Diperbaharui pada Senin, 16 Agustus 2021 | 15:54

Review Umeda Tomo, Robot Vacuum Cleaner dengan Smartpath Mapping

review umeda tomo

Punya rumah sedikit lebih luas? Atau mungkin Anda tinggal di apartemen tapi sedikit sulit untuk mencari waktu membersihkan lantai, karpet atau bahkan tidak pernah cek kolong kasur Anda?

Terlebih di tengah kondisi saat ini kita dituntut untuk bisa bersahabat dengan pandemi yang sedang melanda kesehatan kita. Maka ada perlunya mempertimbangkan kebersihan tempat tinggal maupun lingkungan pekerjaan.

Tapi yang menjadi masalah sekarang adalah ketika keinginan untuk membersihkan sangat besar tapi dibarengi dengan tingkat malas yang juga besar karena kelelahan dengan rutinitas harian.

Beragam alasan mulai dari meeting hingga berbagai bentuk kegiatan video conferencing yang berhubungan tentang pekerjaan seringkali lebih menguras waktu dan juga pikiran yang berakibat pada kemalasan.

Solusi terbaik adalah mempercayakan kebersihan pada orang lain. Tapi jika hal tersebut tidak bisa terpenuhi, ada baiknya jika Anda mulai berfikir untuk melirik mesin vacuum cleaner terbaik atau bahkan menggunakan jenis robot vacuum cleaner yang bisa bekerja secara otomatis seperti Umeda Tomo Roboric Vacuum Cleaner.

Robot Vacuum Cleaner Umeda Tomo ini memiliki fitur yang tidak Anda dapatkan dari sebuah vacuum cleaner biasa. Bahkan setelah kami perhatikan selama masa pengujian, Tomo Robotic Vacuum Cleaner dari Umeda ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding lainya.

Selain menyedot debu layaknya fungsi standar mesin vacuum cleaner, Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner ini bisa juga mengepel lantai. Satu hal lagi yang membuat kami kagum dengan Tomo adalah build qualitynya yang premium dan suara mesinnya halus dibandingkan dengan yang pernah kita coba.

Kinerja Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner

Review Umeda TOMO1.0

Dari hasil uji yang sudah kami lakukan dalam bentuk penggunaan, Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner mampu bekerja dengan rapih. Tidak hanya sebatas ruangan kosong, kami juga coba menggunakan Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner ini pada ruangan yang penuh sekat dan furniture.

Hasilnya pun memuaskan dan tanpa kekhawatiran, termasuk pada kondisi lantai yang dilapisi dengan karpet tetap mampu bekerja dengan baik dalam menyedot debu.

Bicara tentang ruangan yang berfurniture, setiap sudut dijelajah dengan baik hingga di kolong-kolong meja, bahkan sampai ke kolong sofa dijangkau dengan baik Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner. Pasir, kotoran, debu, maupun sampah kertas langsung tersedot.

Ada satu perbedaan dasar dengan model Robotic Vacuum Cleaner biasa dengan Umeda Tomo, yakni sistem pemetaan. Jenis dan merek lainnya terbiasa melakukan pemetaan atau mapping wilayah dan obstacle terlebih dahulu, tapi Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner melakukan pemetaan dengan cerdas sekaligus melakukan tugas menyedot debu.

Cara Menggunakan Umeda Tomo Vacuum Cleaner

Umeda Tomo1.0

Umeda menyediakan remote control fisik untuk membantu pengguna menjalankan Tomo Robotic Vacuum Cleaner. Selain itu, Umeda juga melengkapinya dengan keberadaan ekosistem IOT yang menjadikannya smart vacuum cleaner komplit.

Dengan mengunduh aplikasi bawaan Tuya Smart Anda bisa langsung mengakses Tomo Smart Vacuum Cleaner terbaru ini. Proses pairingnya pun sangat mudah, Anda bisa melakukannya secara otomatis atau secara manual lewat hp Android ataupun iOS Anda.

TOMO menggunakan fitur auto smartpath dimana Tomo bergerak zigzag teratur dan menampilkan peta LIVE saat Tomo sedang bekerja sehingga Anda bisa melihat pola kerja si Tomo ini. Ketika Tomo selesai bekerja, Tomo otomatis akan kembali ke docknya. Canggih!

Ketika menggunakan pairing secara manual Anda hanya perlu memilih jenis dan kategori dari produk. Untuk dapat mengakses Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner, Anda cukup memilih kategori Small Home Appliances, kemudian pilih Robot Vacuum (WiFi).

umeda tomo smartpath

Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menekan tombol power pada Umeda Tomo Vacuum Cleaner selama 5 detik sampai lampu indikator LED berkedip cepat. Langkah selanjutnya kembali ke aplikasi di Hp Anda jika menggunakan Bluetooth lakukan search jika menggunakan jaringan WiFi masukkan Username dan Password WiFi Anda untuk mengakses.

Selanjutnya cukup tekan Next, lalu tunggu hingga tersambung dengan keberadaan Shortcut bertuliskan Tomo yang tersambung pada perangkat Hp Anda. Tekan Shortcut tersebut, dan Anda siap untuk mengakses langsung Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner via Hp.

Lebih Sehat dengan Filter Hepa

filter hepa umeda tomo

Soal kesehatan, tak perlu dikhawatirkan karena Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner ini sudah dilengkapi dengan filter Hepa pada kompartemen penampung debunya dan bisa dibersihkan atau diganti dengan mudah.

Keberadaan filter Hepa yang disediakan ini memberikan Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner kemampuan untuk membersihkan kuman disaat menyedot debu.

Fitur filter hepa seperti ini sedang banyak dicari dan menjadikan setiap produk Vacuum Cleaner dengan filter Hepa memiliki keuntungan lebih besar dalam lingkup menjaga kebersihan dan kesehatan.

Dan jenis fitur filter hepa biasanya hanya tersemat pada produk Vacuum Cleaner dengan harga yang mahal. Namun Umeda menghadirkan Tomo Robotic Vacuum Cleaner harga murah dengan beragam fitur smart yang lebih sehat ditambah keberadaan bermacam sensor yang menjadikannya lebih mewah dan menarik.

Selain filter Hepa, hal menarik lainnya adalah keberadaan sensor Anti Falling. Jenis sensor ini cukup langka untuk jenis Robotic Vacuum Cleaner, berbeda dengan sensor Anti Collision yang membuat smart vacuum cleaner ini membaca setiap pembatas yang menjadi penghalang di depannya saat sedang bekerja.

Sensor Anti Falling menjadikan Umeda Tomo Vacuum Cleaner menghindar dari obstacle yang lebih berbahaya, seperti lubang hingga perbedaan dataran seperti tangga atau batas teras rumah.

review umeda tomo 1.0

Kelengkapan lain adalah side brush, rolling brush, charging plate, serta water tank dan kain microfiber yang berfungsi untuk melengkapi fitur mengepel lantai.

Menyinggung soal charging plate, Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner dibekali dengan baterai Lithium 2200mAh, dan akan otomatis mengarah ke charging plate ketika baterai tersisa 5% saat sedang digunakan.

Suara Tomo tergolong halus, mesin Jepang memang berbeda. Kalo Tomo bekerja seruangan denganmu dijamin tidak terganggu karena mesinnya yang low noise jadi memberi kenyamanan disaat harus wfh.

Cara Memilih Robot Vacuum Cleaner

cara memilih robot vacuum cleaner

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih robot vacuum cleaner yang akan dijadikan sebagai senjata kebersihan rumah. Paling tidak beberapa alasan di bawah bisa menjadi cara memilih robot vacuum cleaner terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Luas area rumah yang akan dibersihkan

Besar, sedang atau kecilnya luas area yang harus dicover Robot Vacuum Cleaner menjadi syarat utama sebagai alasan terbaik memilih robot vacuum cleaner. Kalau besar sebaiknya pilih yang laser mapping, supaya bisa terkontrol ruangan mana yang belum terjamah oleh robot vacuum, dan ini mempermudah penugasan.

Bisakah robot vacuum cleaner lupa dengan Mappingnya? Bisa, dan ini akan diperburuk lagi ketika terjadi perubahan pembatasan pada area yang sudah di mapping sebelumnya. Laser mapping juga bergantung penuh pada kestabilan koneksi WIFI di rumah Anda. 

Konektivitas

Setting robot vacuum cleaner, jika Anda ingin menggunakan aplikasi sudah pasti butuh wifi di rumah, akan lebih beruntung jika bisa mengandalkan Bluetooth.

Hal ini pastinya mempermudah akses nirkable ketika Anda berjarak 1 atau 2 lantai dari Robot Vacuum Cleaner. Tapi Anda tidak akan dipusingkan jika sudah disertai dengan remote fisik seperti yang diberikan Umeda Tomo.

Jika Anda tida memiliki WiFi, tidak sesuai, karena TOMO memiliki fitur live mapping. Meski harus mengoperasikan secara manual, tapi kami rasa ini cara mudah untuk Anda menikmati memiliki robot vacuum cleaner.

Efisiensi

Anda tipe yang malas gonta-ganti dari mode vacuum ke mode mengepel karena harus bongkar? Atau malas Buang sampah vacuum, lalu menukar ke mode pel, atau mencuci kain pel?

Anda perlu mempertimbangkan jenis all in one robot vacuum cleaner.

Control Freak

Jika Anda tipe orang yang detail dengan kebersihan, wajib memilih jenis robot vacuum dengan fitur mapping di awal.

Praktis

Malas setting aplikasi? Gunakan model konvensional, user friendly seperti Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner yang menyediakan remote control, jadi Anda tidak perlu repot menggunakan aplikasi bagi yang malas setting-setting.

Tapi percayalah, menggunakan aplikasi jauh lebih keren dibandingkan dengan menggunakan remote fisik. Karena dengan aplikasi Anda bisa melihat jalur mapping dengan jelas.

Kesimpulan

review Umeda Tomo

Menurut kami Umeda Tomo Robotic Vacuum Cleaner sangat pas dan cocok. Berdasarkan dari penggunaan yang kami lakukan, efektifitas penyedot debunya sangat baik. Bahkan, TOMO1.0 mampu mencakup ruangan hingga luas 120m2. Jadi, bagi pemiliki rumah berukuran 10x10m pastinya masih bisa dicover TOMO1.0. 

Hal tersebut terbukti dari banyaknya debu yang terangkut dalam lingkup area kecil seperti kamar berukuran yang terlihat bersih.

Fitur dan juga kelengkapan yang ditawarkan pun cukup pas dan lengkap jika mengatasnamakan kenyamanan pengguna. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau jika dibandingkan dengan model Robot Vacuum Cleaner dengan fitur serupa.

Jika Anda tertarik, bisa langsung kunjungi official store dari Umeda untuk mendapatkan harga terbaik. Untuk melihat produk Anda bisa melihat langsung di Instagram official Umedalife lewat Hp Anda.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

994 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.