Diperbaharui pada Selasa, 2 Februari 2021 | 13:25

Menjajal Fitur Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G, Video Jadi Lebih Epik

Menjajal Fitur Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G
Smartphone Samsung tidak hanya berkualitas, tapi juga selalu hadir dengan inovasi baru yang tidak dimiliki pesaingnya. Termasuk di flagship terbaru mereka yaitu Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Jika sebelumnya menghadirkan fitur Single Take yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto dan video secara bersamaan hanya sekali klik, kini Samsung mempekenalkan fitur baru bernama Director’s View.

Fitur Director’s View sendiri berkaitan dengan kamera, terutama perekaman video. Dimana fitur ini akan berpadu dengan sistem kamera berkualitas tinggi di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang mengusung Quad-Camera (Ultra Wide, Wide, dan Dual Tele-Lens).

Konfigurasinya terdiri dari kamera Ultra Wide 12MP, Wide-angle 108 MP, Dual Tele-Lens 10 MP serta dilengkapi fitur Space Zoom hingga 100X.

Nah, hadirnya fitur Director’s View akan memberikan pengalaman baru yang lebih menyenangkan untuk pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Namun, sebagai inovasi yang benar-benar baru, mungkin masih banyak yang bertanya apa itu Director’s View dan bagaimana menggunakan fitur ini.

Untuk lebih jelasnya, yuuk simak ulasan dibawah ini.

Apa itu Director’s View?

Menjajal Fitur Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G
Singkatnya, fitur ini memungkinkan pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra 5G untuk menentukan lensa mana yang digunakan untuk merekam video sekaligus memberikan tampilan dari tiap sudut pengambilan gambar yang tersedia.

Dalam artian, kita bisa berpindah-pindah lensa, antara lensa Tele, Wide, atau Ultra Wide hanya dengan sekali perekaman. Sehingga akan menghasilkan video yang lebih menarik dan berkesan.

Selain itu, tersedia juga Vlogger Mode yang memungkinkan kita untuk merekam menggunakan kamera belakang dan depan secara simultan. Itu artinya kita bisa menggunakan semua kamera yang ada di Samsung Galaxy S21 Series saat menggunakan Director’s View.

Hal tersebut sangat dimungkinkan berkat dukungan performa dari Exynos 2100 yang 30% lebih cepat dan 10% lebih hemat daya dari Exynos generasi sebelumnya.

Sehingga memungkinkan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G untuk menjalankan Image Signal Processor (ISP) yang mampu memproses video yang diambil oleh empat lensa di saat yang sama, yakni tiga lensa di belakang dan satu lensa di depan.

Menjajal Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G

Menjajal Fitur Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G
Kesan pertama menggunakan fitur Director’s View di Galaxy S21 Ultra ini sangat mudah. Cukup buka aplikasi kamera dan masuk ke menu ‘More’. Akan terlihat juga mode-mode pengambilan gambar lainnya, cari Director’s View atau Tampilpan Sutradara (jika menggunakan bahasa Indonesia).

Kita pun bisa mengaksesnya dengan cepat tanpa harus masuk ke menu ‘More’dengan membuat shorcut yang memunculkan fitur Director’s View langsung di bagian atas shutter.

Caranya cukup sentuh dan tahan fitur Director’s View lalu geser kebawah pada tab utama. Sehingga kita tak perlu mengakses tab More terlebih dulu untuk menggunakan fitur tersebut.

Saat diaktifkan, pada layar akan mucul Live Thumbnail yang memunculkan tampilan dari tiga lensa belakang di sebelah kanan dan tampilan Vlogger Mode (yang akan kami jelaskan juga) di sebelah kiri.

Interface nya simpel dan mudah dipahami. Di bagian atas merupakan lensa tele yang digunakan untuk tampilan jarak dekat (close up).

Di tengah lensa wide untuk frame lebar dan bagian bawah adalah lensa ultra wide untuk tampilan frame yang jauh lebih luas. Penggunaannya pun mudah, pilih mana tampilan lensa yang terbaik, lalu memilihnya dengan satu sentuhan.

Beralih antar lensa juga hanya dengan sekali tap. Sangat menarik, karena kita bisa menghasilkan berbagai angle hanya dengan sekali proses perekaman.

Menjajal Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G

Bandingkan saat mencoba merekam video tanpa fitur Director’s View, pertama merekam menggunakan kamera tele untuk angle close up, lalu mematikan perekaman untuk beralih kamera mengambil angle wide.

Kemudian kembali mematikan rekaman untuk berpindah angle ke wide, hal ini menjadi tidak efisien. Kami pun puas dengan hasil perekaman video menggunakan fitur Director’s View ini.

Selain lebih mudah juga tidak perlu repot mengedit video. Karena dengan fitur Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G, kami bisa memvisualisasikan adegan dan scenery seperti apa yang bisa diabadikan dan langsung terlihat hasilnya.

Setidaknya kami bisa menjadi sutradara dan membuat video epik dengan hasil lebih Pro. Oiya, Director's View juga memiliki fitur tambahan bernama Vlogger View.

Fitur ini memungkinkan kita merekam video dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Artinya, semua kamera Galaxy S21 Ultra 5G dapat digunakan saat Vlogger View diaktifkan.

Serunya kita bisa mengatur tampilan wajah, bisa setengah layar atau dalam ukuran yang kecil yang dimunculkan pada tampilan utama. Caranya cukup pilih kotak persegi di kanan atas layar dan pilih tampilan sesuai keinginan.

Menurut kami ini cukup menarik, karena kita dapat membuat video lengkap dengan menampilkan ekspresi wajah kita sendiri. Tapi hal penting yang harus diingat, proses ini akan merekam dua kamera menjadi satu file, jadi video yang dihasilkan tidak dalam file yang terpisah.

Baterai Tetap Awet

galaxy s21 ultra
Aktivitas pemrosesan video yang dilakukan oleh tiap-tiap lensa secara simultan pastinya butuh kegiatan komputasi besar yang akan berdampak pada terkurasnya daya baterai.

Tapi tidak perlu khawatir, karena Samsung telah mengoptimalkan penggunaan fitur Director’s View agar hasil pengambilan video tetap maksimal tanpa menghabiskan baterai perangkat secara drastis.

Dimana Samsung merancang Live Thumbnails agar tersembunyi dari layar saat tidak digunakan dalam waktu tertentu. Untuk mengaksesnya kembali cukup dengan mengetuk layar ponsel.

Apalagi pada Samsung Galaxy S21 Ultra 5G sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, yaitu sebesar 5.000mAh. Jika habis pun kita bisa mengisi ulang baterainya dengan cepat karena sudah dibekali dengan teknologi Fast charging 25W serta mendukung wireless charging 15W.

Jadi, siap membuat video dengan fitur Director’s View di Galaxy S21 Ultra 5G?

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan USB Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G RAM 12GB ROM 256GB 6.8 inch 2100 11 12 GB 256 GB Mali-G78 MP14 108 MP 10, 12, 10 MP 40 MP Type-C, USB OTG 5000 mAh
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G RAM 16GB ROM 512GB 6.8 inch 2100 11 16 GB 512 GB Mali-G78 MP14 108 MP 10, 12, 10 MP 40 MP Type-C, USB OTG 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.