Diperbaharui pada Jumat, 12 Februari 2021 | 10:01

APC Back-UPS PRO BR Series, Solusi Cadangan Daya Keamanan Tinggi

 

review APC Back-UPS PRO BR Series

Sebelumnya, Pricebook sempat menguji dan membahas bagaimana rasanya menggunakan UPS APC by Schneider Electric BR series sebelumnya.

 

Tak lama, kami kembali mencicipi edisi UPS seri Pro terbaru mereka. Kali ini adalah APC Back-UPS Pro BR Series, model dan desainnya beda dari si mini UPS APC BR Series sebelumnya.

Sebagai informasi, APC Back-UPS Pro BR Series ini terdiri dari 3 varian produk utama, yakni APC Back-UPS PRO BR 1500VA, APC Back-UPS Pro BR 1000VA, serta APC Back-UPS RS LCD 700 Master Control.

Tapi tunggu dulu, tidak semuanya diberikan ke Pricebook untuk dikulik. Kami mendapatkan varian APC Back-UPS Pro BR 1500VA. Jika dilihat sekilas dari namanya, pastinya ini model terkuat.

APC Back-UPS Pro BR series Lebih Besar dan Lebih Aman

review APC Back-UPS PRO BR Series

Lantas apa saja fitur yang diusung? Lalu apa bedanya dengan UPS APC BR Series yang sudah kami coba sebelumnya?

Untuk perbedaan, sudah terlihat jelas dari fisik yang kami sebutkan di awal, desain berbeda bahkan banyak tambahan fitur di dalam tubuh besar APC Back-UPS Pro BR series ini.

Tapi itu hanya dari tampilan dan juga fitur di atas kertas semata. Kami mencoba menggunakan model ini sebagai pengganti dari si mini APC by Schneider Electric BR series sebelumnya dalam hal cadangan daya untuk studio Pricebook yang saat ini terpisah dari kantor utama.

Hasilnya, kapasitas sudah pasti lebih besar, bahkan mampu mengakomodir 4 buah PC editing dan 1 buah Mac ketika token listrik mendadak habis karena lupa dikontrol.

Uniknya, Model APC Back-UPS Pro baru ini menyediakan cadangan baterai premium untuk perlindungan lonjakan arus.

Ini sangat membantu mengingat arus listrik di musim hujan belakangan sering kurang stabil.

Dan fitur tambahan ini bisa dikatakan cukup ideal untuk elektronik rumah atau kantor kecil. Bahkan sangat ideal untuk unit perangkat jaringan, PC game, hingga konsol.

Fitur premium untuk keluarga ini termasuk Automatic Voltage Regulation (AVR), layar LCD, Smart Outlets, fungsi hemat energi yang mengurangi penggunaan listrik, pengelolaan jaringan, Watchdog, dan outlet yang dapat dikonfigurasi.

Untuk kalian yang belum tahu, fitur Trim Automatic Voltage Regulation (AVR) pada APC Back-UPS Pro mampu memperbaiki kondisi tegangan rendah dan tinggi ketika sedang tidak menggunakan baterai, alias colok langsung ke UPS.

review APC Back-UPS PRO BR Series

Menggunakan alat ini seperti bermain dengan travo meter pribadi, tapi tetap tak bisa digunakan untuk membohongi PLN ya.

Model APC Back-UPS Pro menyediakan output gelombang kecil, port pengisian USB untuk perangkat seluler Anda, dan peningkatan waktu kerja untuk elektronik penting Anda.

Masih ada lagi, UPS ini punya alarm pengingat atau pemberitahu perubahan daya dan kondisi pada UPS itu sendiri.

Ini terjadi ketika baterai perlu diganti, secara langsung alat ini mendeteksi kesalahannya sendiri dan memberitahukan ke pengguna tentang error sistem yang ada.

Jelas mode ini sangat mampu menjauhkan pengguna dari bahaya. Sistem penggantian baterai yang rusak pun tak terlalu sulit, bahkan tanpa menggunakan alat seperti kita mengganti baterai hp atau laptop.

review APC Back-UPS PRO BR Series

Selain itu, keberadaan indikator LED tak hanya menyatakan UPS hidup atau standby semata. LED ini mampu memberitahukan potensi bahaya ketika ada sistem kabel yang rusak.

Kami bukan merusaknya tapi mencoba untuk melepas salah satu bagian kabel dari konektornya, dan benar adanya. Mesin tak bekerja, LED berkedip menandakan adanya kerusakan pada kabel.

Selain LED, ada LCD yang memberikan parameter operasi dan memberitahukan mode penggunaan yang sedang berjalan pada UPS. LCD ini juga memberikan diagram seperti tampilan equalizer untuk parameter penggunaan.

Ketika itu semua terjadi, Fungsi Manajemen Energi atau fitur hemat energi secara otomatis mematikan periferal ketika perangkat master dalam hal ini UPS mati atau error.

Meskipun tidak mati, terkadang perangkat akan langsung masuk ke mode hibernasi. Daya ke periferal segera dipulihkan saat perangkat master dihidupkan.

review APC Back-UPS PRO BR Series

Nah, ini yang jadi pembeda lainnya, dengan menggunakan APC Back-UPS Pro ini kalian bisa mengatur sendiri titik transfer tegangan. Jadi kalian bisa memperluas atau mengencangkan jangkauan daya.

Jadi itu alasannya, APC Back-UPS Pro mampu mengakomodir lebih banyak peralatan di studio Pricebook.

Untuk menambah keamanan dan kenyamanan kami menggunakan PC untuk mengakses fitur perlindungan dan manajemen daya tambahan ke UPS langsung melalui Port USB.

Kesimpulan

review APC Back-UPS PRO BR Series

Menggunakan APC Back-UPS Pro BR series ini sangat mengesankan terutama kami mencicip model tertinggi langsung, yakni versi APC Back-UPS Pro BR 1500VA.

Banyak hal baru dan jarang kami temukan pada UPS lain, bahkan pada seri UPS APC by Schneider Electric yang kami coba sebelumnya.

Banyak fitur keamanan yang memudahkan pengguna dalam mengatur lalu lintas daya untuk perangkat, terpenting adalah mengamankan data setiap perangkat yang ada di studio Pricebook.

Mungkin tidak ada salahnya kalian mulai mencoba menggunakan UPS sebagai back up daya dirumah. Terlebih model APC Back-UPS Pro BR series ini memang dibangun untuk penggunaan rumahan dan juga kantor kecil.

Kabar baiknya, APC Back-UPS PRO BR Series sudah bisa dibeli secara online via APC Official Store di Tokopedia. Untuk informasi menarik lainnya seputar produk APC by Schneider Electric langsung aja follow Instagramnya @Schneiderelectric_id, Facebook Schneider Electric ID, dan juga YouTube Channel Schneider Electric ID. #UPSforGaming #SchneiderElectricID

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.