Diperbaharui pada Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:50

5 Cara Memasang Tempered Glass di Hp, Mudah dan Cepat

cara memasang tempered glass di hpFoto: imageuseof.com

Pelindung layar hp merupakan salah satu aksesoris yang biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan layar pada perangkat hp atau tablet. Salah satu jenis pelindung layar yang paling populer adalah tempered glass.

Tempered glass terbuat dari kaca yang diproses dengan suhu tinggi sehingga sangat kuat. Bahkan, lapisan pelindung ini juga memiliki ketahanan terhadap goresan benda tajam, tergantung dari jenis dan tingkatannya.

Selain itu, tekstur tempered glass yang kaku menjadikannya sulit untuk dipotong. Berbeda dengan pelindung layar hp lainnya, tempered glass tidak menimbulkan gelembung saat dipasang karena teksturnya yang kaku tersebut.

Berbagai jenis produk tempered glass sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga yang beragam, mulai dari yang puluhan ribu, hingga yang cukup mahal di angka ratusan ribu rupiah.  

Jenis-Jenis Tempered Glass

Jenis-Jenis Tempered GlassFoto: aliexpress

Seperti produk pelindung layar hp pada umumnya, jenis-jenis tempered glass juga cukup beragam, mulai dari yang biasa, hingga tempered glass anti radiasi. 

Dengan jenis-jenis yang berbeda tersebut, sebagai pengguna, tentunya kita ingin mengetahui apa yang membedakan masing-masing tempered glass berdasarkan bahan, harga, dan keunggulannya.

Berikut adalah jenis-jenis tempered glass yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan serta jenis dan ukuran layar hp yang dimiliki.

1. Tempered Glass Clear/Transparan

Dibandingkan dengan tempered glass blue light atau yang lainnya. Jenis pelindung layar hp yang satu ini merupakan yang paling jernih dan paling umum dipakai. 

2. 3D Tempered Glass Full Covered 

Jenis tempered glass ini cocok digunakan untuk hp dengan layar yang sedikit melengkung di tiap sisinya. Sehingga dapat membungkus keseluruhan layar dan melindunginya.

3. Anti-Blue Light Tempered Glass 

Sesuai Namanya, jenis tempered glass ini lebih diutamakan untuk melindungi mata saat penggunaan hp. Fungsinya untuk mengurangi cahaya biru yang dipancarkan layar. 

4. Tempered Glass Anti Spy

Selain tahan terhadap goresan juga memiliki keunggulan yaitu sulit dilihat dari arah samping, sehingga disebut aman dari orang yang coba melihat hp. 

5. Tempered Glass Anti Glare

Jenis Tempered Glass yang satu ini memiliki keunggulan dengan mengurangi jejak sidik jari di permukaan. Sekaligus mereduksi pantulan cahaya sehingga tidak silau saat melihat layar.

Cara Memasang Tempered Glass

Cara Pasang Tempered GlassFoto: totalleecase.com

Untuk memasang tempered glass di hp, Anda bisa meminta bantuan orang lain, atau melakukannya sendiri. Cara memasang tempered glass cukup mudah, asalkan Anda mengikuti petunjuk pemasangannya.

Namun bila Anda masih ragu untuk melakukannya, berikut langkah-langkah memasang tempered glass di hp yang bisa Anda ikuti. Cara ini merupakan yang paling umum dan mendasar, sehingga dapat diikuti oleh siapa saja.

1. Buka Paket Tempered Glass

Pada paket pemberlian tempered glass, umumnya disediakan 2 jenis kain pembersih yang basah dan kering. Naun kalau tidak ada dalam paketnya, maka Anda perlu menyediakan kedua kain tersebut. Agar lebih aman, pastikan hp dalam kondisi off.

2. Bersihkan Layar

Menjadi langkah penting, karena sekecil apapun debu akan mudah menempel pada tempered glass. Gunakan kain basah yang ada di dalam paket pembelian tempered glass.

Anda juga bisa menggunakan kain bersih dengan tambahan carian pembersih. Kemudian keringkan layar dengan kain kering (ada dalam paket pembelian) atau menggunakan kain mikrofiber milik pribadi.

3. Lepas Lapisan Pelindung

Umumnya, tempered glass baru memiliki pelindung tipis. Anda harus melepas pelindung tersebut agar tempered glass menempel di layar hp. Saat memasang, pastikan untuk memegang di tepinya sehingga tidak meninggalkan sidik jari di permukaan.

4. Posisikan dengan Benar

Pastikan untuk menyesuaikan tempered galss dengan permukaan layar hp. Posisikan sesuai dengan lubang yang ada, seperti kamera, speaker dan lainnya. 

5. Tekan Perlahan

Setelah posisi sejajar, lepaskan tempered glass secara perlahan, bisa dimulai dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jika ada kesalahan atau posisi tidak pas, Anda bisa melepaskannya kembali dan mengangkatnya pelan-pelan dan sesuaikan kembali.

Jika sudah pas, sentuh tempered glass dengan lembut agar menempel rata. Jika ada gelembung Anda bisa gunakan kain dan menggeser gelembung tersebut ke tepi layar. 

Tips Memilih Tempered Glass yang Baik

cara memilih tempered glassFoto: sillytechie.com

Setelah mengetahui jenis-jenis tempered glass yang ada di pasaran, kini waktunya untuk memilih, mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempered glass yang baik.

1. Pilih Brand atau Merek Terbaik

Biasanya, merek atau brand yang menjual tempered glass juga berkaitan dengan kualitasnya. Secara umum, brand yang lebih terkenal dan lebih terpercaya akan menjual tempered glass yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

Cobalah mengunjungi toko resmi merek terpercaya dan cari tahu spesifikasi tempered glass blue light dan jenis lainnya. 

2. Beli yang Sesuai Ukuran/Tipe Smartphone

Sama seperti produk screen guard lainnya di pasaran, tempered glass biasanya juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan dapat disesuaikan dengan tipe hp.

Jadi, saat pertama kali mengunjungi toko, sampaikan dulu tipe hp Anda dan mintalah rekomendasi tempered glass yang ukurannya sesuai. Selain itu, Anda juga minta bantuan cara pasang tempered glass yang benar agar tidak keliru.

3. Pertimbangkan Sensitivitas Sentuhan Layar

Pilihlah tempered glass anti debu sehingga tidak membuat layar menjadi kotor atau menjadi buram dan tidak bening. Layar yang kotor atau buram/kabur akan mengurangi daya sensitivitas saat disentuh dan membuatnya menjadi lambat merespons atau lelet.

Ada banyak sekali jenis tempered glass yang dijual di pasaran seperti tempered glass anti radiasi atau tipe lainnya.

4. Bandingkan Harga dan Kualitas

Berbagai macam jenis tempered glass juga sangat beragam harganya mulai dari yang murah hingga sangat mahal. Jadi, Anda tetap harus mempertimbangkan banyak hal seperti membandingkan merek/brand, spesifikasi, kualitas dan harga.

Selain itu, Anda juga bisa melihat kualitas tempered glass dari bagaimana cara memotong tempered glass, hasilnya bisa bagus atau tidak.

Kelebihan dan Kekurangan Tempered Glass

Kelebihan & Kekurangan Memakai Tempered Glass
Mengapa Anda perlu menggunakan tempered glass untuk melindungi layar ponsel? Ada banyak sekali alasan yang mendasari pentingnya penggunaan pelindung layar hp yang berkualitas.

Selain agar layar hp mendapatkan proteksi lebih masih banyak kelebihan lain dari tempered glass. Namun untuk menyeimbangkannya, kami juga menjabarkan beberapa kekurangan dari tempered glass.

Kelebihan:

  1. Cara pasang tempered glass cukup mudah karena terbuat dari kaca sehingga bentuknya kaku dan sangat mudah saat dipasang. Dengan kata lain, memasang tempered glass tidak akan menimbulkan gelembung seperti memasang screen guard tipis pada umumnya.
  2. Tempered glass dapat melindungi layar seperti tempered glass anti radiasi, anti debu/kotoran dan tahan terdapat goresan atau benturan. Bahkan, noda sidik jari juga tidak menempel pada tempered glass yang berkualitas.
  3. Jika Anda membeli tempered glass berkualitas dan mengerti cara pasang tempered glass yang benar, maka tidak akan mengurangi sensitivitas layar. Tempered glass berkualitas bersifat anti debu sehingga tidak membuat layar buram/kotor.

Kekurangan:

  1. Tempered glass yang dipasang dengan cara yang salah bisa lebih mudah mengalami keretakan. Hal itu karena tempered glass sangat solid dan kaku, jadi jika posisinya salah bisa lebih mudah retak.
  2. Harga tempered glass yang bagus terbilang cukup mahal daripada screen guard lainnya, karena cara memotong tempered glass yang sulit. Sebenarnya ada pilihan tempered glass yang murah, namun kualitasnya dipertanyakan.
  3. Meski cukup kuat dan tahan terhadap goresan atau kerusakan dan kotoran/debu, tempered glass ternyata mudah terkena minyak. Hal ini bisa terjadi saat Anda menempelkan layar hp ke wajah saat menelepon. 

Itulah berbagai informasi terkait tempered glass dan cara memasangnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mencoba memasang sendiri tempered glass di hp. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1203 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.