Diperbaharui pada Senin, 24 Januari 2022 | 13:12

Cara Mematikan Apple TV dengan dan Tanpa Remote

Cara mematikan Apple TVFoto: Apple 

Apple sudah memperkenalkan Apple TV sejak 2016 lalu. Perangkat TV digital ini menawarkan beberapa aplikasi seperti Netflix, Amazon TV, dan Hulu yang bisa menghibur penggunanya.

Selain itu, Apple TV juga sudah mendukung asisten Siri yang bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat rumah berbasis HomeKit Apple. Tidak seperti TV pada umumnya, pada remote Apple TV tidak terdapat tombol daya untuk mematikannya.

Bagi Anda yang belum familiar dengan cara mematikan Apple TV, Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa Apple TV tidak sepenuhnya mati melainkan hanya dialihkan ke mode tidur.

Cara Mematikan Apple TV dengan Remote

Terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mematikan Apple TV, salah satunya dengan menggunakan remote. Metode ini bisa berbeda-beda pada model dan seri Apple TV yang digunakan

Pada artikel ini, kami menggunakan Apple TV generasi ke-4. Cara berikut ini dapat dilakukan pada versi tersebut, atau yang lebih baru.

  1. Tekan tombol Home pada remote selama 3 detik.
  2. Pilih “Sleep” pada Control Center di bagian sebelah kanan

Jika Apple TV yang Anda gunakan adalah generasi ke-3 atau model yang lebih lama, maka cara yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu utama
  2. Tekan tombol “Play/Pause” selama 5 detik untuk mematikannya.

Selain dengan remote, Anda juga bisa mematikan Apple TV menggunakan iPhone atau iPad. Cara ini bisa dilakukan di iPhone atau iPad dengan iOS 12 sampai dengan yang terbaru, yang secara otomatis sudah terpasang pada pengaturan “Control Center”.

Cara Mematikan Apple TV dengan iPhone dan iPad

Sama seperti pada remote fisik, Anda bisa melakukan pengaturan pada Control Center di iPhone atau iPad untuk mematikannya. Cukup dengan menekan tombol Home dan pilih mode tidur untuk mematikannya

Namun sebelum itu, Anda harus memastikan apakah perangkat Apple TV yang digunakan sudah tersambung dengan iPhone atau iPad. Bila belum, berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Masuk ke pengaturan perangkat, pilih Control Center
  2. Gulirkan ke bawah dan ketuk simbol “+” berwarna hijau untuk menambahkan fitur Apple TV.
  3. Untuk membuka Apple TV di Control Center, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar
  4. Ketuk ikon Remote, lalu pilih Apple TV.
  5. Akan muncul permintaan untuk memasukkan kode empat digit yang muncul di Apple TV
  6. Tampilan layar pun akan sama seperti remote Apple TV dan bisa digunakan.

Cara Mengatur Sleep Timer untuk Mematikan Apple TV

Apple TV juga memiliki pengaturan sleep timer bawaan yang memungkinkan Anda mengatur terbalik TV akan dimatikan.

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering tertidur saat menonton TV atau untuk membantu orang tua melakukan pengawasan jam menonton anak. Berikut caranya:

  1. Buka pengaturan di layar utama
  2. Pilih “General” lalu pilih “Sleep After”
  3. Pilih durasi yang diinginkan

Cara Mematikan Apple TV Tanpa Remote

Sering kali kita lupa menyimpan atau menaruh remote sembarangan dan butuh waktu yang lama untuk mencarinya. Lalu iPhone Anda sedang disambung dan tidak dapat digunakan sebagai remote.

Untuk itu, Apple punya cara alternatif dengan mencabut kabel selama 6 detik. Setelah itu pasang kembali dan Apple TV akan mereboot ulang untuk menyalakannya kembali

Apple selalu berupaya menghadirkan perangkat yang mudah dan sederhana untuk digunakan. Oleh karena itu, perangkat Apple pastinya satu sama lain saling berkaitan sehingga pengguna bisa lebih mudah menggunakannya.

Semoga cara mematikan Apple TV dengan dan tanpa remote yang telah kami jabarkan dapat membantu Anda. Selamat mencoba!

Like us!
Salsa Khairunnisa
75 Posts

Contribur