Diperbaharui pada Senin, 6 Desember 2021 | 11:33

Cara Mengubah Hp Bekas Jadi CCTV

Ubah smartphone jadi CCTVFoto: Pixels

Smartphone merupakan salah satu gawai penting yang dimiliki oleh setiap orang. Selain berperan sebagai alat komunikasi jarak jauh, smartphone juga memiliki teknologi yang sangat canggih untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan pekerjaan.

Seiring berkembangnya teknologi membuat para vendor smartphone terus memproduksi berbagai model hp terbaru. Tidak heran jika sebagian pengguna terus jadi sering bergonta-ganti hp setiap tahunnya.

Lalu bagaimana dengan smartphone lama yang sudah tidak dipakai lagi? Jika Anda menjualnya, pasti harganya jatuh. 

Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah merubah fungsinya menjadi kamera CCTV. Bagaimana caranya?

Smartphone Bisa Menjadi CCTV

Ubah smartphone jadi CCTVFoto: Pixels

CCTV merupakan kamera keamanan yang biasa digunakan di rumah, toko, maupun kantor. Teknologi CCTV ini terus berkembang selama bertahun tahun, karena sifatnya yang sangat fungsional untuk menangkap kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian dan sebagainya.

Kamera CCTV bisa di beli di pasaran dengan harga bervariasi, mulai yang murah, sampai yang cukup menguras kantong. Belum lagi, Anda memerlukan monitor khusus untuk mengakses kamera CCTV yang dipasang di rumah.

Untuk menghemat biaya pembelian kamera CCTV, Anda bisa memanfaatkan smartphone lama yang sudah tidak terpakai, dan mengubahnya menjadi kamera CCTV.

Cara Ubah Smartphone Lama Jadi CCTV

Untuk mengubah smartphone lama menjadi CCTV atau kamera keamanan, Anda hanya perlu mengikuti 3 langkah ini.

Langkah 1: Pasang Aplikasi Kamera Keamanan

Ubah smartphone jadi CCTV alfred

Pertama-tama, Anda harus mendownload aplikasi pendukung kamera keamanan, ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa Anda dapatkan di App Store maupun Play Store. Salah satunya opsinya adalah aplikasi Alfred

Aplikasi Alfred ini gratis untuk digunakan dan memberi pelayanan untuk deteksi gerakan dengan peringatan, penyimpanan cloud gratis, audio dua arah, dan pengaturan kamera depan dan belakang.

Selain itu, Alfred juga menyajikan beberapa fitur tambahan seperti melihat dan merekam dengan resolusi lebih tinggi, kemampuan zoom, penghapusan iklan, dan penyimpanan cloud 30 hari yang bisa Anda dapatkan di Alfred Premium.

  1. Unduh Alfred (Android, iOS) di smartphone lama dan baru atau tablet apa pun yang ingin Anda gunakan. Smartphone baru Anda berfungsi sebagai monitor pemantau.
  2. Di ponsel baru, geser melalui pendahuluan dan pilih “Start” kemudian Pilih “Viewer” dan “Next”
  3. Setelah Anda masuk ke halaman sign in, klik “sign in with Google” dan masuk dengan akun Google Anda.
  4. Di smartphone lama, ulangi langkah yang sama, tetapi jangan pilih “Viewer”, pilih “Kamera” karena ini akan berfungsi sebagai kamera CCTV Anda, kemudian pastikan untuk masuk ke akun Google yang sama.

Setelah kedua smartphone masuk ke Alfred, Anda cukup banyak menyelesaikan pengaturan. Alfred telah menyederhanakan opsi kamera untuk hanya menyertakan beberapa pengaturan. 

Jika Anda menggunakan perangkat iOS, Anda hanya dapat mengaktifkan deteksi gerakan, memilih antara kamera depan dan belakang, dan mengaktifkan atau menonaktifkan audio. 

Sedangkan, pada perangkat Android, Anda memiliki opsi tersebut dan Anda juga dapat mengaktifkan fokus berkelanjutan, meminta Alfred secara otomatis membuka kembali jika ponsel melakukan boot ulang, mengatur resolusi, dan mengaktifkan kunci kode sandi.

Langkah 2: Atur Letak CCTV 

Setelah streaming Anda aktif dan berjalan, Anda perlu menyiapkan dan memposisikan kamera. Fokuskan pada titik masuk utama ke rumah, halaman belakang, atau tempat Anda menyimpan barang-barang berharga.

Langkah 3: Pasang dan Aktifkan Kamera 

Untuk memasang atau memposisikan kamera, tripod smartphone kecil seperti gorilla pod atau mini tripod akan membantu Anda memposisikan kamera di tempat yang tidak mencolok.

Streaming video ini mungkin akan sangat boros daya, karena smartphone akan aktif 24/7. Nah, agar smartphone tidak mati dalam beberapa jam pertama, Anda harus meletakkannya di dekat sumber listrik. Kabel Micro-USB atau Lightning 3cm akan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas di tempat Anda meletakkannya.

Nah, itu di acara mengubah hp bekas Anda menjadi kamera CCTV. Dengan ini, Anda tidak perlu membuang smartphone lama Anda. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.