Diperbaharui pada Selasa, 10 Maret 2020 | 15:00

5 Aplikasi Islami untuk Temani Ibadah di Bulan Ramadan

Oleh Alena Yulitta

aplikasi ramadanImage via Pexels

Tak terasa bulan Ramadan kembali mengunjungi kita, dan kenikmatan puasa akan kita rasakan kembali tahun ini. Puasa tak hanya menahan lapar, namun juga waktu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Oleh sebab itu, demi lancarnya ibadah puasa kita, ada beberapa aplikasi Android yang bisa menemai, sekaligus menambah pahala di bulan suci Ramadan.

Aplikasi jadwal Imsakiyah

Image via Google Play

Aplikasi ini penting untuk mengingatkan kita jika waktu sahur sudah hampir habis dan akan segera berkumandang azan subuh. Memang akan ada pemberitahuan waktu sahur dari masjid, namun mengetahui jam berapa waktu sahur berakhir secara lebih awal, akan membantu kita melakukan sahur tanpa tergesa-gesa. Aplikasi jenis ini sangat mudah ditemukan di Google Play.

Aplikasi waktu shalat dan kiblat

aplikasi waktu shalatImage via Google Play

Ingin selalu tepat waktu dalam menjalankan sholat? Anda membutuhkan aplikasi penunjuk waktu salat, imsakiyah dan Qibla. Aplikasi jenis ini tidak hanya mengingatkan kita waktu sholat sesuai dengan lokasi domisili, namun juga menunjukan kiblat yang tepat dimana pun kita berada, jadi Anda tak akan repot-repot menebak atau bertanya kepada orang lain.

Aplikasi Al-Quran

aplikasi al-quranImage via Google Play

Aplikasi Al-Quran berguna bagi Anda yang ingin selalu membaca Al-Quran dimana pun berada, tak harus berada di rumah atau masjid. Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Quran for Android atau Al-Quran Bahasa Indonesia untuk terus melantunkan ayat-ayat Al-Quran saat sedang berada di luar rumah atau di perjalanan. Aplikasi jenis ini biasanya sudah dibekali dengan bahasa Indonesia sehingga kita bisa membaca terjemahannya juga.

Aplikasi kumpulan doa

aplikasi kumpulan doaImage via Google Play

Segala sesuatu pasti akan lebih mudah dilakukan jika Anda mendahuluinya dengan berdoa. Apalagi di bulan suci Ramadan, memperbanyak doa harian bukan hanya bisa menenangkan hati, namun juga akan menambah pahala puasa kita. Mengunduh aplikasi kumpulan doa harian termasuk salah satu opsi terbaik yang bisa dilakukan bila kita tidak hafal jenis-jenis doa tertentu.

Aplikasi Muslim Pro

aplikasi muslim proImage via Google Play

Aplikasi ini sangat berguna bagi umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadan, sekaligus yang paling lengkap. Tak hanya mempunyai kemampuan menampilkan jadwal imsakiyah, namun juga jadwal sholat, dan doa-doa. Aplikasi Muslim Pro ini telah dipergunakan di banyak negara, termasuk Indonesia. 

Selain 5 jenis aplikasi yang sudah kami bahas di atas, tentunya masih banyak lagi jenis-jenis aplikasi islami lainnya yang bisa dimanfaatkan selama menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Aplikasi game islami, atau aplikasi belajar agama untuk anak-anak misalnya. Pada intinya, banyak cara untuk bisa beribadah dengan nyaman di bulan Ramadan. Selamat berpuasa!

Like us!

Komentar