7 Alat Pembersih Lensa Kamera DSLR, Biar Terus Kinclong

7 Alat Pembersih Lensa Kamera DSLR, Biar Terus Kinclong

Oleh Tedi Yuni A updated Senin, 6 Agu 2018 | 09:04

Kamera DSLR bukanlah gadget yang berharga murah, karena produk kamera ini dijual dengan harga jutaan yang belum tentu bisa dibeli setiap orang. Karena harganya yang cukup mahal, rasanya sangat sayang jika kita tidak bisa merawat kamera DSLR.

Tapi, kita tidak bisa melakukan hal sembarangan dalam merawat kamera DSLR. Karena ada banyak komponen dan part yang cukup sensitif jika disentuh tangan kosong. Cara merawat kamera DSLR dan lensanya dengan perlengkapan yang sesuai akan menjaga bodi kamera dan lensa dari debu serta juga terhindar dari goresan.

Maka dari itu, kamu yang masih baru dan awam dalam perawatan kamera DSLR dan lensanya harus mengenal lebih dulu macam-macam perlengkapan yang dibutuhkan. Berikut beberapa peralatan pembersih kamera DSLR dan lensa kamera yang ada sudah bisa kamu beli di toko kamera.

1. Blower

lens blower

Alat pembersih kamera yang satu ini bentuknya bulat lonjong seperti pompa yang terbuat dari karet yang dipadukan dengan pipa kecil untuk mengeluarkan udara. Blower sangat efektif untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel disela-sela bodi kamera DSLR dan lensa yang sulit dibersihkan dengan kuas.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya cukup menekan bagian karetnya saja untuk meniupkan angin pada bagian kamera yang ingin dibersihkan. Untuk harga di pasar sangat beragam, di situs bukalapak, Tokopedia dan Lazada harga blower mulai dari Rp28 -100an ribu juga ada dan tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi.

2. Lens Tissue

lens tissue

Perlengkapan pembersih kamera berikutnya adalah tisu. Namun bukan sembarang tisu dapat digunakan, harus yang memang khusus untuk pembersih lensa kamera. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko kamera atau situs jual beli online.

isu ini dirancang khusus dan lembut untuk membersihkan optic lensa dari noda dan sidik jari. Ketika mengelap lensa kamera DSLR kamu lakukan dengan cara searah jarum jam dari luar ke dalam dan jangan menekannya terlalu keras dikuatirkan lapisan lensa tergores. Di toko online harganya beragam mulai dari Rp7 ribuan sampai puluhan ribu tergantung merek.

3. Kain Micro Fiber dan Cairan Pembersih Lensa

kain microfiber

Perlengkapan pembersih kamera berikutnya adalah kain micro fiber dan cairan pembersih lensa. Keduanya mudah di dapatkan dalam satu paket pembelian di toko kaca mata maupun di toko kamera langsung.

Cara pakainya sangat diharamkan untuk menyemprotkan langsung cairan ke lensa maupun bodi kamera. Kamu cukup menyemprotkannya ke kain micro fiber dan baru mengusapnya. Sama seperti tisu, mengelap lensa perlu hati-hati lakukan pelan-pelan tanpa perlu tekanan berlebih.

4. Swab Kit

swab kit

Alat yang satu ini digunakan untuk membersihkan sensor kamera dan dalam penggunaannya kamu harus berhati-hati karena salah-salah justru sensor kamera kamu tergores dan jadi rusak. Rasanya jika tidak mengerti sama sekali kamu harus mencari panduan singkatnya agar hal buruk tidak terjadi pada kamera kamu.

Swab juga mudah di dapatkan di toko offline dan online harganya berkisar Rp80 ribuan sampai ratusan ribu di toko online. Swab mempunyai ujung penyeka yang lembut dan memiliki pegangan. Swab harus selalu bersih dan steril dari kotoran dan debu.  

5. Lenspen

lenspen

Alat pembersih kamera DSLR dan lensa lainnya adalah lenspen. Alat ini memiliki bentuk seperti pulpen dengan dua sisi. Bagian pertama berupa kuas untuk menghilangkan debu dan bagian lain berbahan lembut berguna untuk membersihkan sidik jari dan juga bercak air yang menempel pada optic lensa.

Sekali lagi bersihkan optic lensa tanpa tekanan dan bersihkan juga bagian-bagian seperti filter lensa dan lainnya.  Harga lenspen di toko online sangat beragam, mulai dari Rp20 ribuan sampai di atas Rp100 ribu.

6. Sensor Clean

sensor clean

Sensor clean bentuknya mirip dengan Swab tetapi penggunaannya khusus untuk membersihkan sensor kamera. Penggunaa sensor clean dilakukan dengan membersihkan sensor kamera dari pingir kanan sampai ke kiri atau sebaliknya hingga bersih dan kemudian kembali dibersihkan dengan swab untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

7. Cotton Bud

cotton bud

Gunakan untuk membersihkan kotoran yang kasat mata pada bagian-bagian kamera dan lensa maupun sensor kamera.Ketika membersihkan sensor kamera, perlu ke hati-hatian agar tidak ada goresan pada sensor.

Berikut ada video perawatan kamera DSL dan lensanya

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria Selasa, 29 Sep 2015 | 18:38
kalo pake tisu gapapa emang ?
othe Rabu, 30 Sep 2015 | 19:32
tisunya beda kali gan....
risky praba Kamis, 1 Okt 2015 | 21:45
wah yg serem klo bersihin sensor kameranya gan