Diperbaharui pada Rabu, 9 Februari 2022 | 13:23

Cara Backup Data di PS4 Untuk Main di PS5, Bisa Gratis dan Berbayar!

Cara Mudah Backup Data di PS4Foto: Pixabay

Sony memberikan kemudahan untuk para pengguna PlayStation 4 dalam proses backup data, ini juga berguna jika masih ingin menggunakan data ini di PlayStation 5.

Nah, bagi para pengguna PS4 yang berfikir untuk bermigrasi ke PS5 pastikan untuk selalu membackup data untuk memastikan permainanmu tersimpan dengan baik.

Backup data ini dilakukan untuk menghindari data yang hilang ketika melakukan format pada konsol game PS4. Sony menyarankan agar para pengguna PS4 melakukan backup data secara rutin. 

Ada dua cara yang ditawarkan Sony PlayStation untuk proses backup data di konsol game PS4, baik menggunakan penyimpanan Cloud maupun USB.

Berlangganan Playstation Plus

Cara Mudah Backup Data di PS4Foto: PlayStation

Sony telah membuat proses backup menjadi sangat mudah dengan adanya layanan PlayStation Plus. Jika kamu berlangganan PlayStation Plus, kamu bisa melakukan backup data dengan menggunakan Cloud seperti cara berikut.

Cara Backup Data PS4 dengan Cloud 

  1. Masuk ke menu pengaturan PS4.
  2. Klik “Application Saved Data Management”.
  3. Pilih Unggah Otomatis.
  4. Pilih game mana yang ingin kamu upload secara otomatis.

Kamu bisa berlangganan PlayStation Plus mulai dari Rp 89.000 per bulan, Rp 229.000 per tiga bulan, atau Rp 559.000 per tahunnya. Dengan berlangganan, kamu akan mendapatkan akses ke penyimpanan Cloud Sony. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya, mendapat game gratis yang dapat diunduh setiap bulannya, bermain online dengan teman, dan masih banyak penawaran menarik lainnya.

Menyimpan Data Secara Manual

Cara Mudah Backup Data di PS4Foto: PlayStation

Untuk kamu yang tidak berlangganan PlayStation Plus, jangan khawatir. Ada cara lain untuk backup data game PS4 kamu, yaitu dengan menggunakan USB Drive. 

Cara Backup Data PS4 dengan USB Drive

  1. Colokan USB Drive ke PS4.
  2. Buka menu PS4, dan masuk ke pengaturan.
  3. Klik “Application Saved Data Management” untuk mengakses menu.
  4. Pilih “Data Tersimpan” di Penyimpanan Sistem.
  5. Pilih “Copy” ke Perangkat Penyimpanan USB.
  6. Pilih setiap file yang ingin disimpan.
  7. Setelah semua data dipilih, klik Salin.

Data Aman, Main Seru!

Dengan dua cara ini, data pada PS4 kamu akan tersimpan dan dapat diakses dari sistem lain. Membackup data PS4 sebaiknya kamu lakukan secara rutin untuk berjaga-jaga agar data tidak hilang. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1173 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.