Diperbaharui pada Selasa, 9 Februari 2021 | 08:52

Perbedaan Wifi Direct dan Wifi Biasa, Serta Cara Menggunakannya

Oleh Restu Aji Siswanto

cara menggunakan wifi direct
Pernahkan kamu membaca spesifikasi pada smartphone kamu dengan teliti dan menemukan tulisan WiFi Direct pada daftar fiturnya? Lantas apa itu WiFi Direct dan apa bedanya dengan WiFi yang biasa kita pakai?

Kata WiFi biasanya diasosiasikan dengan koneksi internet yang diakses dari suatu hotspot perangkat smartphone atau router WiFi, baik di kampus-kampus, café, maupun tempat umum lainnya.

WiFi adalah koneksi internet tanpa modem dan tanpa membeli kuota. Hampir semua perangkat smartphone dan laptop mempunyai kemampuan WiFi dan jika tidak tersedia, bisa mempergunakan WiFi adapter yang bentuknya sama persis seperti sebuah flashdisk.

Perbedaan WiFi Direct dengan WiFi Biasa

Berbeda dengan WiFi, sebuah WiFi direct tidak dimiliki oleh semua perangkat smartphone. WiFi Direct biasanya hanya terdapat pada ponsel kelas menengah dan premium produksi Samsung dan Sony saja.

Fungsi WiFi Direct tidak sama dengan WiFi Hotspot, namun justru sangat mirip dengan cara kerja Bluetooth, yaitu untuk mengirim file data antar perangkat satu dengan perangkat yang lain secara lebih cepat dan praktis tanpa mempergunakan router.

Jangkuan WiFi Direct juga lebih jauh dan lebih kuat dari Bluetooth pada perangkat kamu, oleh sebab itu WiFi Direct sering disebut sebagai saingan berat Bluetooth.

Kelebihan lain selain transfer data ukuran besar, WiFi Direct bisa dipergunakan untuk mengakses dan bermain game online dan dihubungkan dengan berbagai perangkat pintar seperti PC, Smart TV, printer, dan bahkan kamera digital tanpa membutuhkan kabel.

Dengan fitur tersebut kamu bisa melihat tampilan layar smartphone kamu di TV atau dengan mudah bisa langsung cetak dokumen dari smartphone kamu ke printer atau bahkan bermain video game.

Cara Menggunakan WiFi Direct

cara menggunakan wifi direct
Untuk mempergunakan WiFi Direct, kamu tidak akan bingung karena caranya sama persis seperti pada Bluetooth, yaitu dengan mendeteksi perangkat lain yang mempergunakan WiFi Direct, kemudian buka folder dimana foto atau video yang ingin kamu kirimkan.

Setelah foto dipilih, tekan tombol ‘Share’ dan akan muncul pilihan WiFi Direct. Pilih menu tersebut dan pilih ke perangkat mana foto tersebut ingin kamu kirim.

File tersebut akan secara otomatis dikirim ke perangkat tujuan. Karena WiFi Direct lebih cepat, maka kamu tak perlu menunggu lama jika mengirim file besar seperti sebuah film dengan ukuran 1 GB. Bagaimana, mudah kan?

Like us!

Komentar