Diperbaharui pada Rabu, 9 September 2020 | 14:01

Cara Membersihkan Hp untuk Mencegah Penyebaran Covid 19

Oleh Restu Aji Siswanto

cara membersihkan hp

Salah satu cara penyebaran virus Corona yang menjadi penyebab pandemi Covid 19 di Indonesia adalah dengan sentuhan, bisa antara sesama manusia, atau benda yang sering kita bawa.

Salah satu benda yang paling rawan adalah smartphone, karena barang ini hampir selalu kita bawa kemana pun. Berikut ini cara membersihkan hp untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Cara Membersihkan Hp untuk Cegah Virus Corona

1. Gunakan Alkohol

Cara membersihkan hp dengan alkohol dapat dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan sedikit air pada botol penyemprot. Gunakan kain berjenis microfiber untuk membersihkan permukaan hp.

Jangan semprotkan terlalu banyak pada kain, secukupnya saja. Lakukan ini minimal 2 kali dalam sehari, atau setidaknya setiap habis bepergian keluar rumah.

2. Gunakan Pelindung Antimikroba

Penggunaan casing hp antimikroba akan sangat membantu untuk mengurangi jumlah bakteri yang mungkin bersarang pada permukaan hp kita.

Jangan lupa juga untuk secara rutin membersihkan sela-sela pada bagian hp yang tidak terlihat dengan menggunakan cotton bud yang sudah dicelupkan kedalam alkohol.

3. Gunakan Cuka

Selain sebagai bumbu masak, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan hp. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan cuka dengan air pada perbandingan yang seimbang (50:50). Lalu gunakan kain microfiber untuk membersihkan seluruh permukaan hp.

Cara Membersihkan Layar Touchscreen

cara membersihkan layar hp

Layar sentuh atau touchscreen adalah bagian dari smartphone yang paling sering dan paling mudah kotor karena bagian inilah yang paling sering kamu sentuh.

Noda minyak, debu, keringat, sidik jari hingga mungkin juga upil bisa nempel di layar, sehingga sangat penting kiranya kamu menjaga kebersihannya.

Cara yang paling pas adalah menghindari menyentuh layar dengan tangan yang kotor. Sehabis melakukan sesuatu, seperti habis memegang gorengan atau roti yang banyak krimnya, jangan langsung membalas chat atau update status, lap dulu dengan tisu basah.

Tissue basah mengandung air dan alkohol yang melarutkan dan membersihkan lemak dan minyak. Jangan pula membersihkan layar smartphone kamu dengan pucuk pakaian kamu.

Namun jika layar sentuh smartphone sudah terlanjur kotor, lakukan cara berikut untuk membersihkanya.

1. Gunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan tisu yang dibasahi dengan air juga tidak kami rekomendasikan, karena noda air justru mengotori dan sulit hilang. Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan sedikit saja minyak kayu putih.

Teteskan satu atau dua tetes minyak kayu putih dan kemudian usap perlahan dengan kain halus hingga kotoran hilang. Cara ini lebih bersih daripada membersihkan dengan kain saja yang mungkin malah membuat layar tergores.

2. Gunakan Kain Khusus Kacamata

Kain ini pasti ada saat kamu membeli kacamata, bahkan bisa dibeli dengan mudah di setiap toko kacamata. Gunakan lap khusus untuk kacamata ini guna membersihkan layar sentuh ponsel kamu.

Tekstur kain ini didesain khusus agar lembut supaya  tidak menggores lensa kacamarta sehingga aman juga untuk layar ponsel kamu. Jika kotoran membandel tambahkan minyak kayu putih seperti cara di atas.

3. Gunakan Anti Glare

Anti Glare adalah lapisan anti debu, minyak, sidik jari dan kotoran lain, yang melindungi layar smartphone. Lapisan ini bisa melindungi smartphone kamu, terutama jika layar belum mendapat proteksi dengan Gorilla Glass, Dragontrail, atau Sapphire Glass.

Lapisan pelindung tersebut biasanya sudah punya fitur anti minyak dan noda. Anti-Glare bisa dibeli di toko smartphone dimana saja. Nah, selamat mencoba!

Like us!

Komentar