Diperbaharui pada Jumat, 23 April 2021 | 14:09

AC LG DUAL COOL Series, Lebih Hemat Listrik dan Lebih Cepat Dingin

AC LG DUAL COOL

Seperti kita tahu, ada banyak pilihan AC di pasar yang menawarkan solusi AC hemat listrik, seperti AC Low Watt. Ini adalah tipe AC yang tepat untuk menghemat listrik di rumah. Tapi sayangnya, pendinginannya cukup lama.

Lalu ada AC standar, memang proses pendinginannya cepat karena kompresornya akan terus menyala sampai mencapai suhu yang diinginkan dan kompresor akan otomatis mati. Dan akan kembali menyala jika suhu ruang meningkat yang ditandai bunyi khas pada AC.

Kerja kompresor ini terus berulang selama AC dihidupkan dan membutuhkan energi listrik untuk menghidupkan kembali kompresornya yang berakibat konsumsi listrik menjadi tinggi. Maka dari itu, AC standar bisa dibilang sangat boros listrik sehingga tagihan listrik membengkak di akhir bulan.

Sekarang  yang banyak beredar di pasar adalah AC inverter, pendinginannya cepat, listrik juga tetap hemat, karena AC inverter otomatis menyesuaikan kecepatan kompresornya sesuai perubahan suhu ruangan.

AC inverter sangat direkomendasikan bagi yang mendambakan AC yang bagus karena memberikan udara yang segar untuk kita hirup sepanjang waktu di rumah dan sangat hemat listrik karena daya konsumsinya sangat rendah

AC LG DUAL COOL

AC LG DUAL COOL

Seolah menjawab tantangan, LG hadirkan jajaran LG DUAL COOL Series dengan banyak pilihan kapasitas. Mulai dari 1/2 PK, 1 PK, hingga 2 PK.

Selain ukuran kapasitas, model AC Inverter LG DUAL COOL ini juga memiliki fitur Watt Control yang tentunya bisa menambah kadar hemat biaya listrik selama menggunakannya.

Hadirnya AC inverter LG DUAL COOL series ikut menjadi solusi AC hemat listrik yang dulunya hanya dimiliki kalangan tertentu saja karena harganya yang tidak terjangkau dan menepis keraguan kalau AC inverter hanya digunakan untuk ruangan yang lebih besar.

Selain menghadirkan seri Watt Control, LG juga hadirkan model Hercules dengan kapasitas BTU yang tinggi. Dengan demikian, meski hemat listrik tapi tetap bisa merasakan dinginnya sejak awal dinyalakan.

AC LG DUAL COOL with Watt Control

ac dual cool with watt control

Generasi LG DUAL COOL with Watt Control diklaim lebih cepat dingin, hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk mendinginkan ruangan.

Ditambah 4 fitur pilihan konsumsi energi, dimana kita bisa mengatur daya listrik AC sesuai kebutuhan melalui remote AC, mulai dari 100%, 80% , 60% sampai 40%, sehingga kita bisa lebih berhemat.

Misalnya saja kita menggunakan AC LG DUAL COOL with Watt Control dengan pemakaian daya 60%. Artinya kita sudah mengubah konsumsi daya listrik menjadi 312 watt dari sebelumnya 495 watt.

Kita bisa menghemat penggunaan konsumsi listrik sebesar 183 watt. Hal ini setara dengan pemakaian mesin cuci top loading 7 kilogram.

Kita tak perlu ragu listrik akan mati ketika menyalakan AC berbarengan dengan mesin cuci.

AC LG inverter ini sangat cocok digunakan untuk penghematan listrik dalam berbagai kondisi. Baik siang atau kondisi suhu yang sejuk seperti di malam hari.

Penghematan akan semakin besar saat daya listrik diturunkan. Membayar uang lebih besar di awal untuk sebuah AC inverter sangat layak jika Anda menggunakan AC sepanjang tahun.

LG NEW Hercules dengan BTU Tinggi

AC LG New Hercules

Ada beberapa hal unik yang membedakan 1/2 PK AC Standar LG New Hercules dengan AC 1/2 PK terbaru merek lain.

Beberapa fitur di atas, termasuk salah satu pembeda yang menonjol dan dapat dilihat secara kasat mata.

Tapi tunggu dulu, ada beberapa fitur unggulan lain yang biasanya terlewatkan ketika memilih AC hemat listrik bertenaga dengan watt kecil.

Diantaranya adalah British Thermal Unit (BTU) yang selalu dilewatkan saat membeli AC sesuai kebutuhan. BTU sendiri secara awam bisa disebut sebagai kapasitas dingin atau tingkatan dingin.

Sebagai informasi, tidak semua AC 1/2 PK memiliki BTU yang tinggi, dan LG New Hercules terbaru menjadi AC standar yang memiliki BTU tinggi.

Di sisi lain, penggunaan freon R32 ini juga terbilang lebih awet secara usia pemakaian. Karenanya, pengguna tak perlu khawatir tentang pergantian freon dalam jangka waktu pendek.

Selain aman untuk lingkungan, jenis freon R32 juga sudah dinyatakan aman dari bahaya resiko terbakar. Dengan demikian, pengguna tak perlu khawatir AC terbakar ketika terjadi kerusakan pada komponen. 

Memilih AC Sesuai Daya Listrik

cara memilih ac sesuai daya listrik rumah

Umumnya, PLN hanya menyediakan beberapa pilihan standar Daya Listrik yaitu 220 VA (1A), 450 VA (2A), 900 VA (4A), 1300VA (6A), 2200VA (10A), 3500 VA (16A), 4400 VA (20A), 5500 VA (25A) dan seterusnya.

Namun bagi Anda yang baru memiliki rumah sudah sedikit tenang, karena saat ini regulasi terbaru PLN listrik terendah perumahan sudah bukan lagi 900 VA melainkan 1300 VA.

Lalu bagaimana caranya memilih AC yang sesuai dengan kapasitas listrik? Berikut ada beberapa tips dan trik untuk Anda memilih AC berdasarkan kapasitas listrik di rumah Anda.

Sebenarnya bukan karena dual Inverter yang dimiliki, tapi karena sistem pengaturan watt yang dipunya oleh AC LG DUAL COOL with Watt Control.

Bayangkan, dengan AC Inverter saja Anda bisa menggunakan AC 1PK layaknya AC 1/2 PK, dan AC 2,5PK layaknya AC 1PK pemakaian listriknya. Apalagi ditambah dengan pengaturan watt seperti yang dimiliki AC LG DUAL COOL wit Watt Control.

Jika AC Inverter 1PK sama dengan AC Standar 1/2PK, maka penggunaan daya berkisar pada 400 watt, Anda bisa mempelajari lagi pengertian PK dan Watt pada AC jika belum paham. Kemudian diberikan pengaturan watt hingga 80% menjadi 320 watt, Anda bisa lebih hemat 80 watt atau setara dengan TV LED 32 inch.

Ketahui terlebih dahulu besaran daya listrik rumah Anda.

Hitung penggunaan daya di rumah Anda dengan banyaknya beban elektronik di rumah Anda.

Konsultasikan kondisi kapasitas listrik Anda dengan penjual saat ingin membeli AC agar mendapatkan rekomendasi yang pas.

Pilih AC Low Watt atau AC Inverter yang lebih mengandalkan penggunaan watt yang rendah.

Jika memungkinkan pilih AC yang memliki kelebihan untuk mengatur watt seperti AC LG DUAL COOL with Watt Control agar pemakaian daya listrik rumah Anda menjadi lebih teratur ketika menggunakan AC

Cara Mengatasi AC Boros Listrik

cara mengatasi ac yang boros listrik

1. Perhatikan cara mengatur suhu AC

Pada suhu yang panas layaknya di negara tropis seperti Indonesia, suhu bisa meningkat hingga  38 derajat Celsius.  Sementara untuk penggunaan AC lazimnya ada di rentang 16-18 derajat celsius. Hal ini tentu saja membuat AC bekerja jauh lebih keras dibandingkan biasanya.

Berikut Kami jabarkan cara mengatur suhu agar nyaman dan hemat. Suhu terbaik dalam kenyamanan termal manusia berada di kisaran 25 derajat celsius. Jadi, jangan paksakan AC untuk lebih dingin, karena sebenarnya malah merusak secara perlahan.

Bila memang ingin lebih dingin lagi, cukup mengatur suhu AC di 22 derajat Celsius. Karena dengan kerja yang lebih keras AC akan semakin boros. Tak sadar, akumulasi penggunaan pun akan membuat tagihan listrik atau token melonjak.

2. Lakukan cara merawat AC secara berkala

cara merawat ac rumah

Tak seperti barang elektronik lainnya, cara merawat AC memang harus ekstra. Pendingin yang satu ini harus rutin dikontrol dan butuh perawatan berkala. Jika tidak, filter udaranya akan mudah kotor. Otomatis beban kerja yang harus dipikul pasti akan meningkat. Listrik pun akan meroket penggunaannya.

Jika ingin awet, setidaknya AC harus rutin dibersihkan minimal dua bulan sekali. Namun, bila intensitas penggunaannya setiap hari,  cara merawat AC secara berkala bisa dilakukan dengan membersihkannya sebulan sekali. Panggil saja teknisi langganan untuk melakukannya.

3. Hilangkan kebiasaan buruk sebagai cara mengatasi AC boros listrik

cara atasi ac boros listrik

Ada kesalahan kecil yang bisa membuat AC boros listrik. Diantaranya faktor lupa merapatkan pintu dan jendela. Dengan udara dingin yang terus keluar dari celah pintu, penggunaan AC jadi lebih ekstra. Walhasil, pemakaian listrik pun berbanding lurus dengan kerja AC yang berlebih.

Adapun cara mengatasi AC boros listrik antara lain, memastikan semua sudut ruangan tertutup rapat sehingga tak ada udara yang keluar percuma. Setelahnya, AC akan otomatis kembali berjalan normal sehingga suhu ruangan sama dengan suhu remote.

Solusi lainnya, memilih AC hemat listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu sesuaikan pula dengan kocek dipunya agar tidak membebani di kemudian hari.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.