Diperbaharui pada Kamis, 17 Februari 2022 | 13:53

Cara Membuat Email Terhapus Otomatis Setelah Dibaca

Cara Membuat Email Terhapus Otomatis Setelah Dibaca-0Foto: Pixabay

Gmail memiliki fitur untuk meningkatkan proteksi terhadap email, yang memungkinkan pengirim email untuk menentukan tanggal kadaluarsa, sehingga email tersebut akan terhapus secara otomatis.

Peningkatan proteksi terhadap email ini akan membuat segala pesan surat elektronik yang dikirimkan tidak dapat dicopy, forward, dan reply oleh penerima email. Artinya, email ini hanya bisa dibaca, untuk kemudian hilang setelah melewati tanggal kadaluarsa.

Saya tertarik dengan fitur Gmail yang disebut sebagai ‘Confidential Mode’ ini dan memutuskan untuk mencobanya secara langsung. Cara untuk mengatur tanggal kadaluarsa email pada Gmail sangat mudah.

Cara Mengatur Tanggal Kadaluarsa Gmail

cara mengatur confidential mode gmail

Untuk mengatur tanggal kadaluarsa pada Gmail, saya melakukan langkah-langkahnya seperti halnya ketika kita akan membuat email baru.

Memulai email:

  1. Buka akun Gmail yang akan digunakan.
  2. Klik pada tombol ‘Compose’ untuk mulai menulis email.
  3. Setelah jendela email baru terbuka, isi alamat email yang dituju, judul email, dan tuliskan pesan yang ingin dikirimkan.

Cara Membuat Email Terhapus Otomatis Setelah Dibaca-2

Mengirimkan email:

  1. Bila sudah, klik gambar ikon bergambar gembok dan jam. Bila Kursor diarahkan ke ikon tersebut, mana akan muncul tulisan ‘Turn confidential mode on / off’.
  2. Pada jendela pop-up yang muncul, pilih tanggal kadaluarsa yang diinginkan.
  3. Pilihan salah satu tanggal kadaluarsa mulai dari 1 minggu, hingga 5 tahun, lalu klik ‘Save’.
  4. Pengirim email juga bisa memilih untuk menggunakan kode SMS atau tidak, untuk membuka email.
  5. Setelah selesai, kirim email seperti biasa dengan klik tombol ‘Send’.

Kelebihan Confidential Mode

Cara Membuat Email Terhapus Otomatis Setelah Dibaca-3

Pesan yang terkirim dengan Confidential Mode akan memiliki penanda tanggal kadaluarsa yang muncul pada bagian bawah email penerima.

Saya mencoba untuk menyalin email yang saya terima tersebut dan memang tidak bisa. Pada laptop, Kursor tidak bisa digunakan untuk memblok teks pada email, begitupun ketika mencobanya pada smartphone, muncul pesan teks tidak bisa dicopy.

Selanjutnya, saya mencoba untuk membalas email tersebut, dan hasilnya, hanya terlihat halaman kosong pada draft email balasan, dimana pesan dalam email yang saya terima, tidak muncul sama sekali.

Hal yang sama terjadi ketika saya akan memforward email dengan Confidential Mode. Tidak muncul teks apapun pada draft email. Sebagai fitur keamanan, menurut saya kehadiran Confidential Mode ini cukup membantu, terutama ketika akan mengirimkan email yang berisi pesan sensitif.

Kekurangan Confidential Mode

Meski Confidential Mode memberikan kelebihan berupa keamanan tambahan terhadap pesan yang terkirim, namun fitur ini masih memiliki loophole, alias kekurangan.

Memang pesan yang terkirim tersebut tidak dapat dicopy, forward, dan reply, namun ketika saya mencoba untuk melakukan screenshot di laptop dan smartphone, hal ini masih dapat dilakukan.

Kesimpulan

Confidential Mode pada Gmail sangat bermanfaat untuk mengirimkan email yang sifatnya hanya untuk dibaca sekali saja. Terlebih lagi, dengan adanya tanggal kadaluarsa, maka tidak akan memenuhi inbox, karena akan hilang dengan sendirinya.

Namun sebagai media untuk mengirimkan email yang bersifat sangat rahasia, rasanya masih perlu pertimbangan pada penggunaannya, karena penerima email masih bisa melakukan screenshot pada perangkat yang digunakan untuk membuka email.

Semoga kedepannya hal ini menjadi perhatian Google dengan terus meningkatkan fitur keamanan pada Gmail.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1519 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.