Diperbaharui pada Kamis, 27 Mei 2021 | 11:01

4 Tips Memilih Laptop Untuk Belajar Online, Pelajar dan Mahasiswa

tips memilih laptop sesuai kebutuhan sekolah

Kebutuhan perangkat sekolah semakin berkembang. Para pelajar atau mahasiswa kini tidak hanya membutuhkan buku teks pelajaran dan buku tulis untuk mencatat saja, melainkan sebuah perangkat laptop atau notebook untuk belajar online di rumah.

Setahun belakangan ini, belajar online telah menjadi ketentuan wajib dari sekolah dan universitas di masa pandemi covid 19. Hingga saat ini, masih banyak sekolah dan universitas yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, atau belajar online.

Tips Memilih Laptop untuk Belajar Online

Perangkat laptop yang baik akan mendukung lancarnya proses belajar dan mengajar jarak jauh ini, selain tentunya jaringan internet yang baik selama kegiatan belajar online berlangsung.

Agar memudahkan kamu dalam menemukan laptop untuk belajar online yang cocok dengan kebutuhanmu, berikut kami sajikan tips memilih laptop untuk belajar online.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

laptop untuk sekolah

Hal mendasar dalam membeli sesuatu ialah sudah sesuaikan barang yang hendak dibeli dengan kebutuhan yang diperlukan. Termasuk dalam membeli laptop. Tidak semua fungsi dan fitur laptop kamu butuhkan untuk belajar online.

Kebanyakan, pelajar dan mahasiswa memilih laptop hanya berdasarkan pada desain yang bagus atau spesifikasi yang tinggi saja. Padahal laptop dengan desain dan mesin yang mumpuni belum tentu cocok untuk keperluan sekolah.

Sebagai contoh, bila kamu bukan PC gamer, atau tidak mempelajari bidang multimedia, fungsi dan fitur ada laptop dengan spesifikasi tinggi malah akan menjadi mubazir.

Jadi sebelum membeli laptop untuk belajar online, pastikan terlebih dahulu kebutuhanmu, Apakah selama belajar jarak jauh, kamu membutuhkan laptop dengan grafis tinggi? BIla tidak pilih laptop dengan spesifiksi untuk pelajar.

2. Tentukan Budget

laptop untuk anak sekolah

Tips kedua ini mungkin terdengar klise, namun pada kenyatannya, memang cukup penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Terutama bila kamu ingin membeli laptop untuk belajar online.

Kamu harus menetapkan dulu dana atau biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli laptop yang kamu inginkan. Ini akan membantumu mempersempit pencarian, sehingga memudahkan pilihan.

Sesuaikan anggaran yang kamu punya dengan spesifikasi terbaik yang dimiliki laptop incaranmu. Perlu diingat, terbaik sesuai kebutuhan, ya, bukan termahal.

Sebagai sebuah perangkat yang akan kamu gunakan untuk belajar online, sebaiknya pilih laptop yang menurutmu paling nyaman kala digunakan, dan harganya pas di kantong.

3. Desain Menentukan Kenyamanan

desain laptop untuk sekolah

Desain laptop menentukan kenyamanan ketika digunakan. Bila terlalu besar, maka akan kurang nyaman untuk dibawa-bawa. Sebaliknya, bila terlalu kecil, ada beberapa orang yang kurang suka, karena jadi mudah hilang atau terjatuh.

Perhatikan pula keyboard dan touchpad yang diusung setiap laptop. Memang hal ini kembali ke selera masing-masing pengguna, namun tetap menjadi hal penting karena ini berkaitan dengan belajar online.

Perlu diingat, belajar online ini mengharuskan pelajar dan mahasiswa menggunakan laptop dalam kurun waktu tertentu. Semakin lama penggunaannya, terutama untuk mengetik, maka akan mempengaruhi kenyamanan jari dan tangan.

4. Pertimbangkan Masa Garansi

Terakhir, pastikan laptop untuk sekolah yang hendak kamu beli memiliki garansi dengan service center mudah dijangkau. Perhatikan juga masa garansi dari laptop tersebut dan jenisnya. Apakah garansi resmi, atau garansi toko.

Jangan sampai, saat laptop kamu rusak malah tidak bisa diperbaiki karena service center yang jauh atau garansi yang diberikan sudah hangus, atau lebih tidak enaknya lagi, garansi yang diberikan tersebut tidak mencakup kerusakan yang kamu alami.

Kesimpuan

Penduan membeli laptop untuk belajar online yang kami jabarkan di atas bersifat umum. Pada beberapa kasus, pelajar dan mahasiswa juga memiliki kebutuhan khusus, terutama bagi kalian yang belajar di bidang kreatif.

Semoga tips membeli laptop untuk belajar online yang kami berikan ini bisa bermanfaat, ya. Selamat belajar!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writter

713 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.