Diperbaharui pada Senin, 28 Desember 2020 | 18:32

Review Notale NTL-VC1, Vacuum Cleaner Anti Tungau Hemat Listrik

Oleh Imam Ali

notale vacuum cleaner

Dewasa ini, vacuum cleaner mulai jadi andalan para ibu rumah tangga. Selain lebih simple, penggunaan vacuum cleaner tidak terlalu memakan banyak tenaga.

Cara menggunkan vacuum cleaner juga terbilang mudah, tinggal colok lalu sodorkan pada bagian atau lokasi yang kotor serta berdebu. Namun, tahukah kalian kalau saat ini inovasi vacuum cleaner sudah sangat masif dengan hadirnya beragam fitur.

Penyedot debu bertenaga listrik dengan ukuran kecil dan ringan sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1907. Namun sejatinya, mesin penyedot debu atau vacuum cleaner sendiri pertama kali muncul jauh di tahun 1871 dengan ukuran sebesar gerobak bakso.

Beragam merek vacuum cleaner pastinya sudah banyak kalian temui di pasar Indonesia dengan bermacam teknologi dan juga ukuran. Kali ini, Pricebook mencoba mencicip salah satu produk vacuum cleaner terbaru dari Notale.

Diberi nama Notale NTL-VC1, produk ini hadir dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau pada setiap platform marketplaces di Indonesia saat ini.

Bahkan dari hasil terlusur tim, Notale vacuum cleaner NTL-VC1 cukup menjadi mesin penyedot debu dengan harga murah yang banyak dicari saat ini. Apa alasannya? Seberapa baik fitur yang diusung?

Berikut hasil ulasan dari vacuum cleaner Notale NTL-VC1 yang konon kabarnya memiliki fitur sinar ultraviolet dan anti tungau yang baik.

Review Notale NTL-VC1

Desain

review notale ntl-vc1

Secara desain, vacuum cleaner ini memiliki bodi yang unik lekuknya. Jika kalian pernah melihat film Wall-E bentuk vacuum ini nyaris mirip dengan si robot mungil berbadan kotak tersebut.

Bedanya, vacuum cleaner Notale ini tidak memiliki kaki, dan bentuk kontaknya tidaklah kotak melainkan silinder datar dan bukanlah bodi melainkan moncong dari mesin penyedot debu.

Di atas silinder tersebut terdapat sebuah tabung pembuangan untuk menampung debu dan kotoran yang tersedot vacum.

Sementara di bagian ekor berbentuk bulat dan berfungsi sebagai mesin penyedot. Secara detail, lekuk bodinya membentuk angka 8 dengan salah satu bagian yang melebar.

Bobot vacuum cleaner ini tak sampai 2Kg, dan itu membuatnya sangat ringan. Percaya atau tidak, vacuum cleaner Notale lebih ringan dari penyedot debu listrik pada umumnya.

Fitur dan Kinerja

vacuum cleaner notale

Tak banyak yang perlu dibahas dari sisi bodi, simple dan unik jadi identitas Notale dan juga pembeda dari produk vacuum cleaner lain.

Berlanjut pada fitur, sebelumnya Pricebook sempat mengatakan vacuum cleaner di Indonesia saat ini sangat beragam dengan berbagai bentuk, ukuran dan juga fitur.

Nah, ada yang unik pada penyedot debu Notale ini. Selain desain yang unik, NTL-VC1 punya 3 buah fitur dahsyat yang terkandung dalam tubuh mungilnya.

Fitur ini masih jarang ditemui pada vacuum cleaner saat ini, dan mungkin menjadi sebuah teknologi tambahan baru untuk menunjang kesehatan di tengah pandemi.

Vacuum Cleaner Notale NTL-VC1 mampu membunuh kuman, bakteri, hingga serangga seperti tungau. Manfaat ini sangat berasa ketika Pricebook mencoba pada sofa, kasur dan juga karpet.

Perbedaannya cukup terasa, kasur penguji jadi lebih nyaman, bahkan karpet yang biasanya disedot dengan vacuum cleaner biasa, bersihnya lebih terasa saat kami menggunakan penyedot debu NTL-VC1 ini.

Efek paling mudah dikenali adalah ketika tidur atau sekedar merebahkan tubuh pada kasur ataupun karpet tanpa tambahan alas, terlebih saat menghirup udara ketika merebahkan diri, lebih terasa ringan dibanding sebelum dibersihkan menggunakan Notale vacuum cleaner.

Fitur remove dust bekerja dengan baik dalam menyedot debu pada permukaan kasur dan juga karpet serta sofa.

Tak sampai disitu, dengan kapasitas penggunaan daya yang minim pada 450 Watt dengan teganggan 220v-50hz serta daya hisap 14 kPa, penyedot debu ini bisa mengeringkan selimut.

Dengan daya hisap 14 kPa yang dimiliki, vacuum cleaner ini mampu menyedot sebuah bola tennis dengan sangat mudah. Tapi ini bukan penyedot bola tennis, melainkan sebuah penyedot debu.

vacuum cleaner UV

Daya hisapnya sangat baik jika dibandingkan dengan ukurannya yang kecil, kami sedikit khawatir dengan persediaan daya tampung dengan daya hisap yang lumayan kuat untuk ukurannya ini, orang biasa akan bilang “luber”.

Tapi kami tidak mencobanya pada selimut, melainkan selembar kain sebagai pengganti selimut.

Dan itu berhasil, kain yang kami gunakan kering dengan presentase 80%, dan itu masuk kategori hebat untuk kami.

Keberadaan teknologi sinar ultraviolet makin membantu proses pengeringan tersebut dengan sangat baik.

Mungkinkah vacuum cleaner ini bisa jadi alternatif ketika musim hujan tanpa terik matahari menyerang? Sepertinya patut dipertimbangkan.

Mungkin butuh sebuah tes mendalam, tapi seperti yang kami coba, fitur UV yang dimiliki selain membantu percepatan pengeringan kain yang kami miliki.

Tak hanya itu, reaksi sinar UV ini juga sepertinya jadi pengaruh besar untuk membunuh tungau serta bakteri-bakteri penyebab penyakit dan mengurangi efektivitas penyebaran virus pandemic di rumah.

Ini cukup unik, mengingat beberapa vacuum cleaner yang pernah dicoba pricebook belum memiliki bahkan tidak memiliki fitur ini.

vacuum cleaner hepa

Bicara kapasitas tampung, penyedot debu ini memiliki kapasitas cukup dengan tabung yang mampu menampung hingga 300 mL debu dan kotoran.

Penampung debu pun sangat mudah dibersihkan, bahkan pengguna tak perlu khawatir debu yang tersedot akan tercecer kembali, cupnya terbuka dari atas.

Untuk melepas tabung cukup putar poros penutup cup atau tabung ke kanan, kemudian angkat untuk mengosongkan isi tabung dan juga filter.

Mungkin di beberapa vacuum cleaner, tabung penampung berada dapa posisi miring atau bahkan di bawah moncong penyedot hingga cukup riskan ketika akan membuang kotorannya.

Kalau ada yang berbicara tentang daya listrik vacuum cleaner pasti besar, terbantahkan langsung oleh Notale dengan konsumsi daya yang hanya 450 Watt.

Konsumsi daya tersebut bahkan lebih ringan dari sebuah tungku pemanas air elektrik generasi pertama. Dan pastinya, Anda tak perlu repot mengurangi penggunaan elektrik di rumah saat menggunakannya.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk NTL-VC1
Type Vacuum handheld
Power 450 Watt
Voltage 220 V
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

penyedot debu notale

Dari hasil uji dan coba yang kami lakukan, Notale cukup bisa memberi kepuasan pada kami untuk urusan kebersihan, bahkan penyedot debu ini mampu memberikan rasa nyaman dan mampu menjauhkan kekhawatiran pengguna dari masalah kesehatan.

Ini terbukti dengan semua fitur yang bekerja dengan baik pada setiap pengujian. Selain itu, penggunaan daya listrik yang minim dan hemat dengan daya sedot yang cukup kuat membuat penyedot debu bertubuh mungil Notale NTL-VC1 ini punya daya tarik tersendiri untuk dimiliki.

Like us!

Komentar