Diperbaharui pada Kamis, 4 Desember 2014 | 20:54

Perlukah Task Killer Dan RAM Booster di Zenfone Anda?

Bila Anda pengguna Asus Zenfone, pasti Anda akan mendapati salah satu dari dua aplikasi ini, RAM Booster dan Task Killer. Kedua aplikasi tersebut digunakan untuk memperbaiki kinerja Zenfone dan juga hampir semua perangkat Android yang mulai lelet kinerjanya.

Kebanyakan orang menggunakan kedua aplikasi ini saat mereka merasakan kelambatan dalam mengeksekusi sebuah aplikasi pada Zenfone. Padahal sebenarnya yang terjadi adalah perangkat Anda terinstal banyak sekali aplikasi yang sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan.

Walaupun aplikasi tersebut tidak sedang dipergunakan, mereka tetap berjalan dibelakang layar dan menghabiskan RAM yang berakibat pada menurunnya performa Android Anda.  Nah di sinilah peran RAM Booster dan juga Task Killer.

Kedua aplikasi tersebut mempunyai fungsi untuk membersihkan RAM dari aplikasi yang tak berguna dan sekaligus juga mematikan aktivitas aplikasi tersebut sehingga ada lebih banyak ruang pada RAM bisa dipergunakan. Namun apakah Anda yakin kedua aplikasi ini benar-benar Anda butuhkan dan memberikan manfaat?

Pada saat pertama kali mempergunakan kedua aplikasi ini mungkin Anda akan merasa bahwa Anda sangat terbantu karena setelah mengaktifkan RAM Booster atau Task Killer, perangkat Anda bekerja dengan lebih baik. Namun setelah beberapa lama mempergunakan kedua aplikasi ini pada Zenfone atau ponsel Android yang lain, baru Anda akan tahu bahwa aplikasi-aplikasi ini tak sebaik kelihatanya, bahkan bisa berdampak negatif.

RAM adalah sebuah sistem yang bekerja cepat pada suatu device dan menyediakan informasi sistem yang terus-menerus dan berubah-ubah, jika pada Windows, RAM akan diberikan Virtual Memori sebagai perluasan RAM, namun pada smartphone tidak ada.

Oleh sebab itu sangat tidak bijaksana untuk mengganggu kerja RAM dengan aplikasi RAM Booster dan sebagainya karena aplikasi yang Anda pergunakan butuh RAM untuk bekerja dengan cepat, sementara aplikasi RAM Booster justru berusaha membuat RAM selalu kosong.

Hal ini memang mempercepat kinerja pada awalnya, namun justru memberatkan pada akhirnya. Yang terbaik adalah mengatur aplikasi yang Anda pergunakan. Uninstall semua aplikasi yang jarang atau tidak pernah Anda pergunakan agar tidak membebani RAM. (Tedi)

Baca juga artikel:

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Mengenal Revolusi Android dari Waktu ke Waktu

Solusi Sederhana Atasi Baterai Boros Redmi 1S

 

Like us!
Alena Yulitta

Contributor

710 Posts