Diperbaharui pada Kamis, 1 April 2021 | 15:58

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-0

Samsung telah meluncurkan jajaran smartphone Galaxy A Series terbarunya di kuartal pertama tahun 2021, dan Galaxy A72 menjadi hp Seri A Samsung dengan spesifikasi tertinggi di awal tahun ini.

Bagaimana tidak, bila dibandingkan dengan Galaxy A32 dan Galaxy A52 yang dirilis dalam runut waktu yang berdekatan, Galaxy A72 memang unggul dihampir segala aspek, mulai dari prosesor, kamera dan daya tahan baterai.

Pricebook berkesempatan untuk mencoba langsung Samsung Galaxy A72 untuk melihat sampai sejauh mana kemampuan hp Samsung ini bisa dimaksimalkan.

Tanpa berlama-lama, berikut ini ulasan lengkap Samsung Galaxy A72.

Unboxing Galaxy A72

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-1

Desain kotak Samsung Galaxy A72 secara keseluruhan terlihat minimalis dan dominan warna putih khas Samsung. Pada bagian mukanya, terdapat gambar unit smartphone, dengan nama seri di bagian atas, dan logo Samsung di bagian bawahnya.

Pada paket pembeliannya ini, terdapat unit Samsung Galaxy A72, dengan aksesoris berupa charger Super Fast Charging berdaya 25W, serta kabel data dengan colokan USB Type-C.

Selain berisi unit utama dan aksesorisnya, terdapat juga kelengkapan kartu garansi, buku panduan, dan tentunya SIM ejector yang fungsinya untuk membuka tray SIM Card dan kartu memori.

Desain Besar dan Berbobot

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-2

Kesan pertama saya ketika pertama kali memegang Samsung Galaxy A72 adalah besar dan berbobot. Wajar saja, karena memang hp ini memiliki ukuran 165 x 77.4 x 8.4 mm dengan berat 203 gram.

Ini menjadikan Galaxy A72 sangat nyaman ketika digenggam, tanpa khawatir akan tidak sengaja terjatuh. Pemilihan bahan pada panel belakangnya juga menjamin hp tidak mudah selip.

Samsung Galaxy A72 diluncurkan dalam varian warna Awesome White, Awesome Black, Awesome, Awesome Blue, dan Awesome Violet. Unit yang saya ulas pada artikel ini adalah warna Awesome Black.

Layar Super AMOLED

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-3

Samsung Galaxy A72 dibekali dengan layar Super AMOLED berukuran 6.7 inci yang memiliki tampilan tajam, dengan saturasi dan kontras warna yang sangat nyaman di mata.

Layarnya memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel dan sudah mendukung refresh rate 90Hz, sehingga menjadikannya sebagai hp yang cocok untuk digunakan sebagai media hiburan seperti menonton series favorit, atau untuk bermain game.

Mencoba Kamera Galaxy A72

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-4

Samsung Galaxy A72 dibekali quad camera dengan konfigurasi kamera wide 64 MP, kamera telephoto 8 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera 5 MP.

Selain itu, di bagian depannya terdapat kamera selfie dengan desain punch hole di sisi tengah atas, yang memiliki resolusi 32 MP, dengan bukaan f/2.2.

Melihat spesifikasi kameranya tersebut, tentunya hal pertama yang ingin saya coba adalah kemampuan kameranya. Apalagi kamera telephotonya diklaim mampu mencapai 30x digital zoom.

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-5

Untuk memaksimalkan kemampuan ini, saya mencobanya dengan memotret objek yang jauh pada waktu siang hari. Karena pada waktu ini lah, hasil foto terbaik bisa didapatkan, dan ini berlaku untuk semua jenis kamera smartphone.

Berbekal pengetahuan tersebut, saya mencobanya secara langsung untuk melihat seperti apa hasil jepretan dari kamera Samsung Galaxy A72 ini.

Pada pengambilan gambar standar, terdapat opsi zoom 0.5x, 1.0x, dan 3.0x. Saya mencoba mengambil gambar dengan menggunakan zoom 0.5x dan hasil jepretannya terlihat sangat jernih, dengan distorsi yang tidak berlebihan.

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-6

Lalu pada zoom 1.0x, hasil fotonya juga masih terlihat tajam, dengan saturasi warna yang sangat baik, serta mampu menangkap detil-detil objek dengan sangat baik.

Begitupun ketika saya mencoba memotret dengan zoom 3.0x, hasil jepretan yang dihasilkan masih terlihat baik dan detil. Dengan pencahayaan yang cukup, kamera Galaxy A72 akan tampil dengan maksimal.

Saya beralih mencoba zoom yang lebih ektrim dengan menggunakan 10x, 20x, dan 30x. Pada zoom 10x, hasil fotonya masih terlihat jelas, namun detil-detilnya mulai memudar, dengan noise yang mulai terlihat.

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-7

Begitu saya beralih ke zoom 20x dan 30x, noise yang dihasilkan juga bertambah, namun ini hal yang wajar untuk kamera dengan resolusi yang dimiliki oleh Galaxy A72 ini.

Secara keseluruhan, spesifikasi kamera yang diusung oleh Samsung Galaxy A72 ini saya rasa sangat sebanding dengan harga yang ditwarakannya.

Untuk ukuran smartphone di segmen menengah, tentunya spek ini terasa sedikit mendekati kualitas sebuah hp flagship, walau fitur-fiturnya tidak selengkap Samsung Galaxy S Series. Saya sangat puas dengan hasil jepretannya.

Performa Samsung Galaxy A72

Beralih ke performa, saya mencoba Samsung Galaxy A72 selama seharian, dengan kondisi baterai yang terisi penuh 100 persen. Berbagai aktivitas saya lakukan dengan smartphone ini.

Samsung Galaxy A72 dibekali dengan prosesor Snapdragon 720G dengan dukungan pengolah grafis Adreno 618. Hp Samung di lini seri A umumnya tidak memiliki perbedaan prosesor antara unit yang rilis secara global, maupun yang rilis di Amerika Serikat dan Tiongkok.

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-9

Hp Samsung A Series ini rilis di Indonesia dengan memori RAM 8 GB, dan varian memori internal 128 GB dan 256 GB. Hasil benchmark Antutu untuk Galaxy A72 menunjukkan score 277688.

Untuk melihat performa Samsung Galaxy A72, saya mengujinya dengan menonton beberapa video Youtube dan streaming lainnya. Saya memilih opsi resolusi tertinggi pada pengujian ini.

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-10

Kualitas tampilan video yang dihasilkan sangat baik, terutama pada adegan aksi. Seperti yang kita ketahui, adegan aksi biasanya mengandalkan gerakan yang cepat, dan layar smartphone yang baik akan mampu menangkap gerakan tersebut.

Pada layar Samsung Galaxy A72, gambar pada layarnya terlihat berjalan sangat mulus dan lancar. Saya tidak menemukan piksel yang pecah atau gangguan teknis layar lainnya pada adegan-adegan cepat.

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-11

Sekali lagi, untuk membuktikan performa Snapdragon 720G yang diusungnya, saya juga mencoba memainkan game mobile selama kurang lebih satu jam. Kualitas grafik yang ditampilkan sangat baik dan saya tidak mengalami lag sekali pun.

Keseluruhan pengalaman menggunakan Samsung Galaxy A72 ini membuat saya merasa sedang menggunakan hp flagship. Apalagi tingkat respon layarnya sangat cepat ketika disentuh.

Review Samsung Galaxy A72, Hp Kelas Menengah Rasa Flagship-12

Hasil dari beberapa aktivitas yang saya lakukan tersebut, daya tahan baterainya sangat bisa diandalkan. Sejak awal saya gunakan pada pukul 6 pagi hingga pukul 4 sore, daya baterai yang tersisa masih 56 persen.

Baterai 5000 mAh pada Samsung Galaxy A72 sangat irit dan awet sekali, karena saya hanya melakukan sekali pengisian saja sebelum menggunakannya pada ulasan ini.

Samsung Galaxy A72 sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat atau fast charging, dengan daya 25W.

Kesimpulan

Setelah melakukan ulasan yang menyeluruh pada kemampuan kamera dan performanya, saya merasa kalau Samsung Galaxy A72 layak untuk dijadikan sebagai pilihan hp kelas menengah untuk mendukung berbagai aktivitas.

Salah satu kelebihan yang paling menonjol dan saya anggap sebagai sesuatu yang sangat penting di masa sekarang ini, adalah daya tahan baterainya yang sangat awet.

Saya puas dengan Samsung Galaxy A72 secara keseluruhan karena berhasil memenuhi ekspektasi saya.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 11
Ukuran Layar 6.7 inch
Screen Resolution 2400 x 1080 Pixel
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Detail Prosesor SM7125 Snapdragon 720G
Kecepatan CPU 2.3 GHz
Resolusi Kamera Belakang 64 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 12, 8, 5 MP
Resolusi Kamera Depan 32 MP
NFC Ya
USB Type-C, USB OTG
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

785 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.