Diperbaharui pada Jumat, 19 Februari 2021 | 17:25

Review SanDisk Extreme Portable, SSD Kencang 1TB Desain Mungil

Oleh Imam Ali

Review SanDisk Extream Pro, SSD Kencang 1TB Desain Mungil

Sandisk sukses meluncurkan versi ketiga dari hard disk solid state Extreme portabel terbarunya.

Menggunakan desain loop carabiner oranye, tampilannya persis sama disetiap versinya mulai dari Sandisk Extreme Portable orisinal dan Sandisk Extreme Portable orisinal.

Ada banyak model SSD portabel yang bagus dipasaran untuk dipertimbangkan, tapi tetap pilihan Anda tergantung pada kebutuhan, kegunaan, serta keuangan pastinya.

Untuk kali ini, Pricebook mendapat keberuntungan menguji salah satu unit SSD terkuat dari Sandisk saat ini, yakni SSD Extrem Portable 1TB terbaru.

Bisa dibilang, kami lebih familiar dengan model SSD soket berkapasitas 128 hingga 480, paling mentok 500GB. Dan kali ini, mencoba bentuk SSD portable dengan kapasitas besar, cukup menyenangkan untuk kami.

Desain

Review SanDisk Extream Pro, SSD Kencang 1TB Desain Mungil

Secara desain, sepertinya kami sedikit khawatir dengan modelnya yang serupa di semua versi kapasitas. Yang membedakan hanya ada dalam bentuknya saja, jika dilihat secara kasat mata model 1TB terlihat lebih besar dibanding versi dengan kapasitas minim.

Tapi diluar itu semua, kami melihat desain sporty elegan dengan corak unik yang mampu menggambarkan bahwa SSD ini kuat dan bertenaga.

Corak oranye pada slot karabiner mampu mengambarkan ketahanan SSD Sandisk ini pada benturan ataupun cuaca ekstream. Ditambah dengan warna abu-abu dengan corak dot menyelimuti kerangka sebagai bantalan solid.

Kulit bertekstur memberikan tampilan sporty sementara enklosur berfungsi seperti heatsink untuk menghilangkan panas yang dihasilkan oleh komponen internal.

Desainer menggunakan kombinasi cangkang silikon-sasis aluminium yang ditempa untuk menawarkan apa yang disebut Sandisk sebagai nuansa premium dengan perlindungan tambahan.

Kinerja

Review SanDisk Extream Pro, SSD Kencang 1TB Desain Mungil

SSD Extreme Portable telah diformat sebelumnya sebagai perangkat exFAT yang berarti dapat bekerja di Windows dan Mac.

Sayangnya, jika kita mencoba untuk memformat ulang ke sistem file NTFS, maka akan membatasi kompatibilitas ke Windows. Tapi ada sedikit keuntungan karena dengan format NTFS akan mengaktifkan TRIM yang bisa meningkatkan umur panjang drive.

Ada sedikit yang mengganjal di hati kami, karena unit ini hadir tanpa lampu indikator. Jadi kami tak bisa tahu ketika ssd ini bekerja atau tidak kecuali melihat langsung ke layar laptop atau PC.

Sisi positifnya, SanDisk hadirkan SSD Extrem ini dengan beberapa nilai tambah yang sangat berguna seperti dua kabel USB, satu USB-C to USB-A dan satu USB-C to USB-C.

Drive ini dilengkapi dengan utilitas enkripsi data SecureAccess milik SanDisk yang telah diinstal sebelumnya.

SanDisk Extreme memiliki peringkat Ingress tection IP55, sehingga lebih dari cukup tahan pada guncangan, debu, dan air. Meskipun mampu bertahan dari guyuran air atau pun percikannya, Anda tidak dapat merendam unit.

Drive berbasis PCI Express generasi lebih baru ini akan membutuhkan port USB yang sesuai dengan USB 3.1 Gen 2 untuk mencapai kecepatan puncaknya.

Performa

Review SanDisk Extream Pro, SSD Kencang 1TB Desain Mungil

Pada catatan yang lebih positif, Extreme Portable ini mampu memberikan hasil maksimal pada uji benchmark kami. SSD ini menjanjikan kecepatan transfer dalam kisaran 1.000MBps.

Tak seperti biasanya yang hanya menggunakan Crystal Disk, kami coba menggunakan software khusus pada MAC milik Pricebook, yakni BlackMagic 3.1.

Kami juga mencoba untuk membandingkan dengan beberapa model SSD yang kami miliki.

Dalam pengujian dunia nyata ini, kami memegang stopwatch di satu tangan sambil menyalin folder pengujian 1.2GB yang berisi beberapa jenis file berbeda dari sistem pengujian kami ke SSD dengan tangan lainnya.

Ini menawarkan pandangan yang baik tentang kecepatan transfer secara awam bagi kalian yang tidak mau pusing untuk melihat pada alat tes benchmark. SanDisk Extreme menyelesaikan operasi dalam dua detik.

Review SanDisk Extream Pro, SSD Kencang 1TB Desain Mungil

Tes read/write berurutan dengan Crystal DiskMark mengukur kinerja SSD saat mereka membaca dan menulis blok besar data yang berdekatan.

Di sini, Extreme mampu menunjukan kekuatan kecepatan tulis dan baca ditingkatan maksimal, membaca data pada 957MBps dan menulis pada 970MBps.

Kesimpulan

Review SanDisk Extream Pro, SSD Kencang 1TB Desain Mungil

SSD Portabel Extreme SanDisk cukup menarik dan cocok untuk videografer, fotografer, serta siapa pun yang menginginkan kinerja serta penyimpanan data dalam jumlah besar.

Bahkan bagi kalian yang perlu menyimpan serta mentransfer data dengan cepat dan efisien, SSD portable ini mampu mengakuisisinya dengan baik.

Memang terdapat beberapa kekurangan di dalamnya, tapi itu tidak serta merta mempengaruhi performa dari SSD ini, dan bisa kalian jadikan pilihan untuk menambah performa PC dan laptop kalian selama bekerja.

Like us!

Komentar