Diperbaharui pada Jumat, 19 Februari 2021 | 09:45

Perbedaan SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC, Jangan Salah Beli!

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Pexels

Perkembangan teknologi membuat perangkat-perangkat perekam foto dan video turut berevolusi, termasuk kartu memori sebagai media penyimpanan file yang dibutuhkan seperti SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC. Apa perbedaannya?

Kegunaan utama SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC, tentunya untuk menyimpan data dan file pada PDA, smartphone, kamera, camcorder, voice recorder, dan perangkat perekam lainnya. 

Pada artikel ini, Pricebook akan membahas perbedaan dan fungsi spesifik dari keempat jenis memori eksternal tersebut. Tanpa berlama-lama, kamu bisa langsung baca di bawah ini.

Perbedaan SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC

Bila kita lihat di pasaran saat ini, banyak sekali jenis-jenis kartu memori yang dijual, mulai dari Compact Flash, Memory Stick Pro Duo keluaran Sony, hingga jenis yang paling umum, SD Card.

Pada artikel ini, kami akan fokus membahas SD Card saja, karena kartu memori jenis sudah terbagi-bagi menjadi beberapa macam. Nah, untuk kamu yang masih bingung apa perbedaannya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

SD Card

SD Card secara umum bentuknya sebesar perangko, yaitu 32 x 24 x 2 mm dengan berat 2 gram dan tersedia dalam berbagai kapasitas.

Hal yang membedakan SD Card dengan jenis yang lain adalah adanya write protection switch, persis seperti pada floppy disk jaman dahulu untuk mencegah data hilang serta CPRM (Content Protection for Recordable Media) untuk mencegah pembajakan isi.

Mini SD dan Micro SD

Mini SD adalah adalah SD memory card ukuran lebih kecil, yaitu 21 x 21,5mm, sementara microSD adalah SD memory card  berukuran 11 x 15mm dan paling banyak dipergunakan pada smartphone, MP3 player, PDA, dan banyak lagi.

MiniSD dan MicroSD bisa dipakai pada slot SD memory card dengan cara disisipkan pada sebuah adapter yang menyerupai SD memory card.

Sampai saat ini MicroSD adalah jenis memory yang paling cepat berkembang dan saat ini menjadi jenis kartu memori yang paling populer karena bentuknya yang kecil, namun bisa menampung kapasitas besar.

SDHC Memory Card

SDHC atau SD High Capacity adalah pembaharuan dari teknologi yang dipakai pada SD Card dan tanpa merubah bentuk maupun ukuran.

Pada SDHX, format yang dipakai adalah FAT32, dan SDHC memiliki kapasitas terkecil 4 GB, jadi lebih banyak data yang bisa ditampung dengan ukuran yang sama.

Sebuah SD Card bisa dipergunakan pada slot SDHC namun sebuah keping SDHC tidak bisa dipergunakan pada slot SD Card walau ukurannya sama.

Ukuran SD Card menjadi standar bagi pembuatan perangkat lain, slot yang sama bisa dipergunakan sebagai adapter untuk Bluetooth, Wifi, dan bahkan LAN, dengan memanfaatkan kartu adapter yang bentuk dan ukuranya sama persis dengan SD memory card.

Nah, itu dia perbedaan antara SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC. Semoga artikel ini bisa membantu dan kamu tidak salah beli, ya.

Like us!

Komentar