Diperbaharui pada Rabu, 10 Februari 2021 | 16:12

Review WD MyPassport 1TB, Kecil, Kuat, Kencang!

Oleh Imam Ali

Review WD MyPassport 1TB

Kalian pasti sudah bosan dengan kinerja harddisk yang lelet, atau mungkin kalian juga pengguna SSD namun berkapasitas minim?

Kali ini kami punya solusi untuk mengatasi masalah sepele yang kalian miliki agar performa PC dan Laptop tetap ngacir.

WD MyPassport SSD 1Tb hadir di meja review Pricebook dan membuat kami tertarik untuk mereviewnya. Karena tidak seperti versi lawas yang masih berbentuk kotak, WD membawa desain yang sangat tipis.

Bahkan yang kami terima memiliki kapasitas yang cukup besar dengan klaim kecepatan transfer yang cepat melalui NVMe.

Desain

Review WD MyPassport 1TB

Rasanya tak perlu berlama-lama, langsung saja kita bahas sisi menarik dari versi anyar WD MyPassport SSD ini.

Bisa dikatakan, WD MyPassport SSD mungkin sudah menjadi salah satu drive SSD eksternal tertipis saat ini. Kebetulan, unit yang didatangkan berwarna merah, dengan tekstur yang menarik.

Casing eksterior terbuat dari aluminium dengan sudut membulat di seluruh drive, dan ukurannya hanya 1cm dengan berat 48g.

Sudut kanan atas memiliki logo WD, di bagian bawah memiliki kurva abstrak yang menambahkan sentuhan elegan pada WD MyPassport SSD.

Di dalam casing logamnya, terdapat teknologi NVMe yang memungkinkan kecepatan baca dan tulis masing-masing hingga 1050MB/s dan 1000MB/s. WD membekali My Passport SSD dengan kabel USB Type-C to Type-C yang mendukung USB 3.2 Gen 2.

Ada juga adaptor USB Type-C ke Type-A yang berarti drive tersebut kompatibel dengan koneksi yang lebih lama.

Tidak ada driver yang diperlukan sehingga Anda cukup menyambungkan SSD My Passport ke komputer, Mac atau PC, dan mulai menggunakannya tanpa memformat ulang.

Sayangnya, drive ini tidak dibekali dengan lampu indikator, jadi kalian tidak akan dapat mengetahui apakah SSD ini aktif atau tidak. Satu-satunya cara untuk memeriksanya adalah melalui PC langsung.

Menampilkan dukungan untuk PCIe dan NVMe, ia juga memiliki antarmuka sisi sistem USB 3.2 Gen 2. Ini lebih cepat dari pendahulunya, dan memiliki enkripsi perangkat keras 256-bit untuk keamanan tambahan.

WD Discovery

Review WD MyPassport 1TB

WD Discovery menjadi perangkat lunak pendamping WD MyPassport SSD, software ini dapat kalian temukan di dalam drive penyimpanan. Software tersedia untuk perangkat macOS dan perangkat Windows.

Melalui perangkat lunak WD Discovery, kalian dapat mentransfer file ke dan dari drive lain. Uniknya, di dalam WD Discovery juga tersedia penyimpanan cloud My Cloud Home, jika kalian sudah terdaftar sebagai pengguna aktif WD.

Penyimoanan WD Cloud Home ini terpasang secara otomatis ke jaringan milik WD dan dapat kalian gunakan untuk mencadangkan hard drive komputer Anda.

Selain itu, kalian juga dapat menginstal perangkat lunak WD Security dari tab "Apps". Di sana, kalian dapat mengatur kata sandi untuk mengaktifkan enkripsi perangkat keras AES 256-bit drive.

Fitur ini lebih cepat dan lebih aman daripada hanya menggunakan enkripsi berbasis perangkat lunak. Meskipun tidak senyaman memiliki sensor sidik jari tapi paling tidak bisa menghilangkan kekhawatiran akan pencurian data.

Performa

Review WD MyPassport 1TB

Meskipun WD My Passport SSD terasa ringan serta memiliki casing yang mungkin terkesan tipis, tapi penguji sangat yakin bahwa perangkat ini terbuat dari logam yang kuat.

WD My Passport SSD ini dibekali dengan material yang cukup kokoh, bahkan kami menjatuhkannya dari ketinggian 1,98m atau 6,5 kaki dengan aman.

Sebagai informasi, dalam proses pengetesan dan penggunaan, driver yang kami uji sempat terjatuh dari meja beberapa kali dan tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Kami juga sudah mencoba beberapa tes kecepatan pada WD MyPassport SSD edisi 2020 berkapasitas 1TB ini. Seperti yang Anda lihat dari uji CrystalDiskMark 8.0 kami di atas, kami membuktikan hasil tesnya mampu mendekati klaim pihak WD, hanya terpaut beberapa MB saja.

Review WD MyPassport 1TB

Untuk kecepatan baca, SSD WD ini memberikan kecepatan baca hingga 990MB/s. Disisi lain, kecepat tulisnya mampu melebihi klaim WD sendiri, yakni sebesar 1000MB/s.

Saat mentransfer file dengan jangka waktu yang lama, drive menjadi sedikit hangat saat disentuh, mungkin mendekati panas. Sempat kami gunakan termometer gun untuk memeriksa, dan kami mendapati suhu berada di titik 33 dititik normal sampai 45 derajat celcius di titik panas.

Uniknya, panasnya menghilang dengan cepat ketika proses kerja selesai. Ini bisa jadi sebuah keuntungan berkat casing yang seluruhnya terbuat dari aluminium.

Dengan kecepatan baca dan tulis hingga diatas 900MB/s, WD My Passport SSD sangat baik ketika kami andalkan ketika mengedit video. Ini yang pasti, kami juga telah menggunakannya untuk menampung beberapa file video 4K dari beberapa kamera yang dimiliki Pricebook, tentunya dengan ukuran file yang besar.

Review WD MyPassport 1TB

Sama sekali tidak ada masalah ketika harus mentransfer file berukuran jumbo dalam satu kali migrasi. Misalnya ketika kami memindahkan file video 4K berukuran 32GB dari Sony Alpha 6400 ke dalam MacBook dan hanya butuh waktu kurang dari satu menit untuk menyelesaikannya.

Masalah hanya timbuk pada kabel yang menyertainya karena berukuran sangat pendek, dan ini cukup mengganggu mobilitas. Secara kualitas, kabel transmisi yang dibawakan sangat berkualitas dan kami cukup khawatir ketika harus menggunakan kabel lain yang kami miliki karena takut akan berpengaruh pada performa.

Kesimpulan

Review WD MyPassport 1TB

WD MyPassport SSD cukup bisa diandalkan menjadi SSD eksternal berkapasitas besar dengan kualitas kecepatan transfer data yang sangat baik.

Tidak hanya memiliki enkripsi 256-bit berbasis perangkat keras, tetapi juga memiliki garansi 5 tahun untuk menjaga hard disk Anda terlindungi dari keadaan yang tidak menguntungkan.

Like us!

Komentar