Diperbaharui pada Selasa, 9 November 2021 | 14:55

8 Teknik Siluet yang Bisa Dicoba pada Hp

foto siluet pakai hp

Teknik siluet (silhouette) atau foto siluet mampu menghadirkan decak kagum bagi siapapun yang melihat hasil fotonya, walaupun objek yang terlihat hanyalah hitam seperti bayangan.

Namun keindahan yang tercipta dari perpaduan warna hitam di foreground dan warna terang serta warna-warni di background sungguh memanjakan mata.

Teknik siluet adalah teknik yang memainkan perbedaan kontras yang sangat besar dari warna gelap untuk subjek dengan latar belakang yang sangat cerah dan terang.

Walaupun dikatakan teknik siluet adalah teknik luar biasa yang mampu menciptakan keindahan sekaligus misteri, namun teknik ini sebenarnya termasuk jajaran teknik fotografi yang paling mudah dilakukan, oleh seorang amatir sekalipun.

Jika dulu melakukan teknik siluet ini memerlukan kamera canggih semacam kamera mirrorless atau kamera DSLR, namun kini sudah bisa dilakukan melalui hp Android maupun iPhone.

Bagaimana caranya? Dibawah ini Pricebook sudah mengumpulkan beberapa teknik siluet dari beberapa sumber yang bisa dicoba.

Teknik Foto Siluet di Hp

cara membuat foto siluet di hp

Jika kamu ingin menciptakan foto siluet yang luar biasa dari hp, berikut beberapa teknik siluet yang bisa kamu lakukan :

1. Background Harus Lebih Terang Dari Foreground (Subjek Foto)

Aturan pertama dan utama membuat efek siluet adalah latar depan dan objek yang gelap dan latar belakang yang cerah dan terang.

Hanya dengan mendapatkan situasi yang demikian sebuah foto siluet yang mengagumkan akan tercipta, bahkan dari kamera ponsel Android sekalipun.

2. Subjek Harus Unik dan Punya Bentuk yang Tegas

Untuk membuat foto siluet yang luar biasa, subjek harus unik dan punya bentuk  yang tegas. Bentuk tegas yang dimaksudkan di sini adalah subjek yang paling menonjol, paling kuat dan  paling menarik dari lingkungan sekitarnya.

Untuk membuat subjek yang tegas, subjek tersebut harus terlihat jelas dengan outline bentuk yang kuat, seperti bentuk manusia yang sedang duduk di pantai, melompat, membawa sesuatu yang unik dan lain-lain.

3. Matikan Lampu Flash Kamera Hp

Karena teknik siluet membutuhkan warna latar depan gelap, maka lampu flash adalah pantangan dan musuh terbesar dalam membuat foto siluet, oleh sebab itu matikan lampu flash.

Biasanya lampu flash otomatis menyala ketika kamu memotret dalam mode automatis dan dalam keadaan remang-remang. Pastikan posisi flash dalam keadaan off agar kamu mendapatkan latar depan yang gelap dengan latar belakang yang terang.

4. Pastikan Bentuk Siluet yang Kamu Buat Tegas dan Bebas Dari Gangguan

Jika dalam membuat foto siluet kamu menggunakan banyak subjek, maka pastikan subjek utama terlihat tegas dan jelas, terlepas dari subjek yang lain.

Misalnya ingin membuat foto siluet orang yang termenung di bawah kabel-kabel listrik dan telepon jalanan yang ruwet, maka subjek manusia tadi jangan sampai bertabrakan dengan kabel-kabel sehingga bentuknya menjadi tidak tegas.

5. Potret Siluet saat Matahari Terbit atau Matahari Terbenam

Matahari terbit dan terbenam adalah momen paling keren dan paling pas untuk membuat foto siluet. Alasanya simple yaitu kedua momen itu menyediakan setting untuk foto siluet alami yang paling cantik di mana latar belakang yang sangat terang dan cerah menciptakan latar depan yang gelap karena efek silau.

Selain itu memotret siluet pada saat matahari terbit sangat bagus ketika ingin menciptakan foto yang memerlukan kondisi tenang tanpa hembusan angin, misalnya ingin membuat foto siluet orang yang sedang merokok di puncak bukit, asapnya menjadi terlihat indah karena tak ada angin yang mengganggu.

Sementara mengambil gambar siluet pada saat matahari terbenam, kamu akan tercengan dengan warna-warna luar biasa yang tercipta dari sinar matahari senja.

6. Foto Siluet Juga Bisa Dilakukan Siang Hari

Jangan terpaku mendapatkan foto siluet pada pagi atau sore hari saja, pada siang hari foto siluet juga bisa dilakukan.

Intinya adalah membuat latar depan gelap dan latar belakang cerah, misalnya memotret subjek dengan latar belakang matahari yang terik.

7. Posisi Subjek Sangat Penting

Ketika hendak membuat foto siluet, maka posisi subjek yang pas sangat penting. Jika salah meletakkan subjek maka foto siluet pun tak akan jadi.

Seperti misalnya kamu memotret seorang gadis di depan sebuah pohon besar, maka siluet gadis itu tak akan terlihat karena yang akan terlihat adalah siluet pohon besar tersebut.

Untuk menciptakan efek siluet yang bagus, sang gadis harus diposisikan terlepas dari pohon, misalnya sedikit bergeser di sebelah pohon, di bawah ranting-ranting.

8. Pilih Hp dengan Kamera Terbaik

Tentunya pilihan kamera juga mempengaruhi kualitas siluet yang kamu buat. Tentu saja kamera sekelas DSLR dan mirrorless adalah pilihan terbaik, namun kamera hp Android atau iPhone juga bukan pilihan yang jelek asalkan lampu flashnya bisa dimatikan.

Terlebih saat ini sudah banyak hp terbaru dan juga hp flagship yang memiliki fitur kamera mumpuni. Tak jarang, beberapa produsen Hp juga turut menanamkan beragam jenis AI untuk hasil kamera yang lebih menawan pada setiap hp buatan mereka.

Sebut saja, iPhone dengan generasi iPhone 11 dan juga iPhone 12 terbarunya, Samsung dengan Galaxy S21 series yang dimiliki, kemudian Huawei dengan Huawei P40 atau mungkin Huawei Mate 40 series yang dimiliki.

Tak hanya itu, baik Xiaomi, Realme, vivo, dan juga Oppo juga memiliki Hp dengan kamera terbaik yang bisa digunakan sebagai peralatan photography.

Semoga penjelasan teknik siluet diatas bisa membantu. 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.