Diperbaharui pada Rabu, 23 Desember 2020 | 10:30

Review Notale NTL-AP1: Air Purifier Lengkap Harga Terjangkau

Oleh Nur Abdillah

Notale NTL-AP1
Memiliki rumah yang sehat menjadi impian semua keluarga. Dimana salah satu indikator rumah yang sehat adalah memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain melalui jendela, Anda bisa juga memanfaatkan sebuah perangkat elektronik yang bisa mengatasi masalah udara yang kotor di dalam rumah yaitu Air Purifier.

Air Purifier merupakan pembersih udara yang berfungsi untuk membantu menyaring polusi udara yang masuk dan memiliki kemampuan untuk menghilangkan berbagai partikel debu yang berukuran lebih dari 0,3 mikron hingga 99,9%.

Itu sebabnya, Air Purifier sangat cocok untuk menjaga udara di rumah tetap segar dan bersih. Yang menarik, di pasaran sendiri cukup banyak pilihan Air Purifier, salah satunya Notale.

Selain harganya terjangkau, Air Purifier Notale juga memiliki fitur yang lengkap. Sangat cocok untuk menjaga kualitas udara di rumah agar tetap bersih dan sehat.

Nah, baru-baru ini Pricebook berkesempatan untuk menjajal langsung Air Purifier Notale (NTL-AP1). Sejauhmana perangkat ini membersihkan udara dan membunuh kuman, langsung simak ulasannya dibawah ini.

UV Sterilizer dan 3 in 1 HEPA Filter

Notale NTL-AP1
Kombinasi UV Sterilizer dan 3 in 1 HEPA Filter menjadi keunggulan utama di Notale Air Purifier NTL-AP1. Fungsinya sangat efektif menangkap dan membunuh virus, bakteri dan polusi.

Dimana HEPA (High-efficiency particulate air) filter mampu menyaring partikel besar, menghilangkan partikel mikron dan menghilangkan bau dari udara.

Notale mengklaim jika HEPA Filter di NTL-AP1 sangat efektif dalam menangkap hampir setiap ukuran partikel. Mereka dapat menangkap virus, bakteri, serbuk sari, PM2.5, alergen, dan banyak lagi.

Setelah tersaring oleh filter HEPA, fitur UV Sterilizer akan membunuh virus tersebut. Seperti diketahui, banyak penelitian menyebutkan jika sinar ultraviolet (UV) ini sangat efektif untuk membunuh virus, mikroba dan bakteri.

Notale NTL-AP1
Bahkan rumah sakit di Cina dan Amerika memanfaatkan sinar UV (khususnya UV-C) untuk melawan virus Covid-19. Itu sebabnya, keberadaan UV Sterilizer di Notale NTL-AP1 memiliki peranan yang sangat penting untuk memusnahkan virus, mikroba atau bakteri.

Apalagi saat ini Pandemi belum berakhir. Seperti yang diketahui, salah satu penyebaran virus Corona berasal dari udara. Nah, virus yang mungkin secara tidak sengaja terbawa dari luar rumah bisa diatasi dengan kedua fitur ini.

Meski belum teruji efektif melawan virus Covid-19, namun setidaknya bisa mengurangi resiko penyebaran virus di dalam keluarga. Yang utama, udara di rumah Anda akan terhindar dari virus atau bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Anda juga tidak perlu khawatir terhadap paparan sinar UV. Karena Notale telah memproteksi sinar UV dengan sebuah cover, sehingga pancaran sinarnya tidak akan menyebar kemana-mana.

Jangkauan Area Luas

notale ntl-ap1
Hal yang tak kalah penting dari sebuah Air Purifier adalah keseluruhan area yang bisa dijangkau. Di Notale Air Purifier NTL-AP1 bisa meng-cover area hingga seluas 50 meter persegi.

Itu artinya masih cukup optimal bila ditempatkan di ruang tamu dan sangat optimal untuk ruangan kamar. Ini yang kami rasakan, saat ditempatkan di kamar udara menjadi lebih segar meski AC dalam kondisi off.

Sedangkan untuk CADR bisa menjangkau hingga 400 m3/h. CADR ini memiliki fungsi mengukur efektivitas pembersih udara berdasarkan ruang kamar dan volume udara bersih yang dihasilkan per menit.

Ini menunjukkan seberapa baik debu, serbuk sari, dan asap, tiga polutan udara dalam ruangan yang paling umum dihilangkan dari udara yang kita hirup.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga tidak mengeluarkan suara yang bising. Karena memiliki low decibel (30dB) yang sangat sunyi dan tidak mengganggu waktu tidur.

Dukungan Ragam Aplikasi

Notale NTL-AP1
Sebagai perangkat IoT, Notale Air Purifier NTL-AP1 tentunya bisa terhubung dengan perangkat lain melalui jaringan Wifi. Hal yang menarik, menghubungkan perangkat ke smartphone sangat mudah.

Cukup instal aplikasi Smart Life - Smart Living dan kita sudah bisa terhubung ke perangkat. Menghubungkan Air Purifier dengan aplikasi ini juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Yang terpenting menggunakan jaringan wifi yang sama.

Setelah terinstal, semua fitur dan fungsi bisa dilakukan melalui aplikasi tanpa harus menyentuh Air Purifier. Selain itu, perangkat ini juga sudah support beragam aplikasi pendukung lain seperti Amazon Alexa, Google Assistant hingga Smart Things Samsung.

Semua aplikasi ini terlebih dahulu disinkronkan dengan Tuya. Dan saat dicoba, semua aplikasi dapat bekerja dengan lancar. Termasuk penggunaan voice pada command pada Google Assistant maupun Alexa.

Hanya saja, fungsi voice hanya berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat saja. Oiya, khusus untuk Amazon Alexa tidak tersedia di Play Store karena memang layanan ini belum ada di Indonesia. Namun kita bisa download file apk nya dari internet.

Desain yang Mudah Digunakan

Notale NTL-AP1
Secara fisik, Air Purifier Notale NTL-AP1 memiliki dimensi 27,2 x 30,3 x 49,8 mm. Menurut kami ini merupakan ukuran yang pas untuk sebuah air purifier, tidak besar dan juga tidak terlalu kecil. Jadi tidak membutuhkan ruang yang besar.

Tapi pastikan penempatannya memberikan ruang 30 cm dibagian samping dan belakang dan 50 cm di atas. Hal ini untuk memastikan sirkulasi udara berjalan lancar. Bentuknya juga terlihat menarik dan tidak kalah dengan air purifier yang berharga lebih mahal.

Bagian atas terdapat kompartemen utama yang berisi tombol sentuh untuk mengoperasikan perangkat. Ada 4 tombol sentuh yang memiliki fungsi berbeda, yaitu Power, Mode, Timer dan Light serta satu lampu indikator UV.

Berikut fungsi tombol-tombol di Air Purifier Notal NTL-AP1 :

  • Tombol Power, untuk mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat
  • Tombol Mode, untuk mengatur mode hembusan angin yang terdiri dari High (H), Mid (M) dan Low (L). Semakin tinggi maka hembusan angin akan semakin besar
  • Tombol Timer, untuk mengatur daya aktif perangkat dengan pilihan 2 jam, 4 jam dan 8 jam. Fungsi ini akan lebih menghemat, karena perangkat akan aktif sesuai dengan durasi waktu yang diseting.
  • Tombol Light, tombol ini memiliki dua fungsi yang berbeda, selain untuk mengaktifkan dan menonaktifkan lampu juga berfungsi sebagai fitur Child Lock. Caranya cukup sentuh dan menekan tombol selama 3 detik atau lebih. Fitur Child Lock akan menonaktifkan fungsi semua tombol yang berguna untuk mengurangi sentuhan tak terduga dari tangan anak-tangan.

Di bagian ini juga terdapat sebuah pegangan yang akan memudahkan kita saat ingin memindahkan perangkat. Caranya cukup tarik keatas bagian setengah lingkaran belakang. Cukup menarik, karena dalam keadaan tertutup, pegangan ini menyatu dengan bagian tombol.

Notale NTL-AP1
Serunya, terdapat lampu yang akan menyala saat perangkat diaktifkan. Lampu ini juga menjadi indikator untuk mengukur kualitas udara yang ada. Untuk lampu warna biru menunjukkan udara diruangan sangat baik.

Jika lampu berwarna kuning kualitas udara masih cukup baik. Sedangkan jika lampu mengeluarkan warna merah itu menunjukkan jika kualitas udara di ruangan tersebut rendah atau kurang baik.

Sementara bagian belakang merupakan tempat filter diletakkan. Pastikan plastik pelindung pada filter dilepas sebelum pertama kali digunakan.

Caranya buka cover penutup filter dengan menekan tombol mekanis kemudian lepas plastik pada filter lalu masukkan kembali filter.

Kesimpulan

Secara fungsi dan fitur, Notale Air Purifier NTL-AP1 kami rasa sudah cukup memadai. Penggunaannya pun juga sangat mudah, termasuk saat menghubungkannya dengan smartphone.

Apalagi sudah support beragam aplikasi seperti Alexa hingga Google Assistant yang memungkinkan kita memberi perintah melalui suara. Dan kombinasi UV Sterilizer dan 3in1 HEPA filter yang ada di perangkat ini menjadi faktor penting.

Dan filter ini dapat diganti setelah bekerja selama kurang lebih 2200 jam atau penggunaan nonstop selama kurang lebih 3 bulan. Untuk harga filternya sekitar Rp 399.000 yang tersedia di Official Notale.

Dengan harga Rp 1.690.000, Notale NTL-AP1 bisa menjadi pilihan Air Purifier terjangkau untuk menjaga kebersihan dan kesegaran udara rumah Anda. Beli Notale NTL-AP1 disini.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Air Purifier
Anti Bacterial Ya
Tipe Filter Carbon Active
Air Change per Hour (ACH) m³/hr
Clean Air Delivery Rate (CADR) m³/hr
Warna PUTIH
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar