Diperbaharui pada Selasa, 10 Januari 2023 | 16:29

5 Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Force Close Sendiri

Cara mengatasi aplikasi android menutup sendiriFoto: Pexels

Permasalahan pada aplikasi seringkali dialami oleh para pengguna Android, salah satunya adalah Force Close atau aplikasi yang menutup sendiri saat sedang dibuka. Masalah ini biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi ‘Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately, App Has Stopped”.

Tentunya ini sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas dalam penggunaan aplikasi. Masalah ini biasanya disebabkan oleh penyimpanan pada hp yang terlalu penuh, atau mungkin sistem operasi yang tidak mendukung. Bagaimana cara mengatasinya? 

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close

Bagi kalian yang pernah atau bahkan sering mengalami masalah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi aplikasi keluar sendiri secara tiba-tiba di hp Android.

1. Hapus Chace Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi yang Menutup SendiriFoto: Pexels

Masalah ini sering muncul dengan kontak, galeri, dan aplikasi peluncur. Prosedur untuk memperbaikinya biasanya selalu sama.

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih “Aplikasi dan Pemberitahuan”, lalu “Info aplikasi”.
  3. Scroll ke bawah, temukan aplikasi yang error dan ketuk di atasnya.
  4. Di menu berikutnya, tekan “Storage”.
  5. Kemudian pilih “Hapus cache”.

Hapus cache adalah opsi untuk menyingkirkan data yang disimpan dalam aplikasi tersebut. Cache pada aplikasi yang penuh memungkinkan aplikasi menutup sendiri saat sedang dibuka. 

Oleh karena itu, langkah awal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menghapus cache aplikasi.

2. Periksa Kartu SD

Penyebab masalah aplikasi yang sering menutup sendiri saat dibuka juga bisa disebabkan oleh kartu memori yang rusak. Jika kartu memori rusak, maka aplikasi apa pun yang tersimpan akan mengalami permasalaan semacam ini.

Untuk memeriksanya, cukup keluarkan kartu memori dan buka kembali aplikasi yang bermasalah. Jika berhasil, maka permasalahanmu adalah kartu memorinya. Namun, jika kamu tidak menggunakan kartu memori, kamu bisa melewati langkah ini dan coba cara berikutnya.

3. Reinstall Aplikasi

Aplikasi yang error dan suka menutup sendiri bisa juga disebabkan karena permasalahan bawaan dari aplikasi itu sendiri. Untuk membuktikan hal ini, kamu hanya perlu menguninstall aplikasi tersebut, kemudian install kembali dari Google Play Store.

4. Restart Hp

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan jika belum juga berhasil adalah mereset hp kamu dengan mematikannya dan menyalakannya kembali.

Permasalahan aplikasi yang sering menutup sendiri secara paksa juga bisa disebabkan karena hp kamu “Lelah” karena telah dihidupkan untuk waktu yang lama.

Hp kamu tentunya butuh sedikit waktu untuk melakukan pemulihan. Karenanya, cobalah restart hp dan tunggu beberapa saat untuk menggunakannya kembali.

Sebaiknya matikan hp setiap beberapa hari selama beberapa menit, ini akan membantu hp yang lambat dengan berbagai masalah, baik yang terkait dengan aplikasi, jaringan, audio, atau email.

5. Reset Hp

Jika semua solusi diatas telah kamu lakukan, tapi belum juga berhasil untuk mengatasi masalahmu, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mereset hp ke pengaturan ulang pabrik.

Reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan pada hpmu, dan mengembalikannya ke pengaturan default pabrik. Ini akan membantumu mengatasi segala macam masalah pada hp.

Sebelum melakukan tindakan ini, sebaiknya kamu mem-backup semua data penting dari hp ke perangkat lain agar tidak kehilangan data penting tersebut.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi yang sering keluar sendiri saat sedang dibuka. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1251 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.