smartphone pasti pernah menggunakannya, atau setidaknya tahu tentang aplikasi ini.

Aplikasi Microsoft OneNote hadir dengan beberapa fitur multimedia, termasuk merekam video dan audio. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan MS Office sehingga sangat direkomendasikan untuk penulis yang sering bepergian.

Pengguna bisa menambahkan gambar dan video dari internet dengan mudah. Tak hanya itu, melalui aplikasi note ini, pengguna juga bisa menambahkan map atau foto.

7. Google Keep

aplikasi note terbaikFoto: Google Play Store

Salah satu aplikasi note terbaik yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Google Keep yang dibekali dengan fitur search yang sangat baik, karena didukung langsung oleh sistem pencarian Google.

Aplikasi ini juga terhubung dengan Google drive, jadi semua catatan bisa diambil dan disimpan dengan mudah. Agar pengguanaannya semakin mudah, hubungkan aplikasi ini dengan akun Google Anda.

Anda bahkan dapat dengan mudah menambah berbagai hal, termasuk memasukkan catatan yang telah dibuat menggunakan Google Keep, langsung ke MS Office.

Itu lah daftar aplikasi note terbaik yang bisa Anda gunakan di smartphone atau tablet. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan sampai Anda lupa catatan apapun, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

790 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.