Diperbaharui pada Selasa, 28 Mei 2019 | 15:09

Aplikasi untuk Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H

Hari Raya Idul Fitri 1440H akan segera tiba. Di momen gembira ini, semua umat Islam bersuka cita untuk merayakan Lebaran dengan berbagai cara. Tak hanya mengucap syukur kepada Allah SWT, momen Lebaran pun kerap dipakai sebagai ajang silaturahmi antar keluarga, sahabat maupun teman-teman.

Makna Hari Idul Fitri 1440H sendiri berkaitan erat dengan tujuan yang dicapai dari puasa selama bulan Ramadhan, yakni kembali menjadi suci. Setelah berpuasa selama 30 hari, umat Islam merasa telah diampuni dosa-dosanya sehingga akan memperoleh status kembali menjadi suci.

Idul Fitri terjadi pada tanggal 1 Syawal. Pada awal pagi hari, umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri yang biasanya di tanah lapang ataupun jalanan raya. Sebelum salat dilakukan, umat Islam juga memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah berupa bahan pangan seberat 2,5 kilogram yang bertujuan untuk memberikan kebahagiaan pada kaum fakir miskin.

Pada malam hari sebelum dan sesudah salat Idul Fitri, umat Islam juga disunnahkan untuk mengumandangkan takbir, lalu dilanjutkan dengan doa. Setelah itu, umat muslim di Indonesia melakukan tradisi bermaaf-maafan, bersilaturahmi, hingga melakukan ziarah untuk mengunjungi kuburan.

Ucapan Selamat Hari Idul Fitri 1440H

Ucapan Selamat Hari Idul Fitri 1440H
Dalam mengucapkan selamat Idul Fitri, terdapat beberapa ucapan yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa mengucapkan “Minal’ Aidin wal-Faizin” yang merupakan tradisi masyarakat Asia Tenggara dan berasal dari seorang penyair bernama Shafiyuddin Al-Huli dan jika diartikan secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti “orang-orang yang kembali sebagai orang yang menang”.

Selain itu, kamu juga bisa mengucapkan “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad dan berarti Semoga Allah menerima amal kami dan kalian. Namun, kalimat sederhana seperti “Selamat Hari Idul Fitri 1440”, “Selamat Lebaran” ataupun “Mohon Maaf Lahir dan Batin” juga bisa kamu ucapkan karena tidak mengurangi dari esensi dari momen Idul Fitri yang sedang kamu rayakan.

Jika masih bingung, kamu bisa download aplikasi ucapan Lebaran yang banyak tersedia di Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan banyak kalimat ucapan Lebaran yang menarik. Tidak hanya berupa ucapan Lebaran saja, tapi dipadukan dengan gambar yang menarik. 

Cara Bikin Ucapan Hari Idul Fitri 1440H dengan Aplikasi

Di era tahun 90-an, pemberian ucapan Idul Fitri menggunakan kartu ucapan sangatlah populer. Untungnya, generasi milenial sudah dimudahkan untuk mengirimkan ucapan secara digital. Cukup menggunakan hp dan internet, kamu bisa mengucapkan Selamat Lebaran secara cepat dan praktis melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp, LINE, SMS ataupun telepon.

Khusus untuk kamu yang ingin berkreasi, di bawah ini terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ucapan Selamat Idul Fitri 1440 secara digital. Yuk, kita simak selengkapnya!

1. Buat Kartu Ucapan Hari Idul Fitri 1440H Menggunakan Canva

Pertama, kamu bisa membuat kartu ucapan Idul Fitri 1440H menggunakan aplikasi Canva yang bisa diunduh melalui Google Play Store maupun melalui situs desktop. Pada aplikasi ini, kamu bisa membuat kartu ucapan dari nol, mengatur layout, hingga menambahkan elemen pada kartu sehingga tampilannya semakin estetik.

Supaya lebih mudah, terdapat pula layout yang sudah disediakan oleh Canva sehingga kamu tinggal melakukan kostumisasi, seperti menambahkan tulisan, mengubah warna, mengubah font, hingga mengganti background gambar.

2. Buat Kartu Ucapan Hari Idul Fitri 1440H Menggunakan Adobe Spark Post

Selain Canva, aplikasi lain yang bisa kamu pakai untuk membuat kartu ucapan Idul Fitri 1440H adalah Adobe Spark. Pertama-tama, kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store, lalu akses aplikasi dan login menggunakan akun Adobe/Google/Facebook. Setelah itu, buat kartu ucapan dari nol melalui pilihan layout, ikon, gambar, teks yang tersedia di dalam aplikasi. Bahkan, kamu juga bisa mengatur komposisi warna dan mengatur desain tulisan yang ingin kamu buat secara mudah. 

Cara Bikin Ucapan Hari Idul Fitri 1440H Bergerak

Jika kedua aplikasi di atas memudahkan kamu membuat kartu digital untuk ucapan Selamat Hari Idul Fitri 1440H, terdapat cara lain yang memungkinkan kamu membuat kartu ucapan bergerak dalam format GIF dan membagikannya melalui sosial media ataupun WhatsApp. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak panduannya berikut:

  • Install aplikasi PicsArt Photo Studio melalui Google Play Store (Android) ataupun App Store (iOS). Ini adalah aplikasi editing foto yang memungkinkan kamu mengubah foto menjadi bergerak dalam format GIF.
  • Setelah pemasangan berhasil, buka aplikasi PicsArt dan lakukan login menggunakan akun Facebook atau Google.

  • Klik tanda plus (+) pada bagian bawah aplikasi untuk menambahkan foto.

  • Kemudian, silahkan pilih foto yang akan kamu edit. Lakukan editing sesuai keinginan untuk memotong gambar, mengatur gradasi, hingga menambahkan efek dan stiker menggunakan fitur yang terdapat pada bagian bawah.

  • Setelah selesai, klik tanda panah pada bagian kanan atas.
  • Silahkan klik ikon GIF dan tunggu aplikasi memproses gambar kamu selama beberapa detik.
  • Pilih opsi simpan ke dalam galeri hp atau langsung membagikannya ke aplikasi lain seperti aplikasi chatting atau sosial media.

Selamat mencoba!

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts