Diperbaharui pada Senin, 27 April 2015 | 15:09

Powerbank Xiaomi dan Yoobao: Kapasitas 5200mAh Harga di Bawah Rp100 Ribu

Harga powerbank kian kemari semakin terjangkau dan kapasitasnya pun terbilang besar. Untuk saat ini, dengan kapasitas 5200mAh Anda bisa memilih powerbank Xiaomi dan Yoobao yang bisa dibilang banderolnya cukup miring.

Yoobao terbilang pemain lama dan cukup menjanjikan produk-produknya, sedangkan Xiaomi masih terbilang baru karena melihat peluang dengan suksesnya produk smartphone besutan mereka seperti Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi Note dan lainnya. Maka dari itu kemudian Xiaomi tertarik untuk menjajal peruntungannya bermain powerbank di pasar Tanah Air. Sebelum melihat produk apa saja yang tersedia, ada baiknya mengetahui beberapa hal penting sebelum membeli powerbak.

Tak kenal maka tak sayang

Kenali gadget yang digunakan. Nantinya berguna pas mau beli portable charger. Mulai dari port hingga kapasitas baterai. Saat berhadapan dengan pedagang, jangan asal percaya kata-katanya, pasti semua powerbank yang dijual dibilang bagus. Coba cek di kardusnya, di sana ada aturan mainnya. Kalau kapasitas baterai gadget Anda 1200 mAh, kapasitas powerbank harus di atas itu, makin besar makin baik.

Proteksi

Tadi disebutkan makin besar kapasita powerbank makin baik. tapi bukan asal pilih, lihat dulu fitur-fitur keamanan yang dimilikinya. Paling bahaya dari listrik adalah arus pendek. Jika tidak ada fitur shot circuit protection (pemutus arus pendek) dari powerbank, maka tak hanya powerbank yang rusak, gadget Anda pun bisa kena musibah itu. Biasanya terjadi akibat kabel data yang digunakan, makanya ganti kabel data powerbank dengan punya gadget Anda, itu lebih terjamin kualitasnya, dan lebih stabil dalam mengalirkan arus lisrik.

Cerita seorang teman, kala memakai powerbank baterai gadgetnya malah melembung. Bisa jadi karena  powerbank yang digunakan tidak otomatis berhenti jika pengisian baterai sudah penuh, makanya cari yang ada fitur over charging protection. Jadi biar ditinggal tidur pun atau lupa, tidak masalah, karena pengisian otomatis berhenti jika baterai sudah penuh.

Powerbank yang baik juga disertai fitur temperature protection, yang akan mendeteksi panas yang berlebih pada saat pengisian baterai.

Out put keluaran powerbank juga harus diperhatikan. Lebih besar atau sama dengan out put yang tertera di baterai gandget Anda.  Inilah mengapa kadang kala, powerbank tidak berfungsi pada gadget tertentu. Memang susah memastikannya kalau bukan merk terkenal, karena yang tertulis di box belum tentu menjanjikan out put yang real. Lebih bagus lagi kalau memakai powerbank yang sudah punya UL certification (standar kualitas powerbank).

Perlu diingat juga bahwa kapasitas powerbank yang dimiliki tidak menjanjikan pengisisan yang sesuai. Kehilangan daya atau lost power waktu pengisian bisa saja terjadi. 

Makanya out put yang baik akan memberikan pengisian yang baik pula. Umumnya tegangan yang diperlukan untuk pengisian perangkat adalah 5V DC, idealnya powerbank mempunyai standar tegangan yang sama, namun banyak powerbank out put-nya di bawah itu, makanya sering terjadi lost power.

Kelengkapan Powerbank

Sama seperti baterai pada umumnya, di dalam powerbank ada yang namanya sel baterai. Sel baterai yang baik akan menyimpan dan menyalurkan listrik dengan baik. Coba teliti dibagian box, biasanya powerbank berkualitas mencantumkan merek sel baterai, misalnya Japan Cell dan Samsung Cell.  Terpenting adalah powerbank yang dibeli punya garasi, minimal satu tahun. Portable charge yang baik juga dilengkapi indikator lampu. Warna tertentu atau kedipan tertentu menandakan sesuatu, misalnya pengisian sudah penuh atau sisa daya di powerbank tersebut.

Powerbank Berkapasitas 5200 mAh di bawah Rp100 ribu

Untuk kapasitas 5200mAH di bawah harga 100an ribu rupiah tentu saja pilihannya pada produk powerbank Xiaomi dan Yoobao. Berbagai pilihan dan jenisnya bisa dilihat di bawah ini.

 

No Power Bank Harga Terendah
1 Xiaomi 5200mAh Silver Rp  99,900
2 Xiaomi 5200mAh Gray Rp  99,000
3 Xiaomi 5200mAh Golden Rp  99,000 
4 Yoobao Magic Wand YB-6012 5200mAh Golden Rp  89,000
5 Yoobao Magic Wand YB-6012 5200mAh Silver Rp  89,000
6 Yoobao Magic Wand YB-6012 5200mAh Pink Rp  89,000
7 Yoobao Magic Wand YB-6012 5200mAh Green Rp  89,000

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menari

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Like us!

Content Writter

946 Posts