Diperbaharui pada Sabtu, 3 Februari 2024 | 12:15

Tips Makin Produktif Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Tips Makin Produktif Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series-0Smartphone Galaxy S24 series

AI banyak digunakan untuk membantu produktivitas saat bekerja ataupun menyelesaikan tugas. Apalagi kini penggunaannya semakin mudah karena Samsung menawarkan teknologi AI yang tertanam langsung di smartphone Galaxy S24 series.

Yup, Samsung telah resmi merilis lini smartphone flagship Galaxy S24 Series yang terdiri dari Galaxy S24, Galaxy S24+ dan Galaxy S24 Ultra ke Indonesia dengan membawa beragam fitur AI yang bisa mendorong produktivitas dalam menyelesaikan pekerjaan.

Bayangkan seberapa produktif kamu jika punya AI yang tertanam langsung di smartphone yang digunakan sehari-hari. Dan itu bisa dilakukan melalui Samsung Galaxy S24 series.

Setidaknya ada tiga fitur AI yang akan membuat kamu semakin produktif saat menjalankan aktivitas. Kamu bisa lebih produktif dengan Note Assist yang akan membantu merapihkan catatan.

Lalu ada Web assist yang akan membantu kamu untuk melakukan riset dengan lebih praktis dan cepat. Tidak hanya itu, masih ada satu fitur AI lagi yang akan membantu mentranskrip recording dalam sekejap dan men-summary hasil transkrip yaitu fitur Transcript assist.

Nah, buat kamu yang masih bingung Pricebook akan coba berikan tips bagaimana menjadi lebih produktif dengan fitur AI di Galaxy S24 Series.

Tips Menggunakan Fitur AI di Galaxy S24 Series

1. Note Assist

Tips Makin Produktif Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series-1Fitur Note Assist di Galaxy S24 Series

Jika kamu seorang pekerja kantoran, fitur Note Assist di Galaxy S24 Series ini akan membuat kamu lebih produktif. Karena fitur AI ini dapat membuat ringkasan, template, hingga menyederhanakan setiap catatan.

Dan hasil catatan yang tersimpan dilengkapi dengan cover dan preview singkat agar lebih mudah dikenali sehingga memudahkan kamu melakukan pencarian.

Fitur ini akan terasa sangat membantu, apalagi saat kamu mendapatkan tugas menjadi notulen yang harus mencatat serta merangkum semua isi rapat kantor. Tidak hanya ketikan tapi juga bisa merapihkan tulisan tangan (menggunakan S Pen). 

Jika kamu menulis tangan, teknologi AI pada Note Assist akan meluruskan tulisan, jarak tulisan hingga mengatur karakter tulisan. 

Untuk ketikan, AI akan mengatur format dengan gaya yang berbeda-beda serta bisa merangkumnya. Jadi kamu bisa tetap fokus pada isi rapat.

Tapi sebelumnya kamu harus tahu bagaimana cara mengaktifkan Note Assist. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Setting
  • Lalu pilih “Fitur Lanjutan”
  • Pilih menu “Kecerdasan Tingkat Lanjut” dan pilih “Samsung Notes”
  • Aktifkan dengan menggeser tombol ke kanan

Jika sudah aktif, ada beberapa fungsi yang bisa kamu gunakan di fitur Note Assist ini, yaitu :

1. Auto format, berfungsi untuk membuat tulisan menjadi rapi dan terstuktur secara otomatis dengan format Bullets and Points dan Meeting Notes.

2. Summarize, berfungsi merangkum catatan dengan poin-poin utama secara otomatis. Ini bisa menghemat waktu kamu untuk meringkas catatan meeting.

3. Translate, sesuai namanya fungsi ini akan menerjemahkan catatan yang ada ke dalam bahasa yang diinginkan secara otomatis. Berguna ketika kamu diberi tugas membuat catatan dalam beberapa bahasa yang berbeda.

4. Correct Spelling, berfungsi untuk mengecek ejaan atau tata bahasa catatan kamu menjadi lebih baik. Jadi bisa mengurangi typo tanpa harus mengeceknya satu persatu.

Sekarang lanjut ke cara menggunakan Note Assist. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Samsung Notes
  • Mulai membuat catatan dengan S Pen atau keyboard, kamu juga bisa menggunakan catatan yang sudah ada sebelumnya
  • Ketuk ikon Galaxy AI di bagian bawah (ikon 3 bintang)
  • Pilih fungsi yang ingin kamu gunakan

2. Web Assist

Tips Makin Produktif Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series-2Fitur Web Assist di Samsung Galaxy S24 Series

Jika kamu suka membaca berita terbaru namun tidak memiliki banyak waktu, kini semua bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Web Assist.

Fitur Web Assist pada Samsung Galaxy S24 Series akan membuat waktumu lebih efisien, karena fitur ini dapat membuat rangkuman untuk artikel panjang, sehingga waktu membacamu menjadi lebih singkat, namun informasi penting pada artikel tidak terlewatkan.

Untuk menggunakan fitur Web Assist, kamu hanya perlu memberi highlight pada tulisan yang ingin diringkas, lalu nantinya akan muncul icon Galaxy AI dan tombol ‘Summarize’.

Setelah itu, semua tulisan akan diringkas secara otomatis. Selain meringkas, fitur ini juga bisa digunakan untuk menerjemahkan tulisan.

Sebelumnya kamu harus tahu bagaimana cara mengaktifkan Web Assist. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Setting
  • Lalu pilih “Fitur Lanjutan”
  • Pilih menu “Kecerdasan Tingkat Lanjut” dan pilih :Samsung Internet”
  • Aktifkan opsi Ringkasan dan Terjemahan

Jika sudah, lanjut ke cara menggunakan Web Assist. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka artikel yang ingin dibaca pada halaman Web
  • Akan ada ikon Galaxy AI di bagian bawah (ikon 3 bintang) lalu ketuk
  • Kamu bisa pilih antara fungsi Ringkas (meringkas artikel) atau Terjemahkan (menerjemahkan artikel kedalam bahasa tertentu) saat ini Samsung menawarkan 13 bahasa yang berbeda.

3. Transcript Assist

Tips Makin Produktif Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series-3Fitur Transcript Assist di Samsung Galaxy S24 Series

Pernah mengalami repotnya membuat transkrip dari hasil rekaman seminar, meeting atau wawancara? Kamu harus mendengarkannya terlebih dahulu lalu mencatat dan terus berulang hingga rekaman suara terakhir.

Tapi semua itu kini bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan teknologi AI di Samsung Galaxy S24 Series menggunakan fitur Transcript Assist.

Kamu hanya perlu mencari dan klik tulisan ‘Transcript’ pada aplikasi recorder bawaan yang ada di Samsung Galaxy S24 Series, dan teknologi AI yang tersemat di smartphone akan secara otomatis mengkonversi audio menjadi tulisan.

Fitur ini sudah mendukung hingga enam pembicara dan melakukan ringkasan hasil transkripsi. Tentunya sangat berguna untuk membuat transkrip menjadi lebih mudah dan cepat.

Untuk menggunakan fitur ini kamu harus lebih dulu mengaktifkannya. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Setting
  • Lalu pilih “Fitur Lanjutan”
  • Pilih menu “Kecerdasan Tingkat Lanjut” dan pilih “Perekaman Suara”

Jika sudah lanjut ke cara menggunakan Transcript Assist. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Recorder di Galaxy S24 series
  • Mulai merekam atau menggunakan perekaman yang sudah ada
  • Ketuk ‘Transkripsi’ lalu pilih bahasa yang ingin digunakan
  • Tunggu hingga proses transkripsi selesai
  • Kamu juga bisa pilih Ikhtisar untuk merangkum hasil transkripsi

Mudah bukan! Kini kamu bisa semakin produktif.

Pre Order Samsung Galaxy S24 Series Sekarang!

harga samsung galaxy s24 ultra

Semua kemudahan diatas bisa kamu dapatkan hanya melalui Samsung Galaxy S24 series. Jika tertarik, kamu bisa melakukan Pre Order Samsung Galaxy S24 series yang menawarkan banyak keuntungan.

Kamu bisa menikmati cicilan mulai dari Rp583.291 per bulan. Banyak juga penawaran menarik untuk konsumen saat melakukan pre order, mulai dari free double storage yang menguntungkan hingga Rp 4.000.000.

Dengan mekanisme ini, saat kamu membeli Galaxy S24 Ultra kapasitas 256 GB maka device yang akan kamu dapatkan adalah galaxy S24 Ultra dengan kapasitas storage 512 GB.

Belum lagi, kamu bisa mendapat keuntungan cashback ketika melakukan pre-order melalui mekanisme trade-in dari seri flagship sebelumnya dengan nilai mencapai Rp 2.500.000, serta cashback lain senilai Rp 1.500.000 dari rekanan bank. 

Segeralah melakukan pre order untuk bisa mendapatkan total promo diatas hingga senilai Rp 8.000.000 selama masa pre order yang tinggal beberapa hari.

Tidak kalah menarik, jika kamu melakukan pre order, maka akan mendapat e-SIM XL exclusive offer, yakni gratis 120 GB Data Plan selama 1 tahun. Semua manfaat dan promo ini bisa kamu dapatkan melalui samsung.com/id maupun Samsung Store terdekat.

Kamu juga bisa langsung mengunjungi Pre Order booth hingga 4 Februari 2024 di mal-mal terdekat, seperti Central Park, Kota Kasablanka, Senayan City, Grand Indonesia, Living World Alam Sutera, Lippo Mall Puri, dan Pondok Indah Mall 1.

Di sini kamu bisa mendapatkan pengalaman Galaxy AI secara langsung dari mulai area Circle to Search with Google yang bernuansa Seoul subway hingga Live Translation dan Chat Assist ala restoran di Korea.

Galaxy S24 Ultra hadir mulai dari harga Rp21.999.000 (12/256GB), lalu Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai Rp 16.999.000 (12/256 GB) sedangkan Galaxy S24 tersedia mulai dari harga Rp 13.999.000 (8/256 GB).

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.