Diperbaharui pada Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:35

Tips Melindungi Hp dari Kerusakan di Cuaca Panas

Tips Melindungi Hp dari Kerusakan di Cuaca Panas
Cuaca panas ternyata bisa berdampak pada hp dan perangkat seluler lainnya. Selain merusak beberapa komponen, panas yang berlebih juga bisa membuat kerusakan permanen pada perangkat.

Menurut Thuringia Consumer Centre di Jerman yang dilansir dari TheStar, panas dapat mempengaruhi layar dan juga baterai. Pasalnya panas berlebih dapat merusak kristal cair atau dioda pemancar cahaya yang ada di layar.

Tidak hanya layar, panas dari sinar matahari juga akan membuat daya tahan baterai terkuras bahkan dapat rusak secara permanen.

Itu sebabnya, pabrikan memberi peringatan agar pengguna tidak mengisi baterai perangkat jika berada pada suhu di atas 40°C. Saat cuaca panas, sebaiknya hp atau perangkat seluler lain harus diletakkan atau disimpan di tempat teduh.

Risiko panas berlebih juga sangat tinggi jika perangkat tertinggal di dasbor mobil. Pasalnya, di kondisi cuaca panas, suhu di dalam mobil bisa meningkat hingga 60 °C atau bahkan 70 °C.

Yang juga harus diperhatikan adalah ternyata keringat juga bisa membuat rusak hp. Karena air keringat bisa menyebabkan kelembaban kemudian dapat menembus perangkat dan meninggalkan kerusakan permanen.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan akibat panas. Menurut Thuringia Consumer Centre, pada saat kondisi yang sangat panas casing atau pelindung sebaiknya dilepas. 

Lalu jangan menaruh hp di saku celana, lebih baik taruh di dalam tas atau ransel. Menempatkan hp di lemari es untuk mendinginkannya juga bukan ide yang baik. Karena akan mengakibatkan kondensasi atau pengembunan.

Jadi, hp yang mati akibat terlalu panas baiknya didiamkan sementara waktu agar dingin dan jangan pernah untuk langsung mengaktifkannya.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1842 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.