7 Keunggulan Snapdragron 855, Prosesor Terbaik Saat ini!

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 4 Jun 2019 | 07:53

Snapdragron 855image via Qualcomm

Hampir setiap produsen chipset mobile memiliki seri chipset kelas tertinggi. Seperti Qualcomm yang memiliki prosesor Snapdragon 855 sebagai chipset terbaik, di mana seri tersebut menawarkan performa paling kencang dan penambahan sederet fitur canggih sebagai peningkatan dan perbaikan dibandingkan chipset sebelumnya, Snapdragon 845.

Digunakan oleh hp flagship, kekuatan Snapdragon 855 chipset terbaik dipercaya dapat mendongkrak kecepatan dan kekuatan dari fitur-fitur yang disematkan, mulai dari kamera, konekvitas, baterai, hingga kualitas audio.

Di artikel ini, kami akan membagikan informasi terkait keunggulan Snapdragon 855 sebagai chipset terbaik di tahun 2019 ini. Nah, apa saja keunggulannya?

1. Performa Lebih Ngebut

Snapdragron 855
Chipset mobile Qualcomm Snapdragon 855 merupakan generasi penerus dari Snapdragon 845. Jika seri lamanya menggunakan teknologi pemrosesan 10 nm, seri anyarnya ini telah menggunakan teknologi pemrosesan 7nm sehingga performa yang dihasilkan jauh lebih efisien.

Dengan dukungan CPU Kyro 485 dan Adreno 640 pada GPU, tentu saja Snapdragon 855 dapat bekerja lebih kencang dalam memproses berbagai tugas. Tak hanya itu, chipset ini pun memiliki satu inti core power dengan clock speed 2,84 GHz, ditambah tiga inti core power lain dengan clock speed 2,42 GHz dan empat inti core power sebagai penghemat daya hingga 1,8 GHz.

Di atas kertas, peningkatan inti tersebut membuat Snapdragon 855 bekerja lebih gegas. Bahkan, Qualcomm juga mengklaim bahwa Snapdragon 855 merupakan chipset terbaik karena sanggup hasilkan performa 45% lebih cepat dan pengolahan grafis 20% lebih cepat ketimbang Snapdragon 845.

2. Kemampuan Gaming yang Prima

Snapdragron 855
Melalui CPU dan GPU kencang tersebut, tentu saja Snapdragon 855 sangat andal dipakai untuk gaming. Tak hanya mengandalkan hal tersebut, Qualcomm juga menyematkan fitur bernama Snapdragon Elite Gaming Experience yang sanggup mengasilkan kualitas warna layar sinematik sehingga kamu bisa bermain game melalui visual yang lebih nyata.

Tentu saja, penyematan fitur tersebut disebabkan karena penggeseran penggunaan PC dan konsol game ke produk hp untuk gaming. Selain itu, ukuran file game yang besar dan kualitas grafis yang tinggi pun memerlukan performa yang lebih kuat, di mana hal ini dinilai berhasil ditunjang oleh Qualcomm melalui seri chipset Snapdragon 855.

3. Dukungan Kecerdasan Buatan Lebih Baik

Snapdragron 855
Selain performa, Snapdragon 855 chipset terbaik juga mengedepankan fungsi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Qualcomm mengklaim bahwa chipset ini mempunyai kinerja AI yang sangat baik berkat adanya dukungan Qualcomm AI Engine generasi keempat yang sanggup melakukan 7 trillion operations per second1 (7 TOPs) dan 3 kali lipat performa AI ketimbang generasi lamanya.

Bahkan, peningkatan pun terjadi pada sektor GPU yang sanggup menampung hingga 50 persen arithmetic logic units 2 dan CPU yang mampu ditambahkan berbagai instruksi baru. Kembali ke Qualcomm AI Engine, teknologi tersebut juga mampu memberikan peningkatan pada Google Android NN-API, Hexagon NN, Qualcomm Neural Processing SDK dan Qualcomm Math Library.

Tak lupa, jaringan pun dirancang lebih presisi untuk meningkatkan pengalaman pengguna, termasuk asisten suara yang jauh lebih canggih untuk meminimalisir noise.

4. Baterai Lebih Hemat

Pembuatan Snapdragon 855 dengan fabrikasi 7nm memberikan dampak pada efisiensi baterai. Ya, jika dibandingkan chipset seri sebelumnya, Snapdragon 855 diklaim sanggup menghemat baterai hingga 1,5 jam saat dipakai mengakses jejaring sosial media ataupun dipakai bermain game PUGB secara terus menerus.

5. Kualitas Kamera Lebih Andal

Snapdragron 855
Snapdragon 855 chipset terbaik ini pun telah dilengkapi fitur Computer Vision Image Signal Processor (CV-ISP) pada Spectra 380 ISP untuk meningkatkan kemampuan fotografi. Berkat fitur tersebut, Snapdragon 855 dapat dioptimalkan dengan dua kamera belakang berkekuatan 22 MP pada 30 fps atau satu kamera tunggal berkekuatan 48 MP pada 30 fps.

Beralih pada kemampuan perekaman video, chipset ini dapat merekam video beresolusi 4K HDR pada 60 fps melalui kamera belakang atau perekaman HDR 10+ dari kamera depan dan fitur slo-mo beresolusi 720p hingga 480 fps.

6. Konektivitas Lebih Kencang

Snapdragron 855
Fitur konektivitas juga menjadi highlights pada Snapdragon 855. Chipset ini dilengkapi dukungan koneksi 5G dengan modem 5G X50 pada frekuensi Sub-6 GHz dan mmWave yang diklaim dapat menghasilkan kecepatan super tinggi dan belum ada di komunikasi seluler sebelumnya. Tak hanya itu, konektivitas 4G multi-gigabit pun turut mendapatkan peningkatan melalui dukungan modem LTE Snapdragon X24.

7. Pengalaman Audio yang Ditingkatkan

Terakhir, Snapdragon 855 juga meningkatkan dukungan kualitas suara dengan audio codec Qualcomm aptX Adaptive. Fitur ini dirancang khusus untuk memaksimalkan audio nirkabel melalui kombinasi audio premium dan latensi rendah untuk meningkatkan pengalaman saat bermain game dan multimedia.

7 kelebihan Snapdragon 855 di atas tentu saja dapat dinikmati melalui sederet hp flagship yang ada di pasaran. Nah, apakah kamu pernah merasakan kehebatan dari chipset super Snapdragon 855 ini?

Artikel Terkait

Komentar