Diperbaharui pada Jumat, 21 Januari 2022 | 14:05

5 Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

cara keluar dari grup wa tanpa ketahuanFoto: Pixabay

Aplikasi berbagi pesan WhatsApp sangat populer, terutama di Indonesia. Salah satu keunggulan WA adalah grup chat. Sayangnya tidak semua orang nyaman dengan fitur ini.

Kehadiran grup chat memang sangat membantu untuk mendekatkan keluarga, teman, bahkan rekan kerja, namun ada kalanya kondisi di dalam ruang chat menjadi tidak nyaman dan kita ingin keluar dari grup, tapi takut ketahuan dan jadi bahan gunjingan.

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

cara keluar grup whatsapp tanpa ketahuanFoto: Pixabay

Seringkali kita ingin keluar dari grup WA, namun ada rasa tidak enak dan khawatir akan dipandang negatif oleh semua anggota grup WhatsApp, sehingga banyak orang tidak berani melakukannya.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari grup WA tanpa diketahui oleh anggota grup lainnya. Bila Anda memutuskan untuk melakukannya, berikut cara-cara yang bisa Anda coba.

1. Memalsukan Nomor Telepon

Cara keluar dari grup WA tanpa diketahui yang pertama adalah dengan “memalsukan” nomor telepon Anda. Memalsukan di sini bukan berarti Anda melakukan hal yang negatif, ya. Cara ini dapat dilakukan bila Anda memiliki dua nomor telepon.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka pengaturan pada aplikasi WhatsApp. Anda dapat menemukan menu ini dengan cara menyentuh simbol tiga titik pada pojok kanan atas tampilan muka WhatsApp.

Setelah Anda membuka halaman pengaturan (setting), ikuti Langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu ‘Account’ dan pilih ‘Change Number’ dan sentuh ‘NEXT’.
  2. Isi nomor telepon yang terdaftar pada akun WA di kolom atas.
  3. Isi nomor telepon yang akan menjadi nomor WA baru Anda di kolom bawah.

Setelah Langkah diatas selesai dilakukan, kini Anda bisa keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan dengan cara membuka pengaturan pada smartphone milik Anda, lalu pilih menu aplikasi dan cari WhatsApp.

Selanjutnya, hapus semua data dan cache aplikasi WhatsApp dan akun WA Anda akan hilang, namun nama Anda masih ada di dalam daftar grup WhatsApp tersebut.

Terakhir, buka Aplikasi WhatsApp dan daftarkan kembali nomor lama Anda. Selesai, Anda sudah keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan.

2. Ganti Nomor Telepon

Bila cara sebelumnya terlalu rumit bagi Anda, ada cara untuk keluar dari grup WA tanpa diketahui yang lebih mudah, namun mungkin bagi sebagian orang mungkin cara ini dianggap terlalu ekstrim.

Anda dapat melakukannya dengan cara mengganti nomor telepon. Cara ini berlaku bagi Anda yang memang sudah tidak mau menggunakan nomor telepon lama yang terdaftar dalam grup WhatsApp.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka pengaturan pada smartphone, lalu masuk ke aplikasi dan pilih WhatsApp. Selanjutnya, hapus data dan cache.

Setelah melakukan hal ini, akun WhatsApp akan menghilang, namun tidak terhapus, sehingga nama dan nomor telepon Anda masih ada di dalam grup WhatsApp.

Terakhir, ganti nomor telepon Anda dengan yang baru, dan masuk ke WhatsApp dengan nomor tersebut. Anda telah berhasil keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan.

cara keluar grup whatsapp tanpa ketahuanFoto: Pixabay

3. Ganti Nama dan Hapus Foto Profil

Kalau Anda berada dalam grup WhatsApp dengan anggota yang banyak, dan Anda tidak ingin mengganti nomor telepon, atau hanya memiliki satu nomor telepon saja, cara ini dapat dilakukan.

Cara untuk keluar dari grup WhatsApp ini sangat mudah, karena Anda hanya perlu mengganti nama yang Anda pakai di WhatsApp, dan menghapus foto profile.

Untuk melakukannnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan pada aplikasi WhatsApp (simbol tiga titik).
  2. Sentuh foto profile, lalu ganti nama dan hapus foto.

Setelah selesai melakukan hal tersebut, buka grup WhatsApp dan pilih opsi keluar (Exit Group). Bila Anda berada di dalam grup WhatsApp dengan anggota yang banyak, sangat kecil kemungkinan ada yang menyadari kalau Anda keluar dari grup.

Perlu diketahui kalau cara ini dapat berhasil pada grup WhatsApp dengan jumlah anggota yang banyak, dimana tidak semua orang menyimpan nomor Anda.

Sebagian anggota grup kemungkinan masih akan mendapatkan notifikasi kalau Anda keluar dari grup WhatsApp tersebut.

4. Mute Grup WA

Cara ini sebenarnya tidak akan membuat Anda keluar dari grup WhatsApp, namun terbukti cukup berhasil untuk mengurangi rasa terganggu dari munculnya notifikasi grup WA.

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, Anda dapat memilih opsi Mute, dengan memilih silent selama 8 jam, 1 minggu, atau selamanya (Always).

5. Matikan Notifikasi pada Pengaturan Hp

Cara selanjutnya dapat dilakukan dengan masuk ke pengaturan smartphone Anda dan pilih aplikasi. Setelah itu, cari aplikasi WhatsApp dan matikan Group Notification.

Dengan begitu maka Anda akan terbebas dari semua notifikasi grup WA. Namun perlu diketahui bahwa cara ini akan mematikan notifikasi untuk semua grup WhatsApp yang ada di smartphone Anda, termasuk yang grup yang Anda sukai.

Kesimpulan

Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan yang telah kami jabarkan di atas dapat dicoba bila Anda benar-benar merasa terganggu dengan grup WhatsApp tersebut.

Kami menyarankan Anda tidak menggunakannya untuk kepentingan negartif yang dapat merugikan orang lain dan diri Anda sendiri.

Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

999 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.