Diperbaharui pada Sabtu, 6 Februari 2021 | 10:24

14 Fitur Terbaik Galaxy S21 Series 5G Buat Gaming, Ngevlog dan Video

Oleh Imam Ali

fitur samsung galaxy s21 series 5g

Samsung sukses hadirkan Galaxy S21 Series 5G dengan kehebatan prosesor terbaru yang dibawa, baik itu 5nm Exynos 2100 yang dibawa untuk versi global ataupun Snapdragon 888 untuk versi Indonesia.

Galaxy S21 Series 5G sendiri hadir dengan dilengkapi sejumlah fitur yang mengalami banyak peningkatan untuk semakin menunjukkan keberadaannya sebagai hp flagship terbaik 2021.

Smartphone Samsung Galaxy S21 Series 5G ini hadir terbagi dalam 3 kategori, antara lain Samsung Galaxy S21 5G, Samsung Galaxy S21+ 5G, dan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Masing-masing smartphone tersebut memiliki konfigurasi yang berbeda-beda.

Tapi, dibalik perbedaan konfigurasi tersebut terdapat beberapa fitur signifikan yang unik dan patut untu kami beberkan pada kalian. Nah, berikut ini daftar fitur terbaik yang dibawa Samsung Galaxy S21 Series 5G menurut Pricebook.

Fitur Layar Galaxy S21 Series 5G

Layar 120Hz

layar samsung galaxy s21

Samsung membekali Galaxy S21 Series 5G dengan kemampuan untuk meningkatkan kecepatan refresh layar hingga 120Hz tipe Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran yang berbeda-beda. Galaxy S21 5G berukuran 6.2 inci, Galaxy S21+ 5G berukuran 6.7 inci, sedangkan Galaxy S21 Ultra 5G 6.8 inci.

Memang ini bukan menjadi hal baru untuk ponsel Samsung, tetapi perusahaan asal Korea Selatan ini tetap menghadirkan beberapa peningkatan pada kemampuan ini, meski hanya pada model Galaxy S21 Ultra 5G.

Kali ini, kalian benar-benar dapat meningkatkan kecepatan refresh hingga 120Hz tanpa mengorbankan resolusi, tidak seperti Galaxy S20.

Ini yang berbeda dari hasil percobaan kami dan merupakan klaim dari pihak Samsung yang coba kami buktikan.

Fitur layar 120Hz ini mampu bertahan pada resolusi QuadHD+, bahkan dengan peningkatan kecepatan refresh. Secara tidak langsung, faktor ini mampu menyesuaikan konten yang kalian lihat sesuai kebutuhan dan kalian tetap memiliki keuntungan bahwa masa pakai baterai tetap tidak terpengaruh.

Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G juga mendukung kecepatan refresh 120Hz, tetapi kamingnya Samsung hanya menetapkan versi S21 Ultra 5G yang mampu mempertahankan resolusi tinggi ketika digunakan.

Samsung sepertinya memberikan peningkatan pada layar Galaxy S21 Ultra 5G dengan cara lain. Bahkan perbedaan tingkat kecerahannya mencapai 11,8% jika dibandingkan dengan Galaxy S20 Ultra.

Gorilla Glass Victus

corning gorilla victus galaxy s21

Gorilla Glass Victus terbaru dari Corning, jadi produk kemananan layar yang cukup menjanjikan. Generasi penerus versi Gorilla Glass 6 ini tak hanya melindungi komponen layar dari goresan, tapi juga dari bantingan hingga tetesan air.

Percaya atau tidak, kami sempat mencoba Galaxy S21 Series 5G yang ada di meja review Pricebook dibiarkan terkena air cukup lama saat hujan ketika penguji kehujanan saat mencoba mengambil beberapa sample gambar di jalan raya.

Fitur Terbaik Kamera Galaxy S21 Series 5G

Space Zoom

space zoom galaxy s21

Tanpa mencoba memang sulit untuk percaya betapa luar biasa kemampuan Space Zoom dari seri Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Pada versi Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G kalian dapat mencapai hingga 30x zoom, yang memungkinkan kalian untuk memperbesar lebih jauh dari beberapa smartphone flagship di dunia saat ini.

Mungkin dengan 30x kalian masih bisa puas dan terpesona dengan hasilnya. Tapi tunggu dulu, karena Samsung memberikan tambahan Space Zoom 100x pada Galaxy S21 Ultra 5G.

Samsung benar-benar telah membawa teknologi ini ke level berikutnya, tentunya dengan hasil gambar yang juga tidak biasa. Kami akui, Samsung sangat fokus pada peningkatan stabilitas dan kualitas zoom yang mereka tanamkan pada Galaxy S21 Series 5G.

Dual Tele-Lens

dual lensa tele samsung galaxy s21

Samsung menggantikan lensa tele periskop 103 mm milik Galaxy S20 Ultra dengan pengaturan Dual Tele-Lens pada Galaxy S21 Ultra 5G.

Samsung berhasil menggabungkan dua kamera Telephoto khusus dalam tubuh Galaxy S21 Ultra 5G.

Keduanya memiliki kapasitas pembesaran berbeda, satu lensa menawarkan zoom hingga 3x, lensa lainnya mampu memberikan kemampuan zoom 10x.

Video 8K

video 8k samsung galaxy s21

Video 8K menjadi resolusi video tertinggi di smartphone saat ini. Hal ini membuat hasil rekaman jauh terlihat lebih baik daripada di bioskop. Terlebih Samsung menawarkan kompisisi 8K 24fps pada Galaxy S21 Series 5G ini.

Dalam percobaan kami menemukan hal menarik ketika menggunakan resolusi 8K ini. Kalian bisa menggunakan opsi 8K Video Snap untuk mendapatkan album foto 33MP berkualitas tinggi langsung dari setiap video 8K.

Ini membuat kami senang, terlebih hasil yang didapat sudah dipastikan memiliki kerapatan pixel dan detail yang sangat baik.

Director's View

director views galaxy s21

Untuk membantu kalian merekam video di Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung telah menyertakan mode baru yang disebut Director's View. Ini memungkinkan kalian untuk memilih dan mengontrol sudut kalian dengan mudah.

Saat menggunakan mode Director's View, semua kamera secara otomatis dalam keadaan siaga. Setiap kamera selain kamera utama memberikan visualisasi nyata dan secara langsung dengan tampilan layaknya sebuah thumbnail kecil yang dapat kalian perhatikan.

Kemudian, jika kalian ingin beralih ke masing-masing kamera pendukung, cukup ketuk thumbnail atau tampilan insert dari setiap lensa yang ingin kalian alihkan secara instan.

Untuk vlogger, ada juga versi yang disebut Vlogger View yang memungkinkan perekaman kalian dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Kalian juga dapat memilih antara tampilan terpisah dan tampilan gambar-dalam-gambar (PIP).

Single Take

single take 2.0 galaxy s21

Seolah memikirkan hal-hal tak wajar tersebut Samsung menghadirkan fitur Single Take 2.0 pada seri terbaru Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Fitur ini sendiri sebenarnya sudah tak asing lagi jika kalian pernah menggunakan model Galaxy S20 sebelumnya.

Yap, fitur ini pertama kali diperkenalkan tahun lalu ketika Samsung melahirkan Galaxy S20 Series, dan menjadi salah satu fitur unik serta berguna dibanding Mode Pengambilan Tunggal atau Photo disaat tertentu.

Fitur ini dibangun dengan kecerdasan buatan (AI) rancangan Samsung yang ditingkatkan kapasitas rangkaian pengeditan komprehensif, serta koordinasi beberapa kamera untuk hasil maksimal dalam berbagai format tentunya.

Ultimate Super-Steady

ultimate super steady galaxy s21

Ultimate Super-Steady, fitur ini merupakan fitur yang membuat setiap orang bisa merekam video tanpa khawatir mengalami goyang saat proses merekam video.

Sangat cocok untuk merekam video bahkan dengan memegang Samsung Galaxy S21 Series 5G memakai tangan yang cenderung kurang stabil. Terlebih untuk mereka yang tremor.

Fitur ini menggabungkan stabilisasi AI dengan pengambilan 60fps. Fitur ini menantang kalian untuk menjadikan Samsung Galaxy S21 Series 5G merekam seperti kamera aksi.

Video 60fps yang dihasilkan super halus, memungkinkan kalian menghidupkan kembali momen tanpa melewatkan apa pun, anti patah-patah. Rasio bingkainya dinamis secara otomatis.

Bahkan mampu menyesuaikan kondisi kecerahan meski kalian merekam video dalam cahaya terang dan redup.

Dynamic Slo-Mo

dynamic slow-motion galaxy s21

Dengan menggunakan fitur Dynaminc Slo-Mo, kalian bisa merasakan nikmatnya menjadi seorang kreator yang dapat membuat video slow motion dengan kualitas terbaik.

Hasil video slow motion ciamik dan terlihat sangat sinematik dan dramatis, ini belum kami temukan pada versi hp lain yang memiliki fitur serupa.

Multi-Mic Recording

multi mic recording galaxy s21

Fitur menarik lainnya adalah Multi-Mic Recording. Fitur ini merupakan fitur yang yang membuat Ernest tidak khawatir lagi soal noise yang mengganggu kualitas suara di rekaman video.

Pasalnya, Galaxy S21 Series memiliki fitur merekam video dengan teknologi Multi Source Microphone. Dengan teknologi ini, sumber suara dapat diatur dari depan, belakang, maupun dari omni mic.

Fitur ini juga kompatibel dengan sumber suara dari external microphone melalui sambungan USB atau bahkan koneksi Bluetooth.

Bahkan, fitur ini dapat maksimal jika kreator memakai Galaxy Buds Pro yang difungsikan sebagai clip-on mic, jadi sumber suara lebih jernih dan minim bocor.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Ernest Prakasa bahwa ia kagum dengan fitur yang ada di Galaxy Buds Pro dengan kemampuannya sebagai clip-on mic.

Teknologi ini sebelumnya diterapkan di Galaxy Note20 Series

Fitur Terbaik Galaxy S21 Series 5G Lainnya

Ultrasonik FingerPrint

ultra sonic fingerprint

Ultrasonik Fingerprint tertanam dalam layar Galaxy S21 Series 5G dengan canggih dan lebih responsif berkat penggunaan chipset pemindai terbaru Qualcomm.

Ukurannya 1,7x lebih besar dan 50% lebih cepat dari generasi sebelumnya, kami membedakannya dengan versi hp lain yang juga menggunakan teknologi sensor fingerprint tanam.

Kami menemukan Galaxy S21 Series 5G yang kami gunakan bekerja dengan sensitifitas yang apik. Bahkan tetap mampu bekerja ketika kami ketuk dengan kondisi seperti terburu-buru, tak perlu menempel lama-lama seperti sedang melakukan cap jempol.

S Pen

galaxy s21 s pen

Samsung memberikan fitur S Pen di seri Galaxy S21 Ultra 5G, namun sayangnya dijual terpisah. Samsung juga menyiapkan versi S Pen Pro yang hadir dengan konektivitas Bluetooth.

S Pen untuk Galaxy S21 Ultra 5G tetap mendukung fungsi dasar S Pen pada umumnya.

Ada kabar bahwa Samsung akan terus mengembangkan fiturnya ke titik yang lebih canggih seperti milik seri Note20 dan Tab S7, tapi itu pada versi Bluetooth S Pen Pro diluncurkan akhir tahun ini.

Video Call Effect

samsung galaxy s21 video call effect

Pernah melihat seseorang menggunakan latar belakang mewah itu di Zoom? Yang membuatnya terlihat seperti kalian berada di tempat lain?

Nah, kalian dapat melakukannya di Galaxy S21 5G dalam panggilan video kalian. Untuk menggunakan efek ini kalian hanya butuh membuka Pengaturan kemudian klik More Features lalu Video Call Effect.

Nyalakan, lalu pilih apakah kalian ingin latar belakang kalian diburamkan, diberi warna atau gambar tertentu dari foto kalian.

Always On Display

always on display galaxy s21

Fitur Always On Display dari Samsung telah lama menjadi favorit kami. Fitur ini cukup memudahkan kami untuk melihat informasi dengan cepat atau mengontrol pemutaran audio.

Tetapi, dengan Galaxy S21 Series 5G, kalian dapat melakukan lebih banyak hal dengan fitur ini. kalian dapat mengaktifkan setiap widget yang ingin kalian gunakan, bersama dengan Show on Always On Display.

Caranya mengaktifkan fitur Always On Display ini juga mudah, cukup buka Setting kemudian masuk ke opsi Lock Screen kemudian pilih Widget. Hasilnya, setiap kali ponsel kalian terkunci dan AOD aktif cukup ketuk dua kali maka semua widget pilihan kalian akan terlihat.

Like us!

Komentar