Diperbaharui pada Rabu, 25 Oktober 2023 | 11:15

Panduan Lengkap Menggunakan iPhone untuk Pemula

cara pakai iphoneFoto: Pexels

Banyak yang bilang jika iPhone memiliki pengaturan yang rumit. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, karena memang ada beberapa langkah yang harus dilalui setelah membeli, apalagi kalau Anda baru pindah dari hp Android.

Pengaturan yang harus dilakukan di iPhone sebenarnya berguna untuk keamanan perangkat. Karena Apple memang dikenal memiliki proteksi keamanan ketat. Dan itu sangat bermanfaat terkait keamanan data pengguna.

Terlebih lagi kewajiban pengguna iPhone untuk berganti device sesuai dengan ketentuan iOS yang ter-update membuat penggunanya harus bermigrasi dengan segala macam kerepotannya.

Perlu diketahui, sistem operasi pada iPhone 3Gs, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone X , iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, bahkan iPhone 15, memiliki masa kadaluarsa.

Perubahan sistem operasi ini mempengaruhi fitur-fitur yang bisa digunakan pada perangkat iPhone. Artinya, pengguna iPhone generasi lawas wajib hukumnya bermigrasi, agar bisa menggunakan semua layanan iPhone.

Nah, khusus bagi Anda yang baru pertama kalinya membeli iPhone dan belum pernah menggunakannya sama sekali sebelumnya, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Panduan Menggunakan iPhone

Walau setiap model iPhone memiliki fitur dan teknologi yang berbeda, namun pengoperasian dasarnya tetap sama. Hanya saja mungkin ada perbedaan dalam penamaan, atau peletakan fitur atau tombolnya.

Berikut ini panduan cara menggunakan iPhone untuk pemula.

Kenali Tombol iPhone

Ada beberapa tombol pada iPhone, yaitu:

  • Pada sisi kiri ada 3 tombol yaitu (+) / (-) / dan switch. Tombol (+) dan (-) untuk mengatur volume speaker sedangkan switch untuk mematikan dan menghidupkan volume.
  • Pada sisi atas iPhone ada tombol power.
  • Pada sisi kanan ada tombol sleep/wake untuk mematikan dan menghidupkan layar.
  • Tombol Home pada sisi depan dibawah.

Untuk screenshot/screen capture. Tekan tombol Sleep/Wake dan tombol Home secara bersamaan. Menekan tombol volume pada saat kamera aktif maka tombol tersebut berubah menjadi tombol Shutter untuk menjepret foto.

Perlu diketahui, jumlah maupun letak tombol pada perangkat iPhone ini tidak mutlak, karena siiring hadirnya model terbaru, Apple bisa saja membuat perubahan dari segi desain, namun secara umum, fungsinya tidak berubah.

Cara Memasang SIM Card

Pada saat pertama kali membeli, pastikan SIM yang Anda beli telah dipotong sesuai ukuran tray SIM pada iPhone atau bisa langsung membeli dari gerai resmi operator yang ada di Indonesia.

Namun untuk hal ini, Anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir, karena provider SIM card kini sudah membuat ukuran-ukuran tersendiri yang hanya tinggal dilepas saja sesuai kebutuhan tray pada iPhone yang digunakan.

Untuk membuka tray gunakan sim ejector, namun bila Anda tidak memilikinya, bisa dengan menggunakan ujung paperclip. Selanjutnya, masukkan dan tekan pada lubang yang tersedia, dan dorong perlahan hingga tray terbuka.

Untuk mengganti SIM, iPhone tidak perlu dimatikan terlebih dahulu. Namun tidak ada salahnya juga bila Anda ingin mematikan iPhone sebelum melakukan hal ini.

sim card iphone

Membuat Apple ID

Berikut cara mudah untuk membuat ID Apple:

  • Buka aplikasi App Store.
  • Pilih salah satu app gratis
  • Klik ‘Get’ di samping item, lalu ketuk kembali untuk mendapatkannya.
  • Saat diminta masuk dengan ID Apple, ketuk Buat ID Apple Baru.

Instal Itunes Terbaru di Komputer

Ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk menginstal aplikasi iTunes, yaitu melalui perangkat PC atau laptop. Sistem operasi yang didukung oleh aplikasi ini bisa bawaan Apple, atau Microsoft. Aartinya, Anda bisa melakukan proses ini menggunakan komputer Mac dan Windows.

Pastikan juga untuk cek versi iTunes yang akan diinstal, karena dengan menginstal iTunes versi terbaru, maka akan memudahkan Anda untuk melakukan proses sinkronisasi di perangkat iOS. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Cara mendapatkan iTunes versi terbaru di Mac

  • Buka App Store
  • Klik Pembaruan di bagian atas jendela.
  • Jika pembaruan macOS atau iTunes tersedia, klik Instal.

2. Cara mendapatkan iTunes versi terbaru di Windows

  • Buka iTunes
  • Dari bar menu di bagian atas jendela iTunes, pilih Bantuan > Periksa Pembaruan.
  • Jika tidak diminta untuk menginstal iTunes terbaru, itu artinya iTunes Anda sudah dalam versi terbaru
  • Jika diminta untuk menginstal Anda bisa mengikuti notifikasi tersebut

Cek Versi iPhone yang Dimiliki

Bila Anda tidak begitu yakin dengan versi iPhone walaupun sudah membelinya di distributor resmi, Anda bisa cek versi iPhone dengan cara masuk ke Setting > General > About > cek versi iPhone.

versi iphoneImport Contact ke iPhone

Jika ingin mengimpor kontak, masuk ke Setting > Mail > Contacts > Calendar, lalu tap pada Import SIM Contact yang terletak pada bagian bawah layar.

Download Aplikasi di App Store

Masuk ke App Store dan download aplikasi, game dan apapun yang Anda inginkan.

Cara Aktivasi iPhone

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan internet. Untuk proses aktivasinya sebagai berikut:

  • Pada tampilan Hello tekan tombol Home
  • Muncul pilihan negara atau wilayah yang akan digunakan
  • Aktifkan lokasi untuk mendapatkan dukungan fitur
  • Aktifkan Touch ID (langkah ini bisa Anda lewati)
  • Berlanjut ke opsi Restore (bagi Anda yang pernah menggunakan iPhone), namun bagi pengguna baru bisa melewati proses ini
  • Login ke Apple ID (atau melakukan registrasi bagi yang belum memilikinya)
  • Seting aplikasi Siri (langkah ini bisa dilewati)
  • Jika selesai Anda tinggal menunggu hingga proses aktivasi selesai

Sebagai catatan, proses aktivasi ini mungkin akan berbeda di tiap perangkat iPhone atau versi iOS.

Setting dan Sinkronisasi Perangkat iOS

Sebelumnya, pastikan Anda sudah menginstal iTunes versi terbaru. Dan cukup menghubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB yang akan muncul di jendela iTunes.

Seluruh proses sinkronisasi perangkat iOS dilakukan melalui iTunes melalui perangkat PC atau laptop. Setelah terhubung Anda bisa melakukan sesuai yang diinginkan. Seperti misalnya untuk instal aplikasi, memasukkan lagu, video, ataupun file-file lainnya.

Selain itu, dengan melakukan sinkronisasi, maka Anda secara otomatis juga melakukan proses backup atau mengatur konfigurasi, restore hingga format ulang perangkat.

sinkronisasi iphone
Konfigurasi iCloud

iCloud merupakan layanan berbasis awan yang dimiliki Apple untuk perangkat mereka. Dengan iCloud Anda bisa melakukan sinkronisasi perangkat iOS ke PC, seperti instal aplikasi, memasukkan lagu, video, ataupun file-file lainnya.

Proses konfigurasinya sebagai berikut: Masuk ke Settings > iCloud > Pilih opsi yang ingin diaktifkan seperti Mail, Contacts, Calendars, Reminders, Safari, Notes, Passbook, Keychain, Photos, Document & Data dan Find My iPhone.

Pasang Fitur Keamanan Sidik Jari dan Find My iPhone

Ada dua fitur keamanan utama yang akan kami ulas, yaitu melalui fitur pemindai sidik jari yang dikena dengan Touch ID dan menggunakan fitur Find My iPhone.

Dengan mengaktifkan kedua fitur ini, keamanan data pribadi Anda dijamin akan terlindungi dengan baik. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pengaturan Sidik Jari atau Touch ID

Apple menyebut fitur pemindai sidik mereka dengan nama Touch ID, namun proses penggunaannya tidak jauh berbeda dengan perangkat Android. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah membuat kode sandi pada perangkat
  • Lalu masuk ke Settings > Touch ID & Passcode, masukkan kode sandi
  • Pilih Add Fingerprint
  • Sentuh tombol Home dengan jari dan tahan hingga ada getaran atau muncul notifikasi untuk mengangkat jari.
  • Letakkan kembali jari ke tombol Home secara perlahan
  • Pegang perangkat seperti biasa saat dibuka, lalu sentuh tombol utama dengan area luar ujung jari bukan bagian tengah

2. Pengaturan Find My iPhone

Fitur ini berguna untuk melacak iPhone yang hilang dari jarak jauh melalui remote. Berikut caranya :

  • Masuk ke Settings > iCloud
  • Scroll ke bawah dan pilih Find My iPhone  
  • Aktifkan Find My iPhone dan Send Last Location
  • Jika diminta sign in, masukkan Apple ID Anda

Mengambil Screenshot

Tak ada yang kesulitan untuk mengambil sebuah screenshot dengan iPhone. Cukup tekan dan tahan tombol Home cukup lama dan kemudian tekan tombol power sampai terdengar suara kamera dan foto yang diambil akan secara otomatis tersimpan di aplikasi Kamera.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah, kan? Selain konfigurasi diatas, Anda juga masih bisa menemukan beberapa pengaturan fungsi yang lain. Namun, seiring penggunaan yang sering Anda akan bisa menemukan dan mengeksplorasi sendiri.

Perlu dikethui juga bahwa langkah-langkah di atas merupakan cara dasar yang bisa dilakukan di semua model iPhone, namun tentunya model terbaru akan memiliki sistem yang berbeda, contohnya fitur baru, atau penempatan menu pengaturan yang berbeda.

Namun pada umumnya, pengaturan tersebut tidak jauh berbeda. Jika masih bingung dan takut melakukan kesalahan, Anda bisa mengunjungi situs resmi Apple untuk melihat semua panduan penggunaan dari model iPhone yang Anda miliki.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.