Diperbaharui pada Rabu, 1 September 2021 | 09:30

Review TECNO Spark 7 NFC, Fitur NFC di Harga 1 Jutaan

harga tecno spark 7 nfc

TECNO Mobile resmi meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia, Spark 7 NFC, yang sekaligus menambah jajaran lini Spark Series mereka di Tanah Air, dengan menyorot pada fitur Near-Field-Comminication (NFC) yang diusungnya.

Beberapa keunggulan yang dibawa oleh TECNO Spark 7 NFC diantaranya adalah chipset MediaTek Helio A25, dual kamera utama, dan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh, di harga 1 jutaan. Berbekal fakta spek tersebut, saya penasaran ingin mencobanya langsung.

Pricebook telah mendapatkan unit TECNO Spark 7 NFC berwarna Magnet Black dan saya akan membuktikan sendiri performa hp ini, apakah sebanding dengan banderol harga yang ditawarkannya?

Unboxing TECNO Spark 7 NFC

harga tecno spark 7 nfc

Seperti pada TECNO Spark 7 Pro yang telah saya ulas sebelumnya, Spark 7 NFC juga datang dengan kotak yang didominasi oleh warna kuning, dengan tulisan ‘Spark 7 NFC’ besar berwarna biru metalik pada bagian depannya.

Bagian bawah dan belakangnya berisi detil dan informasi produk, termasuk spesifikasi unggulan dari unitnya, lalu setelah dibuka, saya langsung menemui unit Spark 7 NFC yang terbungkus oleh plastik pelindung.

Selain 1 unit perangkat smartphone Spark 7 NFC, kelengkapan yang ada di dalam kotaknya termasuk kepala charger, kabel charger micro USB, hard case transparan, lapisan anti gores, sim ejector, buku manual, kartu garansi, dan kartu perdana IM3.

Desain dan Layar

harga tecno spark 7 nfc

Perangkat yang saya gunakan dalam review ini adalah unit dengan warna Magnet Black yang tampilannya terlihat sangat premium, dengan desain layar depan yang mengusung kamera depan water drop di bagian tengah.

Secara umum, layar 6.55 inci yang diusung TECNO Spark 7 NFC cukup luas untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan hiburan mulai dari menonton streaming video, hingga bermain game.

Layar TECNO Spark 7 NFC ini berjenis TFT dan sudah beresolusi HD+ (720x1600 piksel), dengan tampilan yang cukup bagus, baik ketika saya menggunakannya di dalam maupun luar ruangan.

harga tecno spark 7 nfc

Beralih ke desain panel belakangnya, warna Magnet Black sangat dominan di bagian ini, dengan letak dual kamera pada sisi kiri atas dan pemindai sidik jari yang letaknya di tengah, agak lebih ke atas.

Pada bagian belakang ini juga terdapat grafir tulisan 'TECNO Spark' pada sisi kiri panelnya, dengan tekstur pada lapisan bodinya, yang secara keseluruhan, memberikan kesan premium pada hp ini.

harga tecno spark 7 nfc

Kesan pertama ketika saya memegang perangkat TECNO Spark 7 NFC adalah berat. Wajar saja, karena hp ini memiliki bobot 210 gram.

TECNO Spark 7 NFC memiliki dimensi 164.9x76x9mm yang untuk ukuran tangan saya, tidak kecil, dan tidak terlalu besar juga. Secara keseluruhan, hp ini cukup nyaman untuk digenggam dengan satu tangan, atau dua tangan ketika bermain game.

Teknologi dan Fitur NFC

Penamaan TECNO Spark 7 NFC tentunya untuk menonjolkan salah satu fitur andalan pada hp ini. Pada umumnya, fitur NFC disematkan pada hp kelas menengah dan premium, namun kini bisa didapatkan pada hp entry level di harga 1 jutaan.

Sebagai pekerja dengan rutinitas yang lumayan padat dalam satu hari, kehadiran fitur NFC buat saya cukup berguna, terlebih lagi dengan fitur ini, saya bisa mengurangi kontak fisik untuk melakukan pembayaran atau mengisi saldo e-money.

Selain untuk melakukan aktivitas tersebut, fitur NFC juga bisa saya manfaatkan untuk memudahkan produktivitas saat bekerja, terutama untuk berkirim dan menerima data atau file, hingga bertukar kontak.

Menggunakan fitur NFC pada hp 1 jutaan bagi saya merupakan satu kepuasan tersendiri, apalagi koneksinya cukup baik, dengan tingkat respon yang cepat saat saya mencobanya untuk mengecek saldo pada kartu e-money.

Kamera

harga tecno spark 7 nfc

Setiap melakukan ulasan smartphone, satu hal yang selalu membuat saya semangat adalah mencoba performa kameranya, dan itu adalah yang pertama kali saya lakukan untuk TECNO Spark 7 NFC.

Hp TECNO ini dibekali dengan dual kamera yang terletak pada panel belakangnya, yang terdiri dari kamera utama beresolusi 16 MP dengan teknologi AI, serta kamera QVGA.

Pada sisi depannya, ada kamera selfie beresolusi 8 MP. Pada spesifikasi kameranya disebutkan kalau kamera depan TECNO Spark 7 NFC mampu memotret dengan kualitas maksimum 3264 x 2448p dan kamera belakang di 3968 x 2976p, maka saya akan memaksimalkan penggunaannya tersebut.

Percobaan pertama saya lakukan dengan menggunakan lensa terlebarnya yang merupakan pengaturan standar pada kamera TECNO Spark 7 NFC, dengan memotret kompleks perumahan di siang hari.

harga tecno spark 7 nfcHasil foto dengan fokus pada langit.

Melalui pengaturan titik fokus, saya mengarahkan fokus pemotretan pada objek dan langit, dimana ketika saya mengarahkan fokus ke langit, warna pada hasil jepretan akan berkurang namun detil objek menjadi jelas terlihat.

Berbeda ketika fokus saya arahkan ke objek, detil jadi sedikit hilang, kontras warna langit menjadi over exposure, dan bayangan pada objek menjadi lebih pekat, sehingga ada beberapa detil objek yang juga hilang.

harga tecno spark 7 nfcHasil foto dengan fokus pada objek.

Selanjutnya, saya menggunakan fitur AI pada kamera untuk memotret beberapa objek yang ada di sekitar dan perlu saya akui, hasilnya cukup baik dan tajam, namun secara keseluruhan, kontras warna yang dihasilkan oleh kameranya agak sedikit luntur.

Walau begitu, tonal warna pada kamera TECNO Spark 7 NFC ini bila saya perhatikan, sedikit lebih baik dari TECNO Spark 7 Pro yang sangat dominan dengan warna kuning. Pada perangkat ini, warna kuningnya sedikit berkurang.

harga tecno spark 7 nfc

harga tecno spark 7 nfc

harga tecno spark 7 nfc

Kelemahan kamera pada TECNO Spark 7 NFC terlihat saat saya menggunakannya untuk memotret objek dengan memaksimalkan zoom-nya, dimana objek menjadi blur dan penuh dengan noise.

harga tecno spark 7 nfcHasil foto dengan zoom maksimum.

Selain itu, ketika saya memotret pemandangan di malam hari, hasil jepretannya terlalu gelap dan banyak detil-detil gambar yang hilang, selain juga banyak noise yang saya temukan pada foto.

harga tecno spark 7 nfcHasil foto pada malam hari.

Selanjutnya saya mencoba untuk merekam beberapa video menggunakan kamera belakang dan depannya. Hasil rekaman videonya standar untuk kelas entry dan menurut saya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan video yang tidak terlalu spesifik.

Secara keseluruhan, kamera pada TECNO Spark 7 NFC ini sudah cukup baik untuk kelasnya, dan memang hasil jepretan kamera untuk hampir semua hp di kisaran harga 1 jutaan pada umumnya juga tidak jauh berbeda.

Performa

harga tecno spark 7 nfc

Beralih ke performa, perangkat TECNO Spark 7 NFC yang saya gunakan dibekali dengan RAM 2 GB, dengan memori internal sebesar 32 GB, yang dapat ditambahkan hingga 128 GB menggunakan kartu memori eksternal.

Hp ini menggunakan sistem operasi Android 11, dengan prosesor MediaTek Helio A25, dan hal pertama yang ingin saya coba adalah menggunakannya untuk menonton video streaming dan bermain game.

Pada ulasan kali ini, saya menggunakan TECNO Spark 7 NFC selama seharian penuh, mulai dari jam 8 pagi, hingga sekitar jam 9 malam, dengan kondisi baterai penuh 100%, tanpa melakukan pengisian ulang daya.

Ketika digunakan untuk menonton tayangan video streaming, saya mencoba beberapa resolusi video mulai dari yang terendah, hingga yang tertinggi, dan tidak menemukan kendala yang terlalu mengganggu.

harga tecno spark 7 nfc

Seluruh tayangan yang saya tonton dapat diputar dengan baik dan resolusi gambarnya cukup baik, walau di resolusi video tertinggi, mulai terlihat transisi gambar yang tidak mulus, terutama pada adegan-adegan aksi. Namun hal ini wajar untuk hp entry.

Hal yang sama terjadi ketika saya mencoba untuk bermain beberapa game ringan hingga berat. Pada game ringan, tidak ada kendala yang saya temukan selama bermain.

Namun ketika mencoba game berat, mulai terlihat kendala umum yang biasa terjadi pada hp dengan RAM 2 GB seperti lag dan respon dan tampilan grafis yang melambat.

Performa TECNO Spark 7 NFC secara keseluruhan cukup baik dan bisa mendukung berbagai aktivitas hiburan yang tidak membutuhkan spesifikasi khusus. Namun bila Anda suka bermain game berat, maka hp ini kurang sesuai untuk dijadikan sebagai hp gaming.

TECNO Spark 7 NFC sangat cocok untuk digunakan binge watching series-series favorit di Netflix atau Disney+ Hotstar, atau untuk menikmati konten-konten video di Youtube dan bersosial media.

Pada penggunaan TECNO Spark 7 NFC selama seharian di uji performa ini, baterai yang tersisa ada pada angka 35%. Sangat awet, dan menurut saya, baterai 5000 mAh yang diusungnya adalah salah satu nilai jual untuk bahan pertimbangan.

Kesimpulan

Kesimpulan saya setelah menggunakan TECNO Spark 7 NFC selama seminggu, hp ini sudah memenuhi ekspektasi akan performa smartphone di kisaran harga 1 jutaan. Apalagi hp ini juga dibekali dengan fitur NFC yang saya rasa menjadi nilai jual lebihnya di pasaran.

Baterai jumbo 5000 mAh yang diusungnya juga menjadi alasan lain kenapa hp ini layak untuk dijadikan sebagai salah satu pertimbangan bagi Anda yang sedang mencari hp berperforma baik dengan harga dibawah 2 juta.

Harga TECNO Spark 7 NFC dibanderol di angka Rp 1.349.000, dan akan dijual secara eksklusif di JD.iD mulai tanggal 2 September 2021. Selama masa promonya, hp ini didiskon menjadi Rp 1.199.000 dengan Paket Data Bundling dari IM3 Ooredoo sebesar 72 GB selama periode Flash Sale. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 11
Ukuran Layar 6.55 inch
Screen Resolution 1600 x 720 Pixel
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Detail Prosesor Helio A25
Kecepatan CPU 1.8 GHz
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya -
Resolusi Kamera Depan 8 MP
NFC Ya
USB microUSB
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.