Diperbaharui pada Senin, 1 Februari 2021 | 14:07

Ada S Pen di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, Buat Apa?

Oleh Imam Ali

S Pen Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Kalian pastinya sudah tahu kabar tentang kehadiran S Pen pada device Galaxy S21 Ultra 5G kan? Yap, itu benar adanya meski konon katanya masih dijual secara terpisah untuk saat ini.

Jika kalian sudah familiar dengan S Pen dari series Galaxy Notes sebelumnya, penggunaannya pun dirasa cukup serupa. Namun terdapat beberapa dukungan latensi rendah di aplikasi tertentu, itu kata pihak Samsung saat launchingnya.

Lantas kenapa Samsung ngotot memberikan fitur S Pen di seri Galaxy S21 Ultra 5G? Apakah keberadaan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G akan mengganggu superioritas dari Galaxy Notes Series karena adanya S Pen? Lantas Apa kegunaan S Pen di Galaxy S21 Ultra 5G?

S Pen Galaxy S21 Ultra 5G Lebih Besar dari Galaxy Note20

S Pen Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Seperti yang kami utarakan sebelumnya, bahwa S Pen untuk Galaxy S21 Ultra 5G dijual terpisah, bisa dikatakan eksklusif. Dilihat dari desain, alasan yang dapat kami kemukakan adalah, S Pen Galaxy S21 Ultra 5G ini memiliki tampilan lebih besar dari S Pen yang dimiliki Galaxy Note20.

Bahkan dari desain yang diusung pun cukup berbeda, model khusus untuk Galaxy S21 Ultra 5G ini terlihat dan terasa lebih seperti pena asli. Hadir dengan tampilan matte serta bentuk yang nyaman, ada satu tombol, dan kepala pena yang bisa diganti.

S Pen ini mengingatkan kembali penguji pada model stylus Galaxy Tab S7+ dari bentuk desainnya.

Tak hanya itu, Samsung juga menyiapkan versi S Pen Pro yang hadir dengan konektivitas Bluetooth. Tapi jangan salah, meskipun kalian memiliki S Pen berkemampuan Bluetooth dari versi Samsung Galaxy Note, kalian tetap tidak akan bisa menjalankan fitur Air Actions pada Galaxy S21 Ultra 5G ini.

Bisa dikatakan tidak akan berfungsi, mungkin ini menjawab pertanyaan apakan S Pen Galaxy S21 Ultra 5G akan menggantikan S Pen Stylus milik Galaxy Notes Series.

Sejauh pengamatan kami keduanya memiliki sistem pengembangan yang sedikit berbeda, terutama pada modul yang tertanam di device S21 Ultra 5G. Jadi tetap tidak bisa sembarangan pairing dengan S Pen lain.

Pada dasarnya, S Pen untuk Galaxy S21 Ultra 5G tetap mendukung fungsi dasar S Pen pada umumnya. Ada kabar bahwa Samsung akan terus mengembangkan fiturnya ke titik yang lebih canggih seperti milik seri Note20 dan Tab S7, tapi itu pada versi Bluetooth S Pen Pro diluncurkan akhir tahun ini.

Fungsi S Pen di Galaxy S21 Ultra 5G

fungsi S Pen Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Berikut ini kami akan sedikit jelasnya fungsi dan kegunaan dari S Pen bagi pengguna Galaxy S21 Ultra 5G.

Membuat memo dalam keadaan layar mati, kalian bisa menggunakannya untuk warning atau sekedar catatan pemberitahuan sederhana. Cukup tekan tombol S Pen saat ponsel dalam keadaan siaga dan lanjutkan dengan menulis catatan, kemudian dapat kalian sematkan ke dalam Always-On Display atau simpan untuk referensi nanti.

Saat S Pen kalian berada di dekat layar dalam keadaan ponsel tidak terkunci, menu Air Command secara otomatis akan muncul, tak perlu melakukan klik atau mengetuk layar.

Tapi kalian tetap dapat mengetuk ikon atau menekan tombol pena untuk memanggil menu Air Command tersebut. Kalian bisa menambahkan Shortcut yang pastinya dapat kalian sesuaikan, dan itu bisa berupa fitur S Pen atau pintasan ke aplikasi.

Advance Screen Shot, fitur ini dipastikan menjadi salah satu fitur penggunaan utama S Pen di semua hp Samsung dengan S Pen. Smart Select memungkinkan kalian mengambil tangkapan layar dengan bentuk berbeda, termasuk mengekstrak teks, atau menyematkannya di layar.

fungsi S Pen Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Sebagai alternatif, kalian juga dapat membuat animasi pendek berformat GIF. Kalian bisa gunakan fitur Scree Write pada hasil tangkapan layar penuh.

Kalian bisa menggunakan set lengkap pena dan kuas yang berbeda untuk berkreasi, bahkan kalian juga bisa melakukan crop jika dibutuhkan.

Ada banyak kasus penggunaan lain yang lebih kecil penggunaan S Pen terutama yang berhubungan dengan Air View. Misalnya, kalian dapat mengarahkan kursor ke gambar di galeri untuk pratinjau atau memperbesar untuk melihat detail.

Kalian juga bisa melakukan scroll atas dan bawah dengan mengarahkan S Pen ke tepi layar, secara tidak langsung menjadikannya sebagai mouse.

6 Aplikasi yang Bisa Dimaksimalkan dengan S Pen

Lebih jelasnya, berikut beberapa aplikasi dan fitur utama Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang bisa kalian maksimalkan penggunaanya dengan menggunakan S Pen.

Notes

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G S Pen

Aplikasi Note ini salah satu yang mendukung tampilan low-latency dan terasa seperti kalian menulis pada kertas nyata. Jujur, ini lebih mudah dibandingkan menulis pada kertas.

Kalian dapat mengubah teks tulisan tangan menjadi file word, diagram PDF, hingga gambar dan sketsa untuk File PowerPoint.

Screen Write

Di versi Galaxy Notes ini juga bisa dilakukan, sama seperti membuat Note. Kalian bisa mengaplikasikan fitur ini setelah melakukan screeshot. 

Misalnya, kalian melihat sesuatu yang keren di video, cukup tekan opsi Scree Write kalian bisa langsung membuat orat-oret untuk dibagikan dengan teman kalian, sesederhana itu.

Screen Translate

Screen translate juga merupakan opsi menarik untuk kami dan sangat berguna tentunya. Meskipun tidak menerjemahkan seluruh kalimat, namun pengguna akan sangat terbantu dengan setiap kata yang diterjemahkan. Pilih bahasa dan mulai mengarahkan kursor ke teks dengan S Pen, kalian akan mulai melihat gelembung dengan terjemahannya.

Write on Calender

fungsi samsung galaxy s21 ultra 5g s pen

Write on calender atau fitur tulis di kalender juga merupakan hal baru buat penguji, ini mungkin dikarenakan penguji tidak sepenuhnya menguji S Pen pada versi Notes dan tidak tahu fitur ini ada atau tidak.

Tapi tetap saja kami masih mencaritahu fungsi sesungguhnya dari fitur yang satu ini. Apakah seperti membuat memo di kalender atau memberi lambang dan tanda penting di kalender, kami belum mencoba ini.

Beberapa fitur di atas sangat berguna untuk menunjang pekerjaan harian kalian. Nah, fitur di bawah ini juga bisa kalian maksimalkan dengan menggunakan S Pen, dan ini berhubungan dengan kamera.

Banyak yang bertanya sebelumnya di beberapa forum lokal maupun global, apa yang bisa dilakukan S Pen pada kamera? Samsung menjawab dengan beberapa fitur ini pada Galaxy S21 Ultra 5G.

Live Message

Penup samsung galaxy s21 ultra

Fitur Live Message ini menurut kami jadi fitur yang cukup keren dan mudah untuk digunakan, mungkin beberapa dari kalian jarang menggunakannya karena setelah di kulik fitur ini juga tersemat di versi Galaxy Notes.

Fitur ini membutuhkan kinerja kamera untuk menangkap video dan selanjutnya kalian dapat menulis serta mencorat-coret gambar. Keren kan? Pengguna Instagram, Twitter atau TikTok pasti menyukai fitur ini, penguji berharap ini bisa terintegrasi.

AR Doodle

Fitur AR Doodle ini sejatinya merupakan fitur skin atau face drawer. Menggunakan fungsi kamera depan atau kamera selfie untuk melakukan screening pada wajah.

Setelah wajah berhasil di scanning dan screening oleh AI kamera depan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, kalian dapat menggambar orat-oret di atasnya, mulai dari menggambar kumis, alis atau untuk kalian yang kreatif bisa menggambar tattoo atau hal unik lain di wajah.

Gambar-gambar tersebut secara otomatis menempel adegan selfie kalian. Misalnya, kalian menggambar tanduk dan kemudian melakukan perekaman video, maka tanduk tersebut juga ikut muncul pada hasil video.

Ini jadi fitur yang unik untuk beberapa orang kreatif dan juga para penggiat media sosial. Karena dengan fitur ini, tampilan story atau feed mereka pasti lebih seru.

PENUP

Terakhir, memang tidak menggunakan kamera tapi cukup pas untuk berkreasi, adalah PENUP aplikasi drawing resmi dan official dari Samsung ini secara khusus diciptakan untuk membantu kalian mengekspresikan imajinasi kalian dengan menggunakan S Pen sebagai kuas untuk menghasilkan sebuah mahakarya dalam bentuk lukisan.

Pada aplikasi kalian juga bisa menggunakan beberapa template yang tersedia dan memberikan warna sesuai selera kalian.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G S Pen

Terlepas dari pertanyaan apakah Samsung Galaxy S21 Ultra 5G akan merusak eksistensi dari Samsung Galaxy Notes, keberadaan S Pen cukup melebihi ekspektasi untuk penggunaan yang sederhana pada Galaxy Ultra S21 5G.

Banyak fitur-fitur menarik yang bisa dimaksimalkan dengan S Pen pada Galaxy S21 Ultra 5G yang cenderung membantu produktivitas dan kreatifitas penggunanya.

Like us!

Komentar