Diperbaharui pada Selasa, 2 Februari 2021 | 14:44

4 Hal yang Kami Sukai dari Fitur Director’s View di Samsung Galaxy S21 5G

Oleh Restu Aji Siswanto

Dewasa ini, video telah menjadi format yang paling populer untuk berbagi. Terlebih lagi dengan hadirnya platfrom media sosial yang bertumpu pada konten video seperti TikTok, yang popularitasnya menyusul Youtube.

Berlandaskan pada tren inilah, kehadiran Samsung Galaxy S21 5G dengan teknologi kamera pro grade, bagaikan sebuah jawaban bagi para kreator konten dalam berkarya sebebas mungkin, dengan hasil video terbaik di kelasnya.

Salah satu fitur kamera yang diperkenalkan pada Galaxy S21 5G adalah Director’s View, dimana pengguna dapat merekam video secara profesional, menggunakan tiga kamera yang ada pada perangkat ini, untuk menghasilkan video sinematik.

Sebenarnya, apa fitur Director’s View ini, dan kenapa menjadi begitu istimewa pada jajaran Samsung Galaxy S21 Series 5G? Jawaban dari pertanyaan inilah yang ingin kami cari. Tentu dengan mencobanya secara langsung.

Kesan Pertama Menggunakan Fitur Director’s View

Fitur Director’s View pada Samsung Galaxy S21 5G memungkinkan pengguna untuk menentukan mode pengambilan video yang diinginkan. Selain hasil video jadi terlihat profesional, cerita yang ingin disampaikan melalui video juga lebih mudah diterima.

Kenapa hal ini menjadi mungkin? Karena ketika kami mencobanya langsung, memang terasa sekali perbedaannya ketika merekam video dengan cara yang umum, menggunakan satu sudut pengambilan gambar saja.

Ketika digunakan untuk mengambil gambar suasana lingkungan disekitar misalnya. Pada saat perekaman menggunakan lensa Ultra Wide, kesan luasnya terasa sekali. Lalu ketika kami mencoba berganti angle dengan lensa Telephoto, feel-nya langsung berubah.

Kamera Telephoto dapat menangkap detil dengan sangat baik. Apalagi ketika terjadi interaksi pada objek yang sedang direkam. Kami cukup kagum dengan perbedaan yang sangat mencolok ini.

Hal yang sama kami rasakan ketika mencoba untuk merekam video vlog dengan berjalan di lingkungan sekitar kediaman kami. Perpindahan sudut kameranya terasa mulus sekali.

Perbedaan terasa ketika perpindahan dari satu sudut pengambilan gambar ke sudut lainnya, terutama pada saat berinteraksi dengan orang di sekitar. Layaknya sebuah kamera yang sedang bercerita.

Nah, bermodalkan kesan pertama ini, kami jadi tertarik untuk mengeksplor lebih jauh segala kelebihan yang ditawarkan oleh fitur Director’s View, dan berikut ini ulasan kami.

Kelebihan Director’s View di Samsung Galaxy S21 5G

Setelah kesan saat pertama kali menggunakannya tersebut, kami merasakan langsung kelebihan dari fitur Director’s View pada perangkat Samsung Galaxy S21 5G. 

Fitur ini sendiri merupakan sistem yang digunakan pada saat perekaman video, dengan menampilkan gambar live dari ketiga kamera pada Galaxy S21 5G secara bersamaan.

Kami dapat dengan bebas berganti sudut pandang, dengan menggunakan salah satu dari ketiga kameranya, selama proses perekaman.

Selama melakukan ini, kami merasakan kemudahan dalam hal navigasi. Apalagi Samsung Galaxy S21 5G ini cukup nyaman digenggaman. Pengoperasian dengan satu tangan pun dapat dilakukan dengan mudah.

Selain itu, kamera depannya juga dapat diaktifkan pada fitur Director’s View, yang mana sebagai kreator konten, hal ini sangat memudahkan proses editing, karena picture-in-picture dapat langsung dilakukan.

Sistem kamera berkualitas tinggi dengan teknologi pemrosesan gambar terkini, menjadi poin lebih yang ditawarkan oleh fitur Director’s View.

Memaksimalkan Director’s View di Galaxy S21 5G

Pricebook berkesempatan untuk mencoba langsung perangkat Samsung Galaxy S21 5G dan mengeksplor fitur Director’s View. Berikut ini keuntungan yang kami rasakan selama menggunakannya.

1. Dapat Menggunakan Tiga Kamera Sekaligus

Keuntungan pertama yang kami rasakan ketika pertama kali menggunakan kamera Samsung Galaxy S21 5G adalah fitur Director’s View yang memungkinkan kami untuk menggunakan tiga kamera sekaligus.

Untuk mengakses fitur ini, hanya perlu membuka aplikasi kamera pada Galaxy S21 5G, lalu pilih tab ‘More’. Fitur Director’s View dapat ditemukan dengan mudah melalui ikon bergambar tombol play video.

Penggunaan tiga kamera pada saat perekaman sangat memudahkan ketika kami perlu untuk mengubah fokus, saat ingin mengambil detil-detil kecil pada saat perekaman, yang terlewatkan bila gambar direkam dengan sudut pandang yang luas.

Kemudahan untuk berpindah dari kamera Telephoto, Wide, dan Ultra Wide, dapat dilakukan hanya dengan satu sentuhan. Live Thumbnail dari masing-masing kamera dapat disembunyikan tanpa mengganggu proses perekaman.

Kami mencobanya pada posisi horizontal dan vertikal. Pada kedua posisi pengambilan gambar ini, posisi tangan ketika memegang perangkat, sangat nyaman.

Sudut lengkung pada Samsung Galaxy S21 5G juga mampu menopang jari dengan sangat baik, sehingga tidak membuat jari sakit. Untuk berganti dari satu sudut perekaman ke sudut lainnya, bisa kami lakukan dengan pengoperasian satu jari yang mudah.

2. Mendukung Kebutuhan Kreator Konten

Selain yang sudah kami sebutkan diatas, kita juga bisa menambahkan satu lagi layar yang berasal dari kamera bagian depan (kamera selfie), untuk merekam ekspresi saat sedang mengambil gambar. 

Tampilan yang mirip dengan konsep video chat ini sangat menguntungkan para kreator konten yang senang membuat video reaksi. Ketimbang melakukan editing terpisah setelah video direkam, kami bisa melakukannya langsung saat perekaman.

Kami mencoba melakukan perekaman dengan menggunakan semua kamera belakang dan kamera selfie Galaxy S21 5G. Hasilnya, gambar yang direkam memiliki kualitas yang sangat baik.

Kamera utama Samsung Galaxy S21 5G memiliki konfigurasi 12 MP (Wide) + 64 MP (Telephoto) + 12 MP (Ultra Wide) dengan bukaan f/1.8, f/2.0, dan f/2.2.

Pada saat kami menggunakan kamera Wide, hasil gambarnya cukup tajam, dengan tingkat bokeh yang halus. Begitupun ketika kami berpindah ke kamera Ultra Wide.

Saat membutuhkan detil yang lebih jelas, kami berpindah ke kamera Telephoto yang hasilnya juga cukup mengejutkan. Detil gambar terlihat sangat jelas dan tajam.

Bokeh yang dihasilkan pada kamera Telephoto Galaxy S21 juga halus dan terlihat natural, layaknya menggunakan kamera video konvensional. Pada ruangan yang minim cahaya pun, noisenya tidak terlihat.

Selain itu, saat dipakai untuk merekam dengan cara berjalan mengelilingi ruangan, gambar yang dihasilkan cukup stabil. Kamera Galaxy S21 5G sangat mendukung untuk kebutuhan vlogging.

Fitur dan teknologi ini tentunya akan sangat menguntungkan para kreator konten, karena bisa langsung mengunggah konten video di Youtube, dan media sosial dengan lebih cepat, karena tidak perlu mengedit video secara terpisah.

3. Merekam Secara Profesional

Saat digunakan untuk merekam video, tampilan pada layar Director’s View terbagi menjadi empat, yang terdiri dari layar perekaman utama, lalu ada layar dari kamera Telephoto, Wide, dan Ultra Wide, pada sisi kanan layar, tepat disebelah tombol shutter.

Layar-layar kecil ini berupa live thumbnail, dimana kita bisa melihat gambar apa yang terlihat dari sudut kamera berbeda, sehingga bila kebutuhan gambar berubah, kita bisa berpindah dengan mudah.

Walaupun terdapat banyak layar pada ruang perekaman gambar, namun tidak menghalangi kami untuk bernavigasi ketika merekam video. Malah, hal ini memudahkan ketika kami membutuhkan sudut lain pada kamera.

Lagi pula, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, live thumbnail ini bisa disembunyikan di sisi kanan layar perekaman video.

Yang kami suka, bila semua kamera diaktifkan, fitur Director’s View jadi terlihat seperti ruang editing seorang sutradara. Kami senang melakukan perekaman dengan fitur ini, dan hasil videonya pun menjadi sangat sinematik.

Kecanggihan teknologi kamera ini berkat adanya sistem kamera yang dibuat dengan Application Processor (AP) terbaru, yang sudah mendukung Image Signal Processor (ISP). Sistem ini dapat mengontrol hingga 3 lensa kamera secara bersamaan.

4. Hemat Baterai

Dengan semua kelebihan yang sudah kami rasakan ketika mencoba langsung fitur Director’s View pada Samsung Galaxy S21 5G. Timbul satu pertanyaan, bagaimana dengan baterainya?

Baterai merupakan salah satu elemen yang menurut kami sangat krusial pada smartphone, terutama bila dibekali dengan berbagai fitur yang canggih. Tentunya akan menguras daya baterai yang besar.

Samsung Galaxy S21 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang sudah mendukung pengisian daya cepat 25W.

Dengan adanya fitur Director’s View, tentunya konsumsi daya baterai menjadi salah satu hal yang perlu menjadi perhatian kami ketika mengulas smartphone ini.

Live thumbnail pada Galaxy S21 5G ini menurut kami adalah solusi yang tepat, karena bisa dibayangkan bila semua kamera aktif disaat yang bersamaan, maka akan mengonsumsi lebih banyak daya baterai.

Opsi untuk menyembunyikan live thumbnail ketika tidak digunakan, merupakan solusi yang sangat baik dari Samsung.

Untuk membuktikannya, kami melakukan perekaman dengan Director’s View selama seharian penuh. Baterai kami isi penuh 100 persen, dan mulai menggunakannya pada sekitar pukul 10 pagi.

Dalam satu hari, kami terus melakukan berbagai pengujian kamera Galaxy S21 5G, terutama dengan menggunakan fitur Director’s View.

Hasil dari pengujian kamera menggunakan fitur Director’s View selama seharian penuh, menyisakan daya baterai 40 persen. Kami bisa mengatakan, bahwa klaim baterai yang hemat pada fitur ini adalah benar, dan kami cukup puas dengan hasil pembuktiannya.

Kesimpulan

Setelah mencoba langsung dan merasakan manfaat serta kemudahan fitur Director’s View pada saat melakukan perekaman video dengan Samsung Galaxy S21 Ultra, kami merasa, ini lah smartphone yang cocok untuk para kreator konten.

Kemudahan pengambilan gambar dengan fitur Director’s View, membuat kualitas video yang direkam dengan kamera smartphone, setara dengan kualitas video dari kamera konvensional.

Hasilnya adalah sebuah video sinematik yang terbaik di kelasnya.

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM ROM GPU Resolusi Kamera Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan 1 USB Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy S21 5G RAM 8GB ROM 256GB 6.2 inch 2100 11 8 GB 256 GB Mali-G78 MP14 64 MP 12, 12 MP 10 MP Type-C, USB OTG 4000 mAh
Samsung Galaxy S21 5G RAM 8GB ROM 128GB 6.2 inch 2100 11 8 GB 128 GB Mali-G78 MP14 64 MP 12, 12 MP 10 MP Type-C, USB OTG 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar