Diperbaharui pada Rabu, 3 Februari 2021 | 11:03

Cara Menggunakan Fitur Single Take di Galaxy S21 Series 5G

Oleh Imam Ali

single take galaxy s21

Pasti kalian pernah melewatkan kesempatan berfoto atau memotret momen-momen unik tertentukan? Dan menyebalkannya, itu terjadi kertika kalian tidak yakin apakah hanya ingin mengambil foto atau malah terifikir untuk mengambil video, hingga akhirnya momennya sudah terlewat.

Bahkan hal tersebut seringkali terjadi oleh kami para jurnalis yang dituntut untuk stand by pada setiap momen ketika menghadiri suatu acara media press.

Seolah memikirkan hal-hal tak wajar tersebut Samsung menghadirkan fitur Single Take 2.0 pada seri terbaru Samsung Galaxy S21 Series 5G. Fitur ini sendiri sebenarnya sudah tak asing lagi jika kalian pernah menggunakan model Galaxy S20 sebelumnya.

Yap, fitur ini pertama kali diperkenalkan tahun lalu ketika Samsung melahirkan Galaxy S20 Series, dan menjadi salah satu fitur unik serta berguna dibanding Mode Pengambilan Tunggal atau Photo disaat tertentu.

Fitur ini dibangun dengan kecerdasan buatan (AI) rancangan Samsung yang ditingkatkan kapasitas rangkaian pengeditan komprehensif, serta koordinasi beberapa kamera untuk hasil maksimal dalam berbagai format tentunya.

Beberapa dari kalian mungkin akan berfikir, fitur ini tersedia untuk mereka yang amatir dibidang photography atau videography. Untuk kami, anggapan tersebut salah, karena pada dasarnya fitur ini hanya memberikan opsi yang lebih mudah.

Di sisi lain, kita di ajak untuk memilih hasil terbaik dari capture Single Take yang sudah kita lakukan, karena akan tersedia beragam format pada hasilnya.

Single Take 2.0 Samsung Galaxy S21 Series 5G

single take galaxy s21

Nah, kebetulan Pricebook dapat kesempatan untuk mencicipi salah satu dari hp Samsung Galaxy S21 Series 5G terbaru.

Samsung sudah membekalinya dengan perangkat lunak One UI 3.1 onboard terbaru, berikut sistem kamera dan prosesornya yang kompeten, bahkan terhitung kuat dipasaran saat ini.

Jadi kami mau berbagi bagaimana cara menggunakan Single Take 2.0 dan sedikit membocorkan hasil pengambilan gambar dengan fitur ini.

Sebagai informasi, untuk saat ini fitur Single Take 2.0 hanya ada di unit Samsung Galaxy S21 Series 5G. Kemungkinan versi 2.0 juga akan tersedia untuk ponsel Samsung lama lainnya di masa mendatang.

Tapi kami tidak tahu, apakah semua fitur akan disertakan, karena beberapa fitur hanya dimungkinkan untuk AI yang lebih unggul dan teknologi terkini seperti yang dimiliki Galaxy S21 Series 5G.

Punya 14 Komposisi Sekali Jepret

Single take samsung galaxy s21

Single Take 2.0 mampu menciptakan 14 komposisi individual yang berbeda? Sempat tak percaya dengan klaim ini, kami langsung mengulik dan mencoba kebenarannya. Hasilnya, sekali jepret dengan pengaturan default yang belum tersentuh setting, kamera Samsung Galaxy S21 Series 5G yang kami gunakan mampu memberikan deretan hasil gambar dengan beragam format.

Mulai dari satu klip video pendek, best shot (dipilih dari hasil terbaik dengan kontur, warna, hingga angle terbaik), foto hitam-putih, foto  dengan filter, video gaya pendek bergaya bumerang, video gerak lambat atau slow motion, dan beberapa gambar dengan perbedaan filter serta video dengan view dan kecepatan yang berbeda.

Seperti yang kami katakan di awal, fitur ini sangat berguna bagi kalian yang selalu terlambat saat mengabadikan momen. Bahkan untuk kalian yang plin plan dalam memutuskan apakah akan mengambil video, memotret biasa, menggunakan wide-angle untuk cakupan yang lebih luas, atau bahkan mode 108 megapiksel dengan detail yang lebih baik.

Kami melihat Versi 2.0 ini jauh meningkat dibandingkan versi pertama, terbukti dengan adanya opsi adegan yang lebih bervariasi dan banyak untuk membuat lebih banyak konten dengan sekali klik.

Samsung benar-benar memanfaatkan peningkatan prosesor dan AI mereka. Terutama dalam mengabadian ekspresi wajah, jadi ketika objek fotonya adalah manusia, hasil gambarnya akan menangkap senyum dengan mata terbuka, dan menghindari wajah buram hingga mata berkedip bahkan terpejam dengan sangat baik.

Cara Menggunakan Single Take 2.0

single take galaxy s21

Sekarang masuk ke tahap cara menggunakan Single Take 2.0 di kamera Samsung Galaxy S21 Series 5G. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menemukan fitur Single Take, posisinya berada pada deretan mode di dalam fitur kamera.

Penempatannya berada di samping mode Photo, tepat di atas tombol shutter, jadi kalian tak perlu ribet mencarinya pada tab option. Cukup buka aplikasi kamera dan lihat bilah geser menu di atas shutter.

Fitur Single Take ini jadi fitur pilihan pertama di sebelah kiri, kalian cukup menggesernya untuk mengaktifkannya. Penting untuk diingat, Single Take mode pengambilannya lebih seperti video pendek, bukan seperti mode photo, diperlukan objek bergerak ketika menggunakannya.

Ini yang unik, jika kalian memilih untuk lebih sering menggunakan Single Take, kalian bisa mengubah pengaturan kamera untuk selalu membuka aplikasi kamera dalam mode yang terakhir kalian gunakan.

Untuk melakukan ini cukup geser ke mode Single Take, ketuk ikon gear atau pengaturan, klik Setting to Keep, lanjutkan dengan mengaktifkan opsi Mode Kamera.

Kustomisasi Single Take

single take galaxy s21

Dalam penggunaannya, kami menemukan kebenaran baru yang mungkin menjawab benar atau tidak Single Take 2.0 mampu membuat hingga 14 adegan berbeda sekali jepret.

Hasilnya, memang benar, tetapi jumlah konten dihasilkan ditentukan oleh jumlah gerakan dan kegembiraan pada hasil jepretan utama. Jadi ketika tidak terlalu banyak gerakan dan kegembiraan untuk dipilih, AI dari Galaxy S21 Series 5G juga hanya akan memberikan opsi hasil yang terbatas.

Jadi jangan berharap selalu mendapatkan hasil dengan banyak format. Hal ini membuktikan kenyataan baru seberapat kinerja AI dengan prosesor ISP terbaik yang dimiliki Samsung.

Bahkan tidak semua hasil jepretan Single Take terdapat 'hasil terbaik'. Jadi pastikan, gunakan mode ini pada situasi dengan kemeriahan yang megah, penuh gerakan, tawa, dan canda di dalamnya.

Untuk menyiasatinya, kalian bisa memaksimalkan menu tersembunyi yang tersedia untuk memilih opsi hasil jepret Single Take.

Terdapat tombol panah yang menghadap ke bawah di kanan atas jendela kamera untuk melihat daftar apa yang dapat dihasilkan oleh Single Take. 

Misalnya, jika Anda tidak memerlukan video cukup klik panah di sebelah opsi itu untuk tidak lagi memunculkannya.

Bisa Bikin Video 10 Detik

single take galaxy s21

Kami cukup senang mencoba fitur Single Take, ini seperti hal baru dalam memanfaatkan fungsi kamera. Ada yang menarik, Single Take bisa diatur durasinya.

Bingung? Single Take ini seperti mode video, hanya saja berdurasi pendek dengan hasil beragam format. Nah, seperti yang kami utarakan sebelumnya, perlu banyak gerak dan ekspresi ketika menggunakan Single Take pada momen yang menurut kalian penting.

Karena fitur ini merekam, dan bukan memotret maka terdapat pengaturan durasi rekam, mulai dari 5 detik, 10 detik, hingga 15 detik. Waktu default yang digunakan di awal adalah 10 detik, dan ini kami rasa lebih pas.

10 detik tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat, dan ketika mencobanya cukup banyak hasil yang didapat, kembali lagi tergantung seberapa heboh momen yang kalian abadikan.

Di kanan bawah jendela bidik, Anda akan melihat ikon bertuliskan 10s. Cukup klik ini lalu geser untuk menyesuaikan panjang durasi rekaman.

Cara Menampilkan Hasil Single Take

single take 2.0

Setiap hasil kamera selalu ditampilkan di aplikasi Galeri seperti umumnya. Kalian dapat membedakannya dengan ikon lingkaran kecil di sudut kiri bawah gambar.

Cara menampilkan hasil dari Single Take juga pada dasarnya sama dengan hasil jepretan foto atau video ketika kalian memasuki aplikasi Galery, meskipun habit nya sedikit berbeda.

Buka satu dan kemudian geser ke atas pada layar untuk menampilkan semua bidikan khusus Single Take. Klik masing-masing untuk menampilkan previewnya di layar. Kemudian lalu klik sekali lagi untuk menampilkan kontrol berbagi dan juga edit di bagian bawah layar.

Meskipun Single Take mampu menghasilkan beragam jenis foto atau video untuk kalian, tampilan masing-masing dari hasil tersebut belum 100 persen sempurna.

Terlebih untuk kalian yang super kreatif dan sering melakukan re-touch pada setiap hasil foto kalian. Klik tombol edit dan kalian dapat mengubah setiap aspek foto atau video, seperti halnya melakukan edit foto dan video di hp.

Apakah Layak Digunakan?

single take galaxy s21

Single Take tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga untuk menggunakannya, tetapi apakah itu berarti kalian harus menggunakannya secara terus menerus? Ya, boleh saja, tetapi itu tergantung pada apa yang kalian ingin abadikan.

Jika kalian memotret objek seperti bunga, pemandangan, bangunan, atau apa pun yang tidak benar-benar bergerak, kami rasa mode Single Take tidak akan terlalu bermanfaat.

Tetapi jika kalian menerapkannya pada momen kebersamaan keluarga, teman, atau memilih objek hewan, acara olahraga, mobil melintas, serta aksi umum lainnya yang bergerak, Single Take patut dicoba karena memang itulah kegunaannya.

Bagaimana dengan hasilnya? Ada beberapa hal yang mengesankan tentang Single Take, dan ini akan sering membuat foto yang mungkin sulit kalian abadikan saat itu.

Selama pengujian kami mencoba mode ini pada mobil yang berjalan, orang berlari, momen ketika bergurau dengan tim internal Pricebook, dan lainnya.

Misalnya dalam kasus mobil bergerak, hasil foto berupa satu bingkai gambar yang diperbesar, kemudian dipotong ke rasio aspek 16: 9 dengan bidikan sempurna fokus pada kendaraan dengan latar belakang buram dan terdapat sedikit shadow karena pergerakan mobil.

Tanpa Single Take, hasil ini biasanya akan kami dapatkan pada mode pro dengan sedikit mengatur Aperture dan ISO untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan yang di dapatkan Single Take.

Kesimpulan

single take 2.0 galaxy s21

Kamera Galaxy S21 Series 5G luar biasa berkat kemajuan teknis pada ponsel. Fitur Single Take 2.0 menunjukan sisi perkembangan yang menjadikannya lebih unggul dari Galaxy S20 Ultra ataupun smartphone lainnya saat ini.

Mode Single Take memang bisa kalian katakan cocok dan pas untuk pemula foto. Tetapi jangan salah, meskipun kalian seorang fotografer yang andal, ada banyak peluang kreatif yang bisa kalian manfaatkan pada mode Single Take.

Like us!

Komentar