Diperbaharui pada Jumat, 4 Desember 2020 | 08:17

Osram Airzing Car UV Air Sterilizer, Memurnikan Udara Mobil, Bebas Virus!

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Osram

Pandemi Covid 19 merubah segalanya, termasuk kebutuhan akan udara bersih disekitar kita. Hal ini yang mendasari Osram memperkenalkan Airzing Car UV Air Sterilizer, yang dapat memurnikan udara di dalam kendaraan, sekaligus membunuh bakteri dan virus.

Pricebook berkesempatan untuk mencoba produk pemurni udara ini, dan berikut ulasan kami.

Desain dan Fungsi Airzing Car UV Air Sterilizer


Sebagai perusahaan yang sudah bekecimpung di dunia lighting selama lebih dari 100 tahun, Osram terus berinovasi dengan mengembangkan teknologi UV yang mereka miliki, terlebih di masa pandemi Covid 19 dalam beberapa bulan terakhir ini, untuk membuat sebuah produk air sterilizer yang praktis, dan mudah untuk digunakan.

Sekilas, Airzing Car UV Air Sterilizer memiliki bentuk yang menyerupai sebuah speaker Bluetooth. Desain ini memang sengaja dipilih untuk memberikan kemudahan, baik dalam hal pemakaian, maupun penyimpanan. Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan udara.

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar ini, memang kami rasa jadi tidak terlalu mengganggu. Dimensi keseluruhannya hanya 80 x 80 x 50 mm. 

Cara Kerja Airzing Car UV Air Sterilizer


Airzing Car UV Air Sterilizer merupakan produk air sterilizer yang menggunakan teknik fotokatalis yang bekerja dengan lampu UV-A.

Singkatnya, teknik ini bekerja dengan cara menarik udara dan melewatkannya melalui lempengan titanium dioksida dan disinari dengan UV-A. Proses tersebut yang kemudian membunuh bakteri dan virus berbahaya dan menghasilkan udara yang bersih.

Produk ini diperuntukkan untuk mobil, sehingga jarak pakainya tidak terlalu jauh, kurang dari 10m2. Namun, juga bisa efektif digunakan pada ruangan kecil. Seperti ruang rapat yang punya kapasitas maksimum 2-3 orang, atau di toilet rumah. Apalagi Airzing Car UV Air Sterilizer ini tidak bising, suaranya kurang dari 30 dB.

Lampu UV-A itu sendiri memang cukup aman bila terpapar langsung pada mata dan kulit, berbeda dengan lampu UV-C. Produk ini dibuat untuk langsung membunuh bakteri dan virus yang terserap kedalamnya. Makanya tidak perlu dilakukan penggantian filter, karena memang tidak ada proses penyaringan.

Airzing Car UV Air Sterilizer juga telah melalui uji lab, dan hasilnya terbukti mampu membunuh virus H1N1 hingga 99%. Filternya sendiri cukup mudah perawatannya, karena bisa dicuci dan dikeringkan seperti biasa. Kami sarankan untuk melakukan ini setiap tiga bulan sekali.

Hal ini tentunya akan memudahkan bagi pemakainya dalam hal perawatan, karena Airzing Car UV Air Sterilizer tidak menggunakan filter HEPA yang memerlukan pengganti bila sudah terpakai selama beberapa waktu. 

Proses penggunannya cukup mudah, karena kita hanya perlu memasang colokan USB type-C, dan Airzing Car UV Air Sterilizer langsung bekerja. Daya yang dibutuhkan 2.5W.

Tips dari kami agar pemakaiannya jadi lebih efektif, kita bisa menempatkannya di depan AC, dengan menggunakan pengait magnetnya.

Kelebihan Utama Airzing Car UV Air Sterilizer

  • Efektif membasmi virus berbahaya dan bakteri hingga 99%.
  • Efektif membasmi bau tidak sedap dari hingga 90%.
  • Mudah untuk dibersihkan tanpa penggantian filter.
  • Plug and play dengan magnet.
  • Suplai daya menggunakan USB Type-C.

Kapan Tersedia di Indonesia?

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, Airzing Car UV Air Sterilizer ini sudah terjual sebanyak 40.000 unit di seluruh dunia, terutama di Tiongkok dan wilayah Eropa.

Untuk pasar Indonesia sendiri, Airzing mulai tersedia di bulan Desember, dan dapat dibeli melalui akun resmi Osram Otomotif di Shopee, yang merupakan salah satu partner resmi E-Commerce Osram Otomotif.

Like us!

Komentar