Diperbaharui pada Rabu, 24 Juni 2020 | 23:21

Maksimalkan Windows 10 untuk Main Game

maksimalkan windows 10 untuk main game

Microsoft telah sukses menghadirkan Windows 10. Sistem operasi ini bahkan disebut-sebut menjadi sistem operasi yang mumpuni untuk gaming. Pasalnya, dalam sistem ini Microsoft sudah mengupdate DirectX ke versi 12 yang membuat kamu bisa menggunakan VGA lebih baik.

Alhasil, game-game modern yang support dengan DirectX 12 akan berjalan lebih cepat dan responsive. Walaupun demikian ternyata ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam Windows 10 agar semakin mumpuni untuk gaming. Apa saja, baca di sini.

1. Upgrade Drivers

tips memaksimalkan windows 10 untuk main game

Bila kamu mengupdate Windows lama ke Windows 10. Kamu juga harus mengupdate juga drivers yang ada dalam perangkatmu agar kinerja perangkatmu semakin maksimal. Kamu bisa menginstal chipset dan graphics drivers terbaru yang support Windows 10.

2. Gunakan Controllers

Tips Memaksimalkan Windows 10 untuk Main Game

Kamu bisa menggunakan controller di Windows 10. Sistem ini akan secara otomatis mendeteksi perangkat controllers. Sistem ini bahkan akan langsung mendownload dan menginstal drivers controller ini. Jika sudah, kamu tinggal mencari nama kontroler dan mengaktifkannya.

3. Cek Kompatibilitas

Tips Memaksimalkan Windows 10 untuk Main Game

Jika kamu mengupgrade sistem lama ke Windows 10. Kamu harus mengecek game atau program lama mana saja yang masih bisa berjalan di Windows 10.

Kalaupun tidak bisa, kamu bisa mendownload patch di web resmi game atau program. Jadi bila kamu mendownload game baru, selalu pastikan game tersebut sudah support Windows 10.

4. Install Mini Game

Tips Memaksimalkan Windows 10 untuk Main Game

Windows 10 hadir dengan menghilangkan beberapa mini game gratis dari Microsoft seperti solitaire dan minesweeper. Walaupun demikian, kamu bisa mendownload game lain seperti 123 Free Solitaire.

5. Terhubung ke Xbox

Windows 10 juga membawa beberapa aplikasi baru termasuk yang kompatibel dengan Xbox. Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus untuk selalu terhubung dengan konsol game Xbox yang mungkin kamu miliki.

6. Game DVR

Tips Memaksimalkan Windows 10 untuk Main Game

Ketika kamu memainkan game dalam mode Windows bukan mode layar penuh, kamu bisa menekan tombol Win dan G bersamaan untuk membuka Game Bar.

Dari Game Bar ini kamu bisa mengambil screenshoot game yang sedang dimainkan. Tak hanya gambar, kamu bahkan bisa merekam game yang sedang kamu mainkan.

Kamu bisa menonton hasil rekaman atau membagikannya ke media sosial.

Nikmati Permainan Game-nya

Windows 10 merupakan sistem operasi yang punya banyak fitur. Jadi, tak salah jika kita memanfaatkannya untuk berbagai hal, termasuk untuk main game. Walau begitu, tetap batasi main game kamu dan isi dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts