Diperbaharui pada Selasa, 6 April 2021 | 13:39

Cara Memaksimalkan Fitur HDR Kamera Ponsel, Cukup 5 Langkah

High Dynamic Range

Jika membuka fitur kamera smartphone saat ini, Anda pasti menemukan High Dynamic Range (HDR). Tahukah Anda kegunaan fitur tersebut? Bagaimana dan kapan waktu yang tepat menggunakannya?

Anda yang menggeluti fotografi ponsel pasti mudah menjawab pertanyaan di atas. Bagi yang awam, hal ini tentu saja membingungkan karena ternyata ada aturan cara pakainya.

Mengenai ini, Pricebook akan berbagi informasi agar Anda yang masih bingung dapat menggunakan fitur ini dengan maksimal. 

Cara Memaksimalkan HDR di Hp

Cara Memaksimalkan Fitur HDR

Contoh foto di atas, diambil pagi hari, sekitar pukul 06.45.50 WIB. Lokasinya di lereng Gunung Bromo. Menggunakan kamera beresolusi 13 MP milik Samsung Galaxy S4. Smartphone ini pun dibekali kamera depan 2 MP.

Pricebook dengan mudah menghasilkan foto (yang kami anggap) bagus dengan hanya mengaktifkan fitur HDR yang sudah tersedia di kamera.

Dengan fitur HDR, pencahayaan dan detail foto dapat diproduksi dengan baik sehingga kualitas hasil gambar menakjubkan.

Kurangi Goncangan Saat Memotret

Cara kerja fitur ini tidak hanya merekam satu gambar saja, melainkan tiga gambar sekaligus dengan tingkat eksposur yang berbeda. Kemudian tiga gambar tersebut digabungkan untuk mengambil bagian-bagian yang terbaik.

Pengambilan tiga gambar tersebut dapat dirasakan oleh Anda ketika menggunakan fitur ini. Kamera akan merekam agak lama dari moda normal ketika shutter mulai ditekan.

Pada momen ini tangan Anda harus kuat agar tidak terjadi goncangan. 

Sesuaikan Cahaya dan Penerangan

Cara Memaksimalkan Fitur HDR

Kapan baiknya fitur HDR digunakan? Situasi di alam bebas, pemandangan gunung dan berbagai obyek lainnya sangat tepat jika Anda menggunakan HDR.

Lensa kamera tidak seperti mata kita yang bisa membedakan dengan jelas kontras obyek di atas gunung yang cerah hingga obyek di bawah pepohonan.

Fitur HDR dapat pula digunakan pada saat obyek berlimpah cahaya atau kurang cahaya. Biasanya disituasi cahaya berlebih pada obyek, hasil gambar akan gelap atau terang sehingga detailnya tidak terekam.

Sementara di kondisi minim cahaya ada bagian yang kuat cahaya atau bagian belakang lebih terang, sehingga nantinya pada gambar akan ada bagian yang hitam pekat atau detail dibagian itu tidak tertangkap.

Fitur HDR mampu memaksimalkannya menjadi gambar kontras yang menarik.

Tips menggunakan fitur HDR

Cara Memaksimalkan Fitur HDR

  • Pakai tripod, tujuannya untuk menghindari goncangan jika tidak ada pegang yang kuat atau gunakan perintah suara.
  • Gunakan fitur bracketing jika ada, biasanya fitur akan mengambil lebih dari satu gambar dan Anda dapat memilih yang terbaik.
  • Fokus pada obyek, dengan demikia detail yang baik dapat dihasilkan oleh titik fokus yang tepat di obyek.
  • Hindari obyek bergerak, jika tidak hasil gambar akan kabur atau tidak fokus karena kamera akan merekam dalam kecepatan lambat.
  • Biasakan sebelum mengambil obyek dengan fitur HDR, Anda terlebih dahulu mengambilnya tanpa fitur HDR agar dapat membandingkannya
Like us!
Imam Ali

Content Writer

995 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.