Diperbaharui pada Kamis, 3 Agustus 2017 | 16:30

7 Teknologi Samsung yang Inovatif dan Diikuti Vendor Lain


Selama kuartal pertama tahun 2017, pabrikan asal Korea Selatan, Samsung, tercatat sebagai posisi market share terbanyak. Samsung berhasil menjual hape sebanyak 26.1% di dunia, mengalahkan merek global lain sekelas Apple, Huawei dan OPPO.

Tentunya, keberhasilan Samsung diraih berkat banyaknya inovasi yang dilakukan di pasar smartphone, bahkan beberapa diantara inovasi yang dibuatnya berhasil menjadi tren dan diikuti oleh merek lain.

Nah, apa saja fitur Samsung paling inovatif dan berhasil menjadi pionir bagi hape merek lain? Berikut daftarnya!

1. Iris Scanner

Pertama kali, teknologi Samsung berupa pemindai mata ini diperkenalkan di seri Galaxy Note 7. Fitur Biometric Recognition pada hape high-end Samsung tersebut bisa dipakai untuk berbagai macam fungsi, seperti membuka home screen hanya dengan menatap layar hape tanpa harus memasukkan nomor PIN, memindai sidik jari, atau menggambar rangkaian pola dari titik-titi.

Masih soal Iris Scanner, kemampuan lain yang bisa Anda manfaatkan adalah membuka kunci pada folder rahasia, login di berbagai situs website, serta layanan pembayaran Samsung Pass yang juga terintegrasi dengan aplikasi PayPal dan eBay.

2. Face Recognition 

Fitur Samsung inovatif lainnya masih dari sektor keamanan. Pertama kali diperkenalkan di Samsung seri Galaxy S, Face Recognition bekerja dengan mengenali dan merekam wajah pengguna pada memori hape untuk dipakai sebagai kunci pengaman layar lockscreen. Saat Anda ingin membuka kunci, maka Anda hanya cukup memengang hape di hadapan wajah seperti saat berfoto selfie, lalu hape akan mengenali wajah Anda secara otomatis melalui kamera depan, sehingga lebih cepat dan praktis.

3. Layar Curved


Selain inovatif dalam mengembangkan panel jenis Super AMOLED yang juga kini dipakai oleh hape merek lain, Samsung melakukan inovasi lain di sektor layar dengan tawarkan konsep layar lengkung, pertama kali bisa ditemukan pada seri Galaxy Note Edge yang memiliki satu sisi layar lengkung.

Tidak cukup disitu saja, Samsung pun terus mengembangkan teknologi ini, dimana hape generasi selanjutnya, Galaxy S6 Edge, hadir dengan layar lengkung pada kedua sisi. Selain tampil estetik dan futuristik, layar lengkung tersebut memungkinkan Anda untuk melihat informasi dengan cepat, misalnya notifikasi, jam dan cuaca.  

4. Multi Windows

Teknologi Multi Windows dari Samsung hadir pertama kali pada hape Galaxy Note generasi pertama. Dengan fitur ini, Anda bisa membuka dua aplikasi dalam waktu bersamaan di satu layar, misalnya bagian atas dipakai untuk membuka YouTube, sementara layar bagian bawah dipakai untuk mengirim e-mail.

Meskipun fitur Samsung ini sudah eksis dalam waktu lama, namun nyatanya banyak hape merek lain yang baru tertarik mengadopsinya. Salah satunya adalah hape Xiaomi yang kini didukung dengan MIUI 9, berisikan fitur Split Screen yang kinerjanya mirip, dimana kemampuan ini pun menjadi fitur utama yang dibawa OS Android 7.0 Nougat.

5. Dual Recordings

Hampir semua hape dilengkapi dengan fitur dual kamera yang ditempatkan di bagian depan dan belakang. Namun, hanya Samsung lah yang bisa membuat kedua kamera tersebut bisa dioperasikan secara bersamaan, pertama kali diadopsi pada Samsung Galaxy S4 dengan nama Dual Recordings.

Dengan adanya fitur Dual Recordings, Anda bisa merekam video dari kamera depan dan belakang dengan resolusi 1080p di dalam satu tayangan, tentu saja berguna saat ingin melakukan reportase suatu kejadian dan membuat informasi yang Anda bagikan lebih terkesan akurat.

6. Heart Rate Sensor

Teknologi Samsung bernama Heart Rate Sensor ini pertama kali diadopsi pada Samsung Galaxy S5. Ditempatkan di bagian belakang dekat kamera, Anda hanya tinggal menempelkan ujung jari untuk menggunakannya.

Fungsinya, Heart Rate Sensor bisa memonitor detak jantung dan Anda bisa menganalisinya mengenai kesehatan jantung tersebut. Selain itu, fitur Samsung ini juga terintegrasi pada sejumlah perangkat jam tangan pintar yang dibuatnya, seperti Samsung Gear, Samsung Gear Fit dan Samsung Gear ICON X.

7. Signal Max

Terakhir adalah fitur bernama Signal Max. Fitur Samsung ini bisa Anda temukan pada hape kelas menengah seperti Samsung Galaxy J5 2016, Samsung Galaxy J7 2016, Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7. Dengan fitur ini, hape tersebut bisa menangkap sinyal dengan lebih optimal sehingga koneksi data tidak akan terganggu dan Anda bisa melangsungkan komunikasi tanpa menemukan kendala.

Baca juga artikel :

Samsung J3 Pro Banyak Dicari, Bagaimana Harga dan Garansinya? 

Sudah Dipasarkan, Ini Harga Samsung J5 Pro dan J7 Pro di Sentra Hape 

Samsung J3 Pro vs J2 Prime, Duel Dua Hape Terjangkau  

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts