Diperbaharui pada Jumat, 30 April 2021 | 15:44

Review Levoit Core 300 Air Purifier, Ringkas dan Tidak Berisik

Oleh Restu Aji Siswanto

harga air purifier levoit

Kebutuhan akan udara yang bersih dan sehat di rumah sangat diperlukan, terutama di masa pendemi Covid 19, dimana virus dapat dengan mudahnya bergerak dan terbawa melalui udara. 

Air purifier merupakan penjernih udara yang berfungsi sebagai alat untuk membuat udara di dalam ruangan tetap bersih dan sehat. Levoit Core 300 Air Purifier menjawab kebutuhan ini.

Levout Core 300 adalah air purifier yang bentuknya tidak besar, dan sangat cocok untuk digunakan di ruang kamar atau kantor. Alat ini bekerja dengan penyaring karbon aktif yang mampu menyaring 99.97% polutan sekecil 0.3 mikron.

Saya berkesempatan untuk mencoba langsung Levoit Core 300 Air Purifier, untuk membuktikan sendiri fungsinya, dan merasakan keunggulan serta manfaatnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Unboxing Levoit Core 300 Air Purifier

harga air purifier levoit

Levoit Core 300 Air Purifier dikemas dalam kotak kemasan yang tidak terlalu besar, karena memang ukuran dari air purifier ini cukup ringkas.

Pada paket pembeliannya, terdapat satu unit air purifier, satu filter bawaan True HEPA 3-Stage, serta buku panduan penggunaannya. Setiap unit Levoit Core 300 Air Purifier dibekali dengan garansi Levoit selama 5 tahun.

Spesifikasi:

  • CADR: 187m3/h
  • Ukuran produk: 22 x 22 x 36 cm
  • Coverage Area: 40m²
  • Noise Level: 24-48dB
  • Rated Power: 33W
  • Power Supply Input: AC 220-240V, 50HZ
  • Berat: 3.4kg

Levoit Core 300 Air Purifier mudah untuk diletakkan di sudut ruangan, bahkan di atas meja sekalipun, karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Cara Mengoperasikan Levoit Core 300

Ketika pertama kali mencoba untuk mengoperasikan Levoit Core 300 Air Purifier, saya tidak menemui kesulitan, karena panel kontrol yang berada di bagian atas unit air purifier ini sudah cukup menjelaskan, tanpa adanya teks.

Namun untuk memastikan cara pengoperasian yang saya lakukan sudah benar, saya tetap mengikuti petunjuk penggunaan yang telah disediakan pada buku panduannya.

Pada panel kontrol Levoit Core 300 Air Purifier, terdapat 7 (tujuh) jenis tombol dengan tombol utama yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan unit air purifier.

Lalu ada tombol bergambar kipas yang fungsinya untuk mengatur kecepatan putaran kipas. Pada tombol ini, terdapat tiga opsi mulai dari putaran rendah, menengah, hingga tinggi (cepat). Saya mencoba ketiganya dan suara yang dihasilkan masih cukup halus, dan tidak terlalu mengganggu.

review air purifier levoit core 300

Bila ingin suara yang lebih senyap lagi, tersedia mode Sleep dengan cara menekan tombol bergambar bulan sabit. Pada mode ini, saya mencobanya saat malam hari di mana tidak banyak suara di sekitar, dan hasilnya, suara yang dihasilkan sangat rendah.

Selain suara yang senyap dengan mode Sleep, tampilan pada panel kontrol air purifier ini juga bisa dimatikan dengan menekan tombol bergambar cahaya tercoret, sehingga cahayanya tidak menggangu pandangan ketika ditempatkan pada ruangan gelap.

Selanjutnya ada tombol pengatur waktu dengan logo bergambar jam, yang fungsinya untuk mematikan unit air purifier secara otomatis dengan pengaturan 2, 4, 6, dan 8 jam. Mode ini dapat menghemat penggunaan listrik bila kita lupa mematikannya.

Untuk mencegah pengaturan unit tidak sengaja berubah karena panel kontrolnya tersentuh, terdapat fungsi mengunci yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol bergambar gembok selama 3 detik. Untuk mematikannya, cukup lakukan hal yang sama.

Terakhir, ada tombol indikator bergambar filter yang akan menyala bila filter perlu untuk dicek. Tombol ini akan menyala bila filter telah kotor atau perlu diganti.

Kemudahan Mengganti Filter

harga air purifier levoit core 300

Levoit Core 300 Air Purifier menggunakan True HEPA 3-Stage filter sebagai media untuk menyaring partikel di udara seperti debu, rambut, bulu hewan peliharaan, serat-serat halus, dan lain sebagainya.

Filter ini bekerja menjernihkan udara dengan melalui tiga tahapan (3-Stage) melalui tiga penyaringan dimana pada tahap pertama berbagai macam partikel akan tertahan pada lapisan luarnya.

Kemudian pada lapisan kedua terdapat True HEPA original filter yang mampu menyaring 99.97% partikel yang berada di udara hingga yang berdiameter 0.3 mikrometer.

harga air purifier levoit

Lalu pada tahapan ketiga, filter karbon akan menyerap segala macam asap, bau tidak sedap, dan uap yang ada di udara. Selain filter original yang tedapat pada paket pembeliannya, kita juga bisa membeli filter jenis lain secara terpisah.

Levoit menyediakan dua jenis filter lainnya yaitu True HEPA 3-Stage Toxin Absorber Filter yang dibuat secara khusus untuk menyaring udara kotor yang tercemar oleh asap rokok, asap pembakaran, polusi dari asap kendaraan bermotor, dan partikel berbahaya lainnya.

Filter jenis kedua adalah True HEPA 3-Stage Pet Allergy Filter yang cocok digunakan oleh pengguna yang memelihara hewan seperti kucing atau anjing, sekaligus untuk menetralisir udara bila ada anggota keluarga yang mengidap alergi.

harga air purifier levoit

Selain mampu menyaring bulu hewan peliharaan, filter khusus pet ini juga mampu menyaring serbuk sari pada bunga dan tanaman, debu yang biasanya beterbangan dari perabotan rumah tangga, hingga menyerap bau tidak sedap dari makanan mentah.

Untuk mengganti filter pada Levoit Core 300 Air Purifier, tidak dibutuhkan peralatan khusus. Saya pun dapat menggantinya tanpa menemui kesulitan. Ruang untuk filter ini terletak di bagian bawah air purifier.

Untuk mengganti filternya, letakkan air purifier Levoit dalam posisi terbalik secara perlahan. Pada bagian bawah, ikuti instruksi untuk membuka tutup filter dengan memutarnya ke arah kiri. 

Setelah itu, keluarkan atau masukkan filter, dan tutup kembali dengan memutar ke arah kanan, hingga terdengar bunyi “klik”.

Membuat Udara Lebih Segar dan Sehat

Setelah menggunakan Levoit Core 300 Air Purifier selama beberapa hari, saya merasakan manfaatnya secara langsung, terutama ketika menghirup udara di dalam ruangan yang biasanya terkontaminasi oleh udara kotor dari luar.

Biasanya, dalam ruangan yang saya tempati, tersisa bau tidak sedap yang berasal dari sisa makanan, asap rokok, dan asap kendaraan dari luar. Dengan menggunakan filter True HEPA 3-Stage Toxin Absorber, saya merasakan perbedaan yang sangat signifikan.

air purifier levoit

Pada malam hari, saya mencoba mengaktifkan mode Sleep, dan memang suara yang dihasilkan oleh air purifier ini sangat halus dan tidak mengganggu waktu tidur sama sekali. Mode ini bahkan saya gunakan juga ketika bekerja.

Saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketenangan dari berbagai macam suara yang bisa menggangu konsentrasi, mode Sleep ini sangat membantu mengatasi masalah tersebut. Saya bisa bekerja dengan tenang dan nyaman.

Kesimpulan

Setelah mencoba langsung air purifier Levoit Core 300 selama beberapa hari, saya merasa cukup puas dengan hasil dan manfaat yang didapatkan. Tidak salah sepertinya kalau air purifier ini mendapatkan peringkat satu best seller di Amerika Serikat dan Eropa.

Saya merasakan sendiri manfaat dari penyaring True HEPA 13 yang diklaim mampu menyaring 99.97% polutan sekecil 0.3 mikron. Udara dalam ruangan yang saya hirup terasa lebih segar dari biasanya.

Sepertinya, teknologi VortexAir yang menggunakan sistem aliran udara siklon untuk mempercepat sirkulasi udara juga memiliki andil yang besar dalam hal ini.

Fitur QuietKEAP (mode Sleep) yang menjaga kesunyian ketika digunakan pada malam hari pun benar-benar senyap dan saya bisa tidur nyenyak hingga bangun kembali.

Menurut saya, ukurannya yang ringkas dan dapat diletakkan di sela-sela barang di ruangan, di lantai, atau pun di atas meja, menjadikannya praktis dan tidak merepotkan ketika digunakan. 

Terakhir, dengan kualitas yang diberikan dan jaminan garansi 5 tahun yang ditawarkan oleh Levoit Core 300 Air Purifier, kehadirannya telah memenuhi semua ekspektasi saya.

Like us!

Komentar