Diperbaharui pada Senin, 27 Maret 2023 | 11:16

Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa di Era Digital

internet provider indihomeFoto: Pexels

Bulan Ramadhan adalah waktu di mana kita perlu untuk lebih serius menjaga kondisi kesehatan tubuh, terutama dalam hal memantau asupan gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Minggu pertama berpuasa biasanya memiliki beberapa kendala yang berhubungan dengan pencernaan, karena tubuh baru mulai beradaptasi dengan rutinitas makan baru. Beberapa masalah pencernaan yang umumnya terjadi di antaranya:

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan.
  • Sakit perut yang disebabkan oleh makanan berat dan berlemak saat berbuka puasa.
  • Mulas dan perih, terutama bagi yang memiliki sakit maag atau lambung.
  • Sembelit, atau susah buang air besar.
  • Asam lambung (GERD).

Untuk menghindari masalah pencernaan selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka: Pilihlah makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Hindari makanan yang tinggi lemak, gula, atau garam.
  • Minum air putih yang cukup: Pastikan Anda minum air putih yang cukup saat sahur dan setelah berbuka, serta menghindari minuman manis atau berkafein yang bisa menyebabkan dehidrasi..
  • Kurangi aktivitas fisik yang berat: Hindari aktivitas fisik yang berat saat berpuasa karena tubuh tidak memiliki sumber energi yang cukup. Pilihlah aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan kaki atau yoga.
  • Jaga kebersihan dan keamanan makanan: Pastikan makanan yang dikonsumsi selama berpuasa sudah bersih dan aman, dengan tanggal kadaluarsa yang panjang.
  • Jangan skip sahur: Sahur membantu tubuh untuk mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari.
  • Istirahat yang cukup: Pastikan waktu istirahat dan tidur yang cukup selama berpuasa. Kurangi aktivitas malam seperti menonton TV atau menggunakan gadget sebelum tidur.

Ingatlah bahwa menjaga kesehatan selama berpuasa sangat penting, sehingga ibadah puasa Ramadhan bisa berjalan lancar tanpa gangguan. Bila kondisi tubuh tidak memungkinkan, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Cara Konsultasi Online dengan Dokter

internet provider indihomeFoto: Pexels

Jika Anda memiliki kondisi medis yang membutuhkan perhatian khusus saat berpuasa, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat.

Teknologi internet provider yang semakin baik memungkinkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter secara online, tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Berbagai layanan konsultasi online pun kini telah tersedia.

Konsultasi online dengan dokter dapat dilakukan melalui beberapa cara, di antaranya:

1. Platform dan Aplikasi Kesehatan

Terdapat beberapa platform dan aplikasi konsultasi online yang dapat digunakan untuk berkonsultasi dengan dokter. Beberapa contoh di antaranya adalah Halodoc, KlikDokter, Good Doctor, dan SehatQ. 

2. Telepon atau Video Call

Beberapa dokter atau klinik kesehatan menyediakan layanan konsultasi melalui telepon atau video call. Kita dapat menghubungi dokter atau klinik tersebut dan mengatur jadwal konsultasi online.

3. E-mail

Mengirimkan e-mail ke dokter atau klinik kesehatan juga bisa membantu. Cukup jelaskan kondisi kesehatan yang sedang dialami, dan tunggu balasan email.

Satu hal yang perlu diingat ketika melakukan konsultasi kesehatan dengan e-mail, bahwa respon yang akan diterima mungkin memakan waktu lebih lama, bila dibandingkan dengan 2 cara sebelumnya.

Sebelum melakukan konsultasi online, pastikan kita sudah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan, termasuk riwayat medis Anda yang lengkap. 

Selain itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan lingkungan yang tenang agar konsultasi dapat dilakukan dengan baik. Salah satu internet provider yang bisa dipilih adalah IndiHome dari Telkom Indonesia yang menggunakan teknologi fiber optik untuk memastikan jaringan internet lancar tanpa gangguan.

Rekomendasi Aplikasi Kesehatan untuk Memantau Kondisi Tubuh

internet provider indihomeFoto: Pexels

Selain berkonsultasi online dengan dokter, terdapat beberapa aplikasi kesehatan yang dapat membantu kita untuk memantau serta menjaga kondisi tubuh selama berpuasa puasa Ramadhan, antara lain:

  • MyFitnessPal: Aplikasi ini dapat membantu memantau asupan kalori, nutrisi, dan cairan yang dikonsumsi selama berpuasa.
  • WaterMinder: Aplikasi ini membantu memantau asupan air yang dikonsumsi selama berpuasa. Dengan mengatur pengingat, kita dapat memastikan bahwa air yang diminum saat sahur dan berbuka sudah cukup.
  • Muslimah Fit: Aplikasi ini dikhususkan untuk perempuan yang ingin menjaga kesehatannya selama berpuasa, dan dilengkapi dengan panduan latihan fisik serta olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh saat berpuasa.
  • Halodoc: Selain untuk membeli obat, vitamin, dan suplemen, aplikasi ini juga dapat membantu mencari dokter atau konsultan kesehatan yang siap memberikan saran dan konsultasi tentang kesehatan selama berpuasa.

Dengan menggunakan aplikasi kesehatan di atas, kita dapat memaksimalkan manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan dan menjaga keseimbangan nutrisi selama menjalani ibadah puasa.

Agar penggunaan aplikasi menjadi lebih optimal, pastikan untuk berlangganan internet provider yang cepat dan stabil di rumah untuk memastikan segala aktivitas berjalan lancar, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1503 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.