Diperbaharui pada Senin, 11 Juli 2022 | 15:05

Cara Isi Bensin Pakai MyPertamina, Poinnya Bisa Dituker Liburan!

Cara Isi Bensin Pakai MyPertamina

Penerapan dan penggunaan aplikasi MyPertamina pada dasarnya sudah diedukasi sejak 1 Juli 2022 lalu, hanya saja masih banyak konsumen BBM Pertamina yang belum paham dan abai terkait informasi ini.

Bahkan tidak jarang beberapa pengguna BBM Pertamina juga mengatakan bagaimana cara isi bensin pakai MyPertamina. Nah, untuk lebih memasyarakatkan MyPertamina dan lebih mempermudah dalam pengisian bensin secara cashless, berikut kami rangkum cara membeli bensin menggunakan MyPertamina.

Download dan Registrasi Aplikasi LinkAja

linkaja

Ini yang pertama kali harus kalian lakukan sebelum menggunakan aplikasi MyPertamina, adalah mengunduh Aplikasi pembayaran LinkAja. Cukup isi data diri secara lengkap termasuk nomor hp dan juga nama beserta Password, kalian bisa dengan segera mengaktifkan aplikasi cashless LinkAja by Telkomsel ini.

Bagi kalian yang belum tahu LinkAja, aplikasi ini pertama kali diluncurkan dengan nama TCASH atau Telkomsel Cash yang merupakan layanan keuangan digital Telkomsel. Sebelum muncul versi aplikasinya, TCASH sendiri sempat tenar dengan model stiker NFCnya.

Registrasi MyPertamina

Cara Isi Bensin Pakai MyPertamina

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi MyPertamina dan registrasi sebagai anggota. kalian diwajibkan untuk memasukan nomor telepon dan data diri saat mendaftar, setelah itu masukan password sebagai kode untuk masuk ke aplikasi.

Setelah terdaftar, buka kembali aplikasi yang sudah diunduh dengan memasukan nama serta password. Pada halaman utama alikasi My Pertamina, ada pemberitahuan untuk mengaktifkan aplikasi LinkAja sebagai metode pembayaran.

Aktifkan metode pembayarannya dengan memasukan nomor handphone yang terdaftar di aplikasi LinkAja. Setelah, LinkAja aktif sebagai metode pembayaran, kalian sudah siap membeli bensin di SPBU Pertamina, pastikan saldo di LinkAja cukup ya.

Menariknya, bagi pengguna pertalite dan solar, kalian bisa mendaftarkan diri pada program subsidi Pertamina untuk mendapatkan BBM bersubsidi selama menggunakan MyPertamina, cukup dengan  login MyPertamina melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Selanjutnya, tunggu 7 hari kerja untuk mengetahui status pendaftaran subsidi kalian berhasil, jangan lupa cek terus perkembangan status kalian pada website.

Cara Isi Bensin Pakai MyPertamina

Setelah memiliki akun MyPertamina kalian bisa langsung melakukan transaksi pembelian BBM di Pertamina melalui aplikasi dan pembayaran langsung dengan LinkAja.

Pertamina juga memberikan reward berupa poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan beragam produk Pertamina yang kalian butuhkan.

Lantas bagaimana cara beli bensin pakai MyPertamina? Apakah harus tetap ke kasir atau bisa langsung ke pompa untuk selanjutnya mengisi setelah transaksi di aplikasi?

Nah, dari pada bingung lebih baik simak tahapan membeli bensin menggunakan MyPertamina berikut.

Cara Mendapatkan Poin MyPertamina

Cara Isi Bensin Pakai MyPertamina

Untuk mendapatkan poin, kalian harus melakukan pembayaran menggunakan aplikasi My Pertamina, jangan lupa untuk lapor ke petugas atau kasir pom bensin jika kalian menggunakan MyPertamina sebagai pembayaran.

Kalau tidak memberitahu ke petugas atau kasir bahwa kalian menggunakan aplikasi tersebut, kemungkinan QR Code tidak akan terbaca di aplikasi MyPertamina.

Biasanya petugas menggunakan QR Code LinkAja, jadi tidak terbaca di aplikasi My Pertamina.

Masuk ke MyPertamina, Pembelian BBM bisa mulai dilakukan pada halaman awal Aplikasi MyPertamina. Pilih jenis BBMnya, kemudian pilih berapa liter banyaknya untuk selanjutnya klik opsi "Bayar".

Sebelum itu pastikan kembali bahwa saldo LinkAja mencukupi secara nominal pengisian kalian. Selanjutnya, pindai QR code yang tertera di mesin Electronic Data Capture (EDC) SPBU Pertamina. Cek jumlah liter dan juga harga yang muncul, jika sudah sesuai langsung klik bayar, tunggu hingga notifikasi pembayaran telah selesai muncul.

Cara menukar Poin MyPertamina

Cara Isi Bensin Pakai MyPertamina

Setiap pembelian bensin di SPBU Pertamina menggunakan aplikasi My Pertamina, kalian bisa mendapatkan poin. Nah, nilai poin ini berbeda-beda untuk setiap jenis bensin yang dibeli.

Berikut nilai poin yang bisa kalian dapatkan ketika membeli bensin:

  • Pertamax Turbo = 100 Poin
  • Pertamax = 25 Poin
  • Pertalite = 1 Poin
  • Solar Dex = 100 Poin
  • Dexlite = 25 Poin

Setelah mendapatkan poin, kalian bisa menukarkannya menjadi berbagai macam voucher dan merchandise.

Voucher 

  • Concordia Premium Lounge Bali – 400 Poin
  • Concordia Premium Lounge Surabaya – 400 Poin
  • Saphire Blue Sky Louge T3 Domestik Soekarno-Hatta – 4.000 Poin
  • Concordia Premium Lounge Jogja – 400 Poin
  • Pemeriksaan Pap Smear – 100.000 Poin
  • Pemeriksaan Medical Check-Up Healthty Lifestyle – 100.000 Poin
  • Tes Minat Bakar Anak – 100.000 Poin
  • Pemeriksaan CT Calcium Score – 60.000 Poin
  • E-Voucher Patra Bali Resort & Villas – 60.000 Poin

Merchandise

  • Emco Brix SPBU Pertamina – 80.000 Poin
  • Jaket Pertamax Turbo – 50.000 Poin
  • Die Cast Lambo – 100.000 Poin
  • Die Cast Truck – 100.000 Poin.

Unduh sekarang dan daftarkan diri kalian untuk mendapatkan keuntungan yang diberikan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1246 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.