Diperbaharui pada Senin, 3 Mei 2021 | 10:45

Review Notale Digital Smart Scale: Bukan Timbangan Badan Biasa!

Review Notale Digital Smart Scale
Menjaga tubuh tetap sehat dan ideal mungkin masih menjadi hal yang sulit dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, banyak hal yang harus diketahui apakah tubuh Anda sehat atau tidak.

Di dunia kesehatan sendiri ada beberapa indikator yang bisa mengukur tingkat sehat seseorang. Yang paling mudah dilihat adalah berat badan yang bisa diukur dengan BMI (Body Mass Index) atau indeks massa tubuh. Apakah Anda terlalu kurus atau sudah kelebihan berat badan.

Ada juga BFR (blood flow restriction) yang digunakan untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh. Atau Muscle rate yang menunjukkan kesehatan dan kekuatan fisik Anda. Serta beberapa pengukuran lainnya. Semua itu diukur berdasarkan kondisi tubuh, seperti berat badan, tinggi badan, usia dan lainnya.

Masalahnya, mengukur semuanya sangat sulit karena memiliki metodenya masing-masing. Tapi tidak usah khawatir, karena kini Anda bisa mendapatkan semua data kesehatan hanya menggunakan Notale Digital Smart Scale NTL-SS9 Pro.

Ini merupakan timbangan badan digital pintar yang bisa menganalisis dan memantau kesehatan tubuh Anda. Dihubungkan dengan aplikasi khusus, perangkat ini dapat menganalisis 18 mode kesehatan. Tentunya akan membantu Anda untuk memantau kondisi kesehatan tubuh.

Bagaimana kinerjanya? Berikut hasil pengalaman Pricebook selama menggunakan timbangan badan pintar Notale Digital Smart Scale NTL-SS9 Pro.

Desain Kokoh dan Mewah

Review Notale Digital Smart Scale
Secara desain, Notale Digital Smart Scale memiliki tampilan fisik yang cukup menarik. Bentuknya persegi dengan sudut membulat, terlihat lebih dinamis dan tidak kaku. Dimensinya berkisar 31 x 31 x 2.5 cm dengan bobot hanya 1.75 kg. Timbangan badan pintar ini hadir dalam pilihan warna putih dan hitam.

Notale Digital Smart Scale sendiri sudah menggunakan material yang terbaik yaitu memadukan Tempered Glass yang cukup tebal dengan material ABS. Keduanya menawarkan build quality yang sangat kokoh. Dalam keterangannya, timbangan badan ini bisa menahan beban hingga 180kg, jadi tidak khawatir rusak.

Bagian atas terdapat empat buah lempengan chrome yang menjadi penanda untuk menempatkan telapak kaki dengan logo Notale di area tengah. Sedangkan di bagian bawah ditempatkan 4 buah kaki penopang di setiap sudut.

Kaki penopang inilah yang sangat berperan penting untuk mengukur berat badan Anda secara akurat. Bawahnya terdapat bahan karet sehingga tidak mudah bergeser saat digunakan.

Ditengahnya terdapat slot baterai dengan penutup yang mudah untuk dibuka dan ditutup. Dimana timbangan badan pintar ini menggunakan 4 buah baterai AAA sebagai sumber dayanya (tersedia dalam paket pembelian).

Terkoneksi ke Smartphone

Review Notale Digital Smart Scale
Sesuai namanya, Notale Digital Smart Scale memiliki kemampuan lebih dibanding timbangan badan digital lain. Salah satunya dapat terkoneksi ke perangkat smartphone, baik Android maupun iOS.

Cukup instal aplikasi Aifit di PlaySTore (Android) atau AppStore (iOS) lalu pairing ke timbangan badan pintar dari Notale menggunakan bluetooth. Prosesnya juga cepat, tidak lebih dari 5 menit.

Banyak menu yang bisa dimanfaatkan untuk memantau seluruh data timbangan. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi Anda juga bisa menambahkan lebih dari 10 anggota keluarga di dalam satu aplikasi. Jadi, setiap anggota keluarga memiliki data masing-masing.

Setiap rekaman data yang ada bisa dilihat berdasarkan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Jadi Anda bisa memantau progres komposisi berat badan apakah sudah sesuai dengan target atau belum.

Yang tak kalah menarik, aplikasi ini juga bisa disinkronisasi dengan beberapa aplikasi lain, seperti fitbit hingga Google Fit.

Analisa 18 Mode Kesehatan

Review Notale Digital Smart Scale
Salah satu kelebihan yang ditawarkan Notale Digital Smart Scale ini adalah mampu menganalisa hingga 18 macam mode kesehatan, salah satunya BMI (Body Mass Index) atau indeks massa tubuh.

BMI ini merupakan tolok ukur untuk menilai kondisi ideal berat badan. Sehingga Anda bisa menganalisis apakah berat badan Anda sehat atau tidak. Mengukur nilai BMI ini bisa dengan membandingkan berat badan dengan tinggi badan.

Dibanding repot mengukur sendiri, timbangan badan pintar Notale dengan aplikasi Aifit akan membantu menganalisisnya. Cukup timbang berat badan Anda menggunakan Digital Smart Scale ini, maka hasil analisisnya dapat langsung terlihat di layar hp.

Semua data dapat langsung dilihat, apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum. Data-datanya juga cukup komplit, mulai dari hitungan terlalu kurus hingga sudah memasuki tahap obesitas.

Jika hasilnya overweight atau bahkan sudahmemasuki tahap obesitas, data ini akan membantu Anda mengubah pola hidup. Misalnya mulai menerapkan program diet atau mulai rajin berolahraga.

Tidak hanya mengukur nilai BMI tapi juga bisa menganalisa BFR (blood flow restriction) untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh. Semua sudah dianalisis berdasarkan data yang akurat, sehingga Anda bisa tahu kadar lemak rendah, ideal atau tinggi. Jadi Anda bisa mengontrol asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Disini Anda juga bisa melihat data Muscle rate yang akan mengukur nilai proporsi yang dihitung dari otot tubuh manusia, berat badan, tinggi badan, dan lainnya.

Data ini dapat menunjukkan kesehatan dan kekuatan fisik Anda. Jika hasilnya rendah, mungkin Anda bisa meningkatkan lagi dengan berolahraga fitness atau lainnya.

Review Notale Digital Smart Scale
Serta masih ada beberapa data hingga 18 macam pilihan yang bisa Anda lihat hasil analisisnya secara langsung, diantaranya :

  • Body Water, akan menganalisis persentase kadar air dalam komposisi tubuh
  • Bone Mass menganalisis massa tulang sudah ideal atau belum
  • BMR (Basal Metabolic Rate), yaitu mengukur energi minimum yang diperlukan dalam keadaan tidak aktif
  • Protein Rate, melihat jumlah protein yang dibutuhkan tubuh
  • Metabolic Age, membandingkan usia sebenarnya dengan kondisi kesehatan saat ini. Jika angka metabolic age lebih tinggi dari yang sebenarnya Anda mungkin harus memperhatikan kebiasaan makan dan aktivitas rutin yang selama ini dijalani
  • Visceral Fat Index, mengukur lemak yang terletak di bagian dalam perut yang meliputi organ dalam (indikatornya ideal, alert dan danger)
  • Subcutaneous Fat, mengukur lemak yang ada dibawah kulit paha, lengan, perut yang langsung terlihat oleh mata 
  • Standard Weight, mengukur berat badan yang ideal untuk usia dan tinggi badan Anda
  • Weight Control, menunjukkan perbedaan antara berat badan Anda saat ini dan yang ideal
  • Fat Mass, menunjukkan komposisi rasio jaringan lemak tubuh (rendah hingga tinggi)
  • Weight Without Fat, berat badan dikurangi lemak tubuh yang menunjukkan kondisi kesehatan fisik
  • Muscle mass, menunjukkan total berat otot
  • Protein mass, menunjukkan jumlah protein didalam tubuh (rendah hingga tinggi)
  • Obesity level, menunjukkan perbedaan berat sebenarnya dan berat ideal (indekes lemak)

Tapi yang harus dicatat, pastikan data yang dimasukkan sudah benar seperti tahun lahir dan tinggi, agar hasilnya sesuai dengan aturan kesehatan yang ada.

Mengenai akurasinya tidak perlu khawatir, karena Notale Digital Smart Scale NTL-SS9 Pro sudah dilengkapi Sertifikasi dari Ijin Edar Kemenkes Indonesia sehingga tingkat akurasi dan kualitas sudah teruji layak dijual di Indonesia.

Kesimpulan

Dengan kemampuan menganalisis 18 macam mode kesehatan, Notale Digital Smart Scale NTL-SS9 bisa menjadi perangkat yang wajib ada didalam keluarga Anda.

Karena dengan satu perangkat, Anda tidak hanya mengukur berat badan tapi juga dapat menganalisis kesehatan seluruh anggota keluarga.

Harga Notale Digital Smart Scale NTL-SS9 yang dibanderol Rp 245.000, rasanya masih terbilang cukup terjangkau bila melihat kemampuannya.

Notale sendiri memberi garansi 12 bulan untuk timbangan badan pintar ini dengan jaminan rusak akan diganti dengan yang baru. Untuk informasi lebih jelas bisa kunjungi akun IG Notale.

Kriteria Spesifikasi
Maximum Load 180 kg
Increment Weight 100 g
Display type LCD
Surface Kaca
Dimensions 31x31x2.5 cm
Weight 1.75 kg
Color Black, White
Number of Battery 4 Battery
Battery Size AAA
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.