5 Hal Sepele Ini Bikin Kamera Gopro Cepat Rusak

5 Hal Sepele Ini Bikin Kamera Gopro Cepat Rusak

Oleh Imam Ali updated Senin, 9 Des 2019 | 23:25

Memang GoPro adalah action camera paling tangguh saat ini. Kamu bisa mempergunakanya untuk melakukan petualangan ekstrem dan sebagainya. Namun jangan kira jika GoPro tak bisa rusak. Sebagai benda buatan manusia, GoPro pasti bisa rusak, namun kerusakan ini bisa diminimalis jika kamu mempergunakanya dengan hati-hati dan merawatnya dengan seksama.

Kerusakan yang terjadi pada GoPro yang paling sering adalah tiba-tiba kamera mati sendiri, hang, freeze, atau bahkan hasil rekaman video dan juga foto menjadi berwarna pink. Oleh sebab itu beberapa hal ini harus kamu perhatikan baik-baik.

Hal Sepele yang Bikin GoPro Rusak

Suhu Panas

GoPro adalah kamera kecil tetapi memiliki kemampuan besar (high spec) ketika dioperasikan pada performa terbaiknya, seperti pada mode [email protected] (HERO4 Black) atau pada resolusi [email protected] dengan protune On, maka suhu kamera ini bisa menjadi 70 derajat Celcius. Suhu panas ini lebih cepat terakumulasi ketika kamu mempergunakan Housing GoPro. Kerusakan yang terjadi pada GoPro sebagian besar dikarenakan oleh hal ini. Sebenarnya GoPro sudah berusaha mengatasi masalah ini dengan cara mendesain sensor panas yang diletakkan pada baterai original (asli) GoPro. Sensor ini akan memonitor suhu baterai dan ketika suhu mencapai 70 derajat celcius, maka kamera akan shut down sendiri  untuk menyelematkan sensor dan juga dalaman GoPro dari panas yang berlebih.

Baterai KW

Berdasarkan fakta di atas, maka sebaiknya tidak mempergunakan baterai dari pihak ketiga atau baterai kw. Hal ini dikarenakan baterai dari pihak ketika tak mempunyai sensor suhu dan hal tersebut sangat berbahaya bagi GoPro kamu.

Sesuaikan Mode Perekaman

Gunakan mode perekaman yang paling sesuai. Jika tak butuh sekali, sebaiknya mempergunakan mode tertinggi ([email protected], @60fps dan protune) dihindari.

Terlalu Sering Gunakan Frame

Hindari terlalu sering menggunakan Frame GoPro atau jangan gunakan housing saat dipergunakan di darat agar panas dari GoPro mudah hilang. Jika terlalu panas, dinginkan dulu 10-15 menit.

Gunakan Aksesoris Asli

Selalu pergunakan aksesoris dan baterai asli GoPro jangan gunakan jenis lainnya dikarenakan mounting dan juga kapasitas atau watt sangat berbeda dengan versi asli.

Artikel Terkait

Komentar

tanti kurnia Selasa, 10 Des 2019 | 09:50
Buat kalian yang suka main game tapi ngga dapet apa-apa cuma buang waktu, mending gabung bareng kita di kangenhoki.net Disini kalian bisa punya penghasilan hingga puluhan juta rupiah cuma dari main game. Ayooo buruan gabung di kangenhoki.net dijamin aman dan terpercaya
devita Rabu, 11 Des 2019 | 08:22
Yuks bergabung dengan dupa88. net Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan