Diperbaharui pada Senin, 7 Desember 2020 | 09:00

Waspada Jakarta Banjir Lagi, 6 Aplikasi Paling Berguna Saat Banjir!

banjir jakartaFoto: Pixabay

Musim hujan perlu diwaspadai bila ada indikasi terjadinya bencana banjir. Beberapa titik banjir Jabodetabek dan sekitarnya yang tergenang air akan sulit untuk dilalui. Lalu lintas tentunya akan terganggu.

Untuk menghindari berbagai masalah yang disebabkan oleh banjir, kini banyak tersedia aplikasi untuk pantau info banjir di Jakarta, bahkan seluruh Indonesia.

Namun, apakah aplikasi pemantau banjir yang bisa didownload di smartphone tersebut sudah cukup? Kami rasa belum, karena itu, berikut ini 6 aplikasi yang akan sangat bermanfaat sekali dalam situasi banjir.

Aplikasi Wajib Selama Banjir

1. Aplikasi Cuaca

aplikasi cuacaFoto: Google Play

Aplikasi cuaca sangat penting untuk memberikan informasi seputar ramalan cuaca yang akan terjadi. Dengan begitu, kita dapat memperkirakan apa yang akan terjadi dan mempersiapkan segala sesuatunya.

Untuk pengguna hp Android, kita bisa mencoba aplikasi ‘Info BMKG’ yang datanya akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain untuk memantau cuaca, aplikasi ini juga menyediakan informasi bencana dan peringatan dini.

2. Aplikasi Pantau Banjir

aplikasi pemantau banjirFoto: Google Play

Aplikasi yang fungsi utamanya khusus untuk memantau banjir juga tersedia, seperti 'Pantau Banjir' dan 'Flood Monitoring System'. Kedua aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Ukurannya aplikasi ini biasanya kecil, jadi tidak akan menggangu kinerja ponsel Kita. Aplikasi ini juga biasanya tampil dengan antar muka yang minimalis, dengan fitur-fitur yang secara spesifik bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Informasi seperti ketinggian air atau titik banjir di wilayah Jabodetabek bisa terus kita pantau. Kita juga dapat berbagi informasi ini ke keluarga dan teman.

3. Aplikasi Navigasi

aplikasi navigasiFoto: Google Play

Genangan air di jalan pada musim hujan seperti ini membuat jalan ditutup atau dialihkan ke tempat lain. Nah, bagi yang tidak hafal jalan, tentu saja akan menimbulkan masalah baru. Untuk itu, sangat diperlukan untuk memasang navigasi penunjuk arah agar tidak tersesat.

Aplikasi seperti ‘Google Maps’ atau ‘Waze Sosial GPS Maps & Traffic’ bisa dimanfaatkan. Kita juga bisa mengunduh aplikasi penunjuk arah lainnya yang sudah tersedia di Google Play atau App Store.

4. Aplikasi Pengobatan dan Perawatan

aplikasi p3kFoto: Google Play

Kecelakaan dapat terjadi diberbagai kondisi, tak terkecuali pada musim hujan, ketika banjir melanda. Saat ini, berbagai aplikasi panduan P3K banyak tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Google Play atau App Store.

Aplikasi semacam ini akan memberikan informasi seputar perawatan dan pengobatan pada kondisi darurat, lengkap dengan tutorialnya. Selain sangat bermanfaat, kita jadi memiliki pandangan visual untuk mempraktekannya .

5. Aplikasi Media Sosial dan Chat

aplikasi media sosial dan chatFoto: Pixabay

Biasanya pengguna media sosial selalu berbagi informasi mengenai suatu hal. Begitu pun dengan kondisi saat banjir Jabodetabek terjadi. Dengan mudah teman dan rekan berbagi informasi melalui WhatsApp, Facebook, Line, Instagram, Twitter dan lainnya.

Aplikasi media sosial dan chat ini bukan hanya bisa digunakan berbagi melalui teks, tapi juga berupa foto dan video, sehingga informasi kita terima menjadi lebih akurat. Pastikan kita memiliki salah satu media sosial tersebut agar tidak tertinggal informasi terupdate.

Khusus untuk pengguna Twitter, ada baiknya mem-follow beberapa akun penting berikut ini untuk mendapatkan live update, diantaranya:

6. Aplikasi M-Banking

aplikasi m-bankingFoto: Google Play

Aplikasi mobile banking juga sangat penting tersedia di ponsel karena akan memudahkan Kita dalam bertransaksi di musim hujan. Pastinya dari Kita memiliki rekening bank dan saat ini sudah hampir seluruh bank memiliki layanan mobile banking.

Itu dia 6 aplikasi wajib yang perlu ada di smartphone kita selama banjir. Keenam jenis aplikasi ini akan sangat berguna sekali ketika bencana banjir Jabodetabek terjadi lagi. Semoga bermanfaat.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writter

714 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.